Minggu, 12 Agustus 2012

Mensiasati Peluang Usaha Modal Kecil Minim


Banyak orang yang ingin membuka sebuah usaha baru ketika mereka menemukan sebuah inspirasi peluang usaha namun terkadang semua terkendala oleh dana. Mereka hanya memiliki modal kecil dan minim bahkan terkadang tidak punya. Hal ini seringkali menyebabkan usahawan pemula seperti saya terkadang kesulitan untuk maju. Mau pinjam dana ke perbankan lha syaratnya usaha harus sudah jalan minial 6 bulan? kan saya ingin buka usaha baru, gimana sudah jalan usahanya? mau jalan ya butuh modal dulu tho ya. Bener ga?

Hal- hal demikian itu terkadang menjadikan kita sebagai pengusaha pemula merasa kesulitan walaupun kita punya banyak pandangan kesempatan usaha yang ada disekitar kita. Lalu bagaimana mensiasatinya ya? hmm.. saya sih juga bingung sebenernya, tapi marilah kita tetap optimis bahwa "jika ada kemauan kemungkinan ada jalan juga".  Mari kita mencoba mendapatkan sebuah modal kecil untuk memulai usaha, ada beberapa cara yaitu:

Mencari Partner Seorang Pemodal, Disini kita mencoba mencari modal dari orang lain yang tentu saja orang tsb memberikan sejumlah modal usaha kepada kita entah itu berupa uang ataupun peralatan. Dalam hal ini kita bisa tanpa uang sama sekali untuk memulai usaha baru. Namun ada yang perlu di ingat bahwa ada satu hal yang harus anda miliki yaitu "Ide Segar" maksud saya, anda mempunyai ide usaha bisnis yg cukup bagus prospeknya dan dimata pemodal bisnis tersebut akan bisa membuahkan hasil yang cukup baik. Tapi tentunya dengan diskusi diantara anda dan pemodal untuk melihat sisi positif dan negatif dari bisnis usaha yang akan anda jalani itu. Semakin menarik ide peluang usaha anda maka investor akan semakin tertarik dan memberikan suntikan dana segar berupa modal usaha kepada anda. Walaupun berupa modal kecil tetep modal tersebut bukan dari Anda, jika ide menarik modal usaha bisa dinaikan. Sebagai contoh, penulis mendapatkan suntikan dana yang lumayan diatas 50jt an ketika penulis memiliki ide bisnis usaha yang cukup menarik dimata investor atau pemodal. Dan tentunya jika sudah jalan dan menuai profit nanti ada share keuntungan antara penulis dan juga pemodal. Minta doanya saja ya semoga lancar :) (hal ini sekedar contoh saja, karena penulis sudah membuktikan sendiri)

Pembayaran Tunda dg Kerjasma, Bagaimana sistem ini? apakah peluang usaha yang akan kita lakukan bisa mendapatkan modal?  baik modal kecil maupun besar ? Cara yang ini mungkin memiliki sedikit keterbatasan jenis usaha bisnisnya, dan juga mengandung unsur kepercayaan yang cukup baik antara anda dengan partner yang anda ajak kerjasama. Contohnya, apabila anda ingin memasarkan sebuah produk fashion batik misalnya, silahkan main ke sentra kerajinan batik pusat pembuatannya dan juga bisa pasar batik, silahkan ajak kerjasama diantara salah satu industri atau pedagang disana apakah anda bisa memasarkan batik tersebut tanpa harus membayarnya terlebih dahulu, jika bisa maka ini adalah jalan awal yang cukup baik dimana anda bsia membawa produk barang dagangan tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Hal ini tentunya bisa diterapkan di beberapa jenis usaha lainnya.

Jualan Online adalah Modal Kecil, Tentu saja jualan online sudah tidak asing bagi anda. Membaca blog ini saja anda dari  hasil aktivitas online, maka dari itu usaha jualan online ini bisa dibilang sebuah peluang usaha yang modalnya kecil. Walaupun hanya membutuhkan modal koneksi internet yang sudah relatif mudah saat ini, namun jualan online harus diikuti dengan kreativitas anda sebagai seller. Produk apa yang akan anda jual? bagaimana cara menjualnya? sebisa mungkin produk anda itu unik dan cra menjualnyapun juga disertai pengiriman barang yang cukup cepat. Salah satu contoh disini juga adalah ketika penulis membuat sebuah blog gratisan yg menjual produk tupperware modalnya kecil blognya gratis namun kreativitas untuk menempatkan blog saya tersebut supaya ada di halaman 1 mesin pencari google ketika konsumen mencari dengan kata "jual tupperware" membuat usaha modal kecil tersebut terus berlanjut hingga saat ini.

Mungkin sedikit saja beberapa pandangan saya untuk mengulas peluang usaha yang hanya membutuhkan modal kecil, semoga ulasan in bermanfaat dan jika berkenan silahkan tinggalkan komentar atau bisa berdiskusi lebih lanjut mengenai artikel ini. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.