Minggu, 11 November 2012

Strategi Peluang Usaha Warung Tanpa Warung

Jika kita pernah melihat diskon di supermarket yang harga jauh dibawah harga warung atau bahkan minimarket, tentu saja kita sangat tertrik untuk membeli barang dengan harga diskon tersebut. Namun dibalik itu semua ternyata ada sebuah peluang usaha yang cukup menarik dengan memanfaatkan harga-harga diskon tersebut. Lalu bagaimana kita memanfaatkannya? Bagaimana strategi dan tips dari bisnis yang bisa kita ambil keadaan seperti itu? Okay coba kita bahas sedikit mengenai hal ini.

Sebelum itu saya ingin cerita sedikit mengenai sebuah obrolan penulis denan seorang pedagang angkringan, dia bercerita bahwa anaknya yang lagi merantau di Jakarta ternyata membuka sebuah usaha yang cukup unik, yaitu membuka usaha warung berjalan dengan mensuplai ke warung warung kecil menengah dengan memanfaatkan harga diskon yang ada di sebuah supermarket atau tempat grosir. Dengan rajin mengecek harga diskon yang ada di supermarket yang ada di sekitar dia, maka dia bisa tahu barang-barang apa yang sedang ada diskon, lalu siap dah dia belanja harga diskon tersebut lalu barang diantar ke warung warung dengan harga yang masih rendah tapi masih mendapatkan untung. Lumayan cerdik juga anak pedagang angkringan ini, dia bisa memanfaatkan peluang usaha mendirikan asebuah warung berjalan atau tanpa memiliki warung dengan modal yang mepet (modal mepet bukan berarti tanpa modal, tapi dengan harga kulakan yang jauh dibawah harga pasaran karena dalam kondisi lagi diskon).

Nah dari cerita orang ini bisa kita simpulkan bahwa ini bisa menjadi sebuah bisnis usaha yang cukup menjanjikan jika kita bisa memanfaatkan momen dan kondisi seperti itu. Jika kita bisa dengan cerdik dan teliti dalam mensiasati peluang bisnis yang kemungkinan akan diambil nantinya maka bukan tidak mungkin kita bisa menjalanai dan sukses dengan usaha model seperti ini. Okay lalu bagaimana kita memulainya?

Untuk pertama kali jika kita ingin mengambil peluang usaha mendirikan warung dengan model mepet ini maka sebaiknya ada beberapa langkah yang harus kita cermati. Yang pertama adalah kita mensurvei beberapa supermarket yang ada dikota kita atau kota terdekat dengan kita. Jika ada brosur berlanganan yang menginfokan barang barang diskon seperti di carefour, lottemart wholesale atau sejenisnya maka kita bisa mendeteksi dan mengetahui kapan dan dimana diskon itu ada. Selain berlangganan brosur, anda bisa juga rajin berkinjng kesana dan minta nomer telpon mereka dan tanyakan kapan diskon kan diadakan. Dengan metode ini maka  anda bisa tidak ketinggalan akan harga-harga diskon yang akan diadakan masing-masing supermarket tersebut. Ohya selain brosuer biasanya di website mereka, akan diinformasikan juga diskon yang sedang berlangsung, ini malah memudahkan anda dalam mengecek harga terbaru dari masing-masing supermarket tersebut.

Setelah kita sudah memiliki chanel untuk kulakan produk/barang yang akan anda jual, maka sebaiknya anda juga mengambil kangkah kedua, diantaranya adalah mensurvei warung-warung kecil dan menengah yang ada di sekitar anda, dan bisa juga di warung kota terdekat dengan anda. Tawarkan kepada mereka jika anda bisa meberikan barang yang mereka butuhkan dengan harga yang lebih murah daripada tempat merek kulakan, namun akan di infokan melalui telepon jika barang tersbut ada (tentunya ini tergantung diskon yang ada di supermarket) okehkarena itu swbaiknya anda mempunyai banyak chanel supermarket yang menyediakan diskon secara berkala. Katankan kepada warung tersebut bahwa anda bisa mengantarnya. Para pemilik warung ini terkadang tidak memiliki informasi diskon dan juga tidak memiliki waktu untuk kulakan ditempat yng jarakny agak jah dari mereka, dan tentunya ini menjadi sebuah kesempatan yang  bisa anda manfaatkan.

Strategi model pemasaranyapun bisa anda kreasikan sesuai selera, kreativitas memang diperlukan disinin, anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan cara berbeda, memiliki brang tapi tidak punya warung, karena andalah yang mensuplai kepada para pemilik warung yang ada disekitar anda. Konsep ini simpel dan tidak ribet, namun anda memerlukan modal juga dalam membeli barang diskon. Lalu apabila anda tidak memiliki modal bagaimana? Jika modal hanya sedikit bagaimana? Untuk artikel kali ini saya tidak ingin mengulas bagaimana cara mendapatkan modal dengan cepat tanpa hutang, di artikel kedepan insyaAllah coba saya mengenai hal tersebut. Selamat mencoba jika memang patut untuk dicoba, dan mohon maaf jika memang ide ini hanya biasa saja, karena memang hanya berasal dari pengalaman pedagang angkringan yang sharing pendapat dengan penulis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.