Rabu, 31 Oktober 2012

Tips Peluang Usaha Marketing dan Bisnis Online

Salam daan jumpa lagi di blog nekatusaha..

Untuk kali ini saya mencoba mengulas sedikit tips ddan kiat dalam memanfaatkan sebuah peluang usaha yaitu internet marketing atau marketing online. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa internet sudah menjadi salah satu kebutuhan orang dalam berbisnis, beraktivitas sosial, dan juga berinteraksi dengan keluarga handai tlan dan rekan kerja. Banyak manfaat positif yang bisa kita ambil dari yang namanya internet tersebut. Nah pertanyaannya apakah kita bisa memanfaatkannya untuk menunjang pekerjaan dan bisnis kita? Disamping digunakan untuk kepentingan sosial dan pekerjaan kantor jika anda sudah bekerja di perusahaan, tidak ada salahnya kalo kita manfaatkan untuk membuka usaha sendiri alias berbisnis. Karena peluang usaha di dunia online sangat dan masih sangat terbuka lebar.

Lalu bagaimana kita memulainya? apakah mudah? begini, selagi kita bisa onlone membuka google dan berselancar ke dunia maya , maka kesempatan untuk membuka usaha sendiri sangat dimungkinkan. Begini, ada dua jenis usaha online yang bisa anda jalankan.

  1. Menjual Produk atau Jasa Sendiri, dalam hal ini anda memang diharuskan sudah mempunyai usaha sendiri yang berupa produk barang maupun jasa yang bisa anda tawarkan secara online. Misal saja anda adalah pngerajin batik, pemilik rental mobil, reseller pulsa elektroik dan sejenisnya, Manfaatkan situs jual beli semacam tokobagus, indonetwork, berniaga, silahkan pasang iklan disana dan iklankan lagi halaman anda tersebut di beberap aiklan baris gratis maupun berbayar yang ada. Selain itu anda juga bisa membuat blog, silahkan belajar terlebuh dahulu cara membuat blog, entah itu blogspot atau wordpres, coba saja dengan konten lainnya dan jika sudah lancar baru anda isi dengan produk atau jasa yang akan anda tawarkan. Memang sebaiknya anda harus punya website sendiri atau blog sendiri walaupun anda beriklan di beberapa situs jual beli dan iklan baris seperti diatas. Karena disana nanti bisa anda cantumkan alamat website atau blog anda nantinya.
  2. Menjualkan Produk atau Jasa Orang Lain, nah untuk kasus yang satu ini sebenernya prinsipnya hampir sama degan nomer 1 akan tetapi hanya saja barang dan jasa tersebut milik orang lain, anda hanya menjualkan saja, tentu saja ada komisi atau bisa selisih harga supaya anda bisa untung nantinya. Untuk peluang bisnis online yang satu ini anda dimudahkan untuk tidak memiliki, membuat produk atau jasa sendiri akan tetapi hanya menjualkan saja, dan saya rasa akan lebih ringan. Metode marketng onlinenyapun juga hampir sama, silahkan pasarkan di situs jual beli yang ada serta iklankan di beberapa tempat iklan baris baik berbayar atau gratis.
Peluang usaha yang berhubungan dengan online marketing memang sangat luas, kita bisa menggali seluas luasnya dan memiliki biaya marketing yang relatif lebih murah dibanding kita harus memasarkan secara konvensional. Kecerdikan disini dibutuhkan, bagaimana kita mengelola blog kita, memastikan komunikasi dengan konsumen baik dan lancar jalannya, jika sudah anda coba nanti akan terasa unik danmenariknya dari usaha bisnis online tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.