Selasa, 17 Juli 2012

Memanfaatkan Peluang Usaha di Facebook


Hola dan Halo apa kabar pembaca? Semoga kabar anda tetap baik dan selalu semangat menyambut berbagai pelung usaha yang ada disekitar kita khususnya di Facebook yang akan kita ulas kali ini. Sebenarnya banyak dari kita yang menggunakan Facebook sebagai media sosial berbagi pengalaman dengan teman, kerabat, keluarga serta juga relasi bisnis dan juga kadang dipakai untuk jualan, tapi sebenarnya jika  kita memanfaatkan jejaring sosial tersebut dengan cukup baik maka ternyata luar biasa bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit., dan gratis pula bagi kita.

Bagaimana kita memanfaatkan kesempatan ini? sebelum kesitu sedikit saya ingin bercerita bermula dari obrolan dengan teman yang teman dia sudah lumayan sukses berbisnis melalui media sosial ini. Jadi orang tersebut pada awalnya membuka usaha laundry dan menyewa kios serta menggaji beberapa karyawan, tapi tahu-tahu kok usaha laundrynya tutup dan dijual? nah pertanyaan besar ternyata orang ini sudah bisa memanfaatkan media sosial facebook tersebut sebagai lapak pengganti kios laundry dia. Dia menjadi reseller busana muslim dari salah satu kota di Indonesia dan dengan gencar mempromosikan produk tersebut ke teman dan relasi dia di jejaring sosial ini dan hasilnyapun lebih besar dibanding usah alaundry yang sudah berjalan dan bisa dibilang maju tadi.

Apakah kita bisa menirunya? saya rasa jika Tuhan mengijinkan apapun bisa terjadi bukan? orang yg sukses jualan di facebook pada awalnya juga coba-coba hehe.. Namun memang harus ada etika berjualan di foum tersebut supaya teman dan relasi kita di facebook juga tidak terganggu oleh berbagai produk yang kita tawarkan apalagi jika kia mengetag photo produk itu di wall teman begh,,, lama-lama temen akan sebel juga.

Ada beberapa strategi dari mulai pemilihan produk dan juga cara berjualan/promosi di media jejaring seperti facebook diantaranya yaitu:
  1. Carilah produk yang bisa dikirim dengan mudah ke seluruh penjuru pelosok tanah air bahkan manca negara misalnya produk pakaian atau souvenier. Pada intinya sebisa mungkin menghindari makanan yang relatif agak ribet jika akan dikirim.
  2. Promosikan secara teratur setiap hari, mungkin di jam-jam tertentu misal jam 10 pagi 1 siang dan 5 sore serta 8 malam, dan jangan setiap waktu kita promosikan selalu produk kita tersebut. Hindari selalu mengetag photo produk ke dinding teman. Jadi posting produk adalah disela sela postingan status normal anda.
  3. Perjelas sistem pembelian dan pembayarannya, bahwa harga belum termasuk ongkos kirim dan sebagainya.
  4. Siapakn nomer khusus untuk pemesanan produk apabila anda mempunyai lebih dari satu handphone, jadi agar lebih mudah merespon konsumen dan juga supaya tidak mengganggu privasi anda di nomer pribadi anda. Biasanya sekarang sudah banyak yg pakai PIN BB.
  5. Ingat peluang usaha jualan di facebook ini masih terbuka lebar dan jangan pernah berpikiran bahwa sudah banyak orang dan anda hanya punya kesempatan sedikit. Kesempatan yg sudah sukses dan anda yang belum memulai sama besar jadi ambilah.
Perlu diketahui juga tidak sedikit orang yang berjualan di facebook tapi mereka adalah penipu. Untuk menghindari stigma negatif ini yang berimbas ke bisnis anda nanti sebaiknya anda perjelas sistem jual belinya dengan memungkinkan COD (Cash On Delivery) misalnya bisa ketemuan di mana, atau anda bahkan sudah punya kantor/konter sendiri. Hal ini jelas menambah kepercayaan konsumen untuk berbelanja di tempat Anda.

Mungkin sedikit informasi ini saja yang bisa saya bagi, sebenarnya ingin lebih memperpanjang artikel mengenai hal ini tapi ya intinya hanya itu mau gimana lagi? hehe.. 

Semoga informasi peluang usaha jualan melalui facebook ini bisa anda manfaatkan dengan baik. Jika ada keinginan untuk maju, ga ada salahnya kita selalu mencoba. Tetep semangat dan selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.