Rabu, 26 Desember 2012

Ide Bisnis Jasa adalah Peluang Usaha yang menarik

Apakah anda termasuk rekan-rekan yang sedang mencari sebuah ide bisnis saat ini? Bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana? Jika kondisinya seperti ini, maka pertama kali yang harus kita lakukan adalah cobalah membuat pikiran lebih tenang dan rasional dalam arti apapun kondisinya saat ini ya saat inilah yang sedang kita jalani, maka berpikir positif dan siap untuk maju adalah pilihan terbaik menurut saya. Gali ide usaha, persiapkan semua yang menunjang ide itu, take action segera.

Namun bicara memang mudah, kondisi setiap orang berbeda akan tetapi saya bicara juga berdasarkan pengalaman pribadi dimana saya dan rekan rekan seperjuangan mulai dari awal menggali dan mencari berbagai peuluang usaha yang sekiranya saat itu bisa kami lakukan. Dengan menggali resource atau sumber daya yang ada misal keahlian masing-masing apa, dan juga bekerjasama dengan menggabungkan skill dan juga visi dan semangat untuk berbisnis, akhirnya terbuka juga ide bisnis usaha yang sebelumnya tidak kami kira bisa kami lakukan.

Sedikit pengantar diatas hanya sekedar gambaran bahwa siapapun kita, saya rasa memiliki kesempatan yang sama dalam menangkap peluang bisnis dan memanfaatkanya. Namun yang ingin saya sampaikan lebih detail lagi di artikel kali ini adalah sebuah ide usaha yang bergerak di bidang jasa yang bisa kita coba dan lakukan. Apa saja jenisnya? Apa saja kiatnya? Mari kita bahas bersama.

Ada beberapa bisnis usaha jasa yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat kita semua diantaranya adalah:

Usaha Cukur Rambut
Usaha jenis ini seakan tiada matinya, tahu sendiri kebutuhan untuk pangkas rambut bagi sesorang bisa dibilang akan berlangsung terus menerus, market pasar terbuka lebar baik dari kalangan usia anak-anak, remaja hingga orang tua masih memiliki kebutuhan untuk pangkas/cukur rambut. Modal yang dibutuhkan juga bisa dibilang hanya modal awal dan juga perbaikan saja. Modal awal untuk sewa tempat jika anda tidak memiliki tempat sendiri, dan juga modal peralatan cukur rambut, meja, kursi, kaca, dan beberapa perlengkapan potong rambut. Semua bisa dikatakan hanya sekali beli untuk modal-modal yang dikatakan utama. Yang lain mungkin hanya miantenance saja jika peralatan sudah lama dan perlu diganti. Hal yang peru diingat bahwa kunci utama dari bisnis ini salah satunya adalah tempat yang strategis. Usaha cukur rambut ini sebisa mungkin bisa dilihat orang dengan mudah, ketika orang lewat dipinggir jalan maka mereka bisa mengingat bisnis anda tersebut. Gabungkan dengan strategi cara menjual produk/jasa dalam waktu kurang dari 10 detik saya rasa akan lebih dahsyat (strategi ini hanya ada di ebook peluang usaha).

Broker Properti
Untuk ide bisnis yang satu ini sudah saya sedikit jelaskan di beberapa artikel sebelumnya. Namun usaha makelar/broker properti memang merupakan salah satu usaha yang ga lekang oleh jaman dan dari waktu kewaktu bisnis ini semakin ramai saja. Kita bisa masuk ke dalam peluang bisnis ini jika memungkinkan. Sistem kerjasama dan strategi marketing yang handal membuat anda bisa bersaing dengan para broker kelas atas. Di dunia yang serba online saat ini, salah satu hal yang bisa membantu memudahkan kesuksesan daalam memasarkan produk properti adalah strategi online yang kreatif dan cerdas. Dengan hal ini kita bisa terdepan dan mudah mendapatkan konsumen.

Usaha Piranti Lunak Berbasis Cloud
Untuk yang ini mungkin memerlukan sumber daya manusia yang cukup kreatif, bagaimana kita membuat aplikasi berbasis cloud computing untuk memberikan layanan ke klien dengan sistem langganan dan bagi hasil. Memang dewasa ini cloud computing lagi ramai dan berkembang. Saya membaca salah satu artikel di media online Indonesia bahwa hotel di Bandung sudah akan menerapkan sistem booking online dari pihak ketiga. Nah pihak ketiga inilah yang bisa memanfaatkan peluang dan ide bisnis usaha dibidang ini. Membuat booking engine hotel, aplikasi administrasi sekolah dan puskesmas hingga administrasi kantor berbasis online sehingga kantor tidak usah repot menginstall dan membeli perangkat keras seperti server saya rasa akan menjadi booming di tahun-tahun kedepan. Anda harus memiliki team/orang yang concern dibidang ini, namun tidaklah susah, saya sendiri bersama teman-teman sudah mulai membuat ebuah sistem aplikasi berbasis cloud juga. Namun tidak bisa saya ceritakan sekarang karena masih dalam tahap development.


Bisnis Rental Mobil adalah Ide Cerdas

Di artikel sebelumnya usaha rental yang satu ini sering saya sebutkan juga namun memang merupakan usaha bisnis yang prospek jadi saya sebutkan berulang karena dengan harapan bisa memberikan inspirasi buat kita semua. Namun biasanya kendala utama adalah modal, bisnis ini memang memerlukan modal yang besar untuk pembelian armada. Namun hal ini bisa diakali tentunya, bagaimana kita memiliki bisnis rental mobil tanpa memiliki mobil, dan semua berjalan lancar. Tips ini saya ulas lebih detal di ebook peluang usaha, bisa anda dapatkan disini. Sebagai informasi saja, dua hari kemaren tepatnya 2412/2012 usaha rental mobil kami mendapatkan pre order toyota alphard 4 buah untuk event di grand hyat jogja di bulan februari 2013 , sebagai contoh bahwa saya tidak memilki alphard berjumlah 4 namun saya dan rekan bisa menjalankan bisnis rental mobil dengan menyewakan mobil alphard 4 sekaligus dalam satu event. Semoga lancar amin...

Nah sedikiti gambaran ide bisnis dari beberapa peluang usaha diatas mungkin bisa menjadi gambaran atau inspirasi buat kita dalam menangkap setiap kesempatan yang mungkin hadir dan tersedia di sekeliling kita. Jika kita mau, saya rasa tidak susah kok, memang diawal seperti ada pembatas/penghalng besar ang membuat kita enggan untuk berjalan maju, namun jika kit coba berpikir rasional, jika kit diam saja maka kita akan jalan ditempat, sama sama dalam kondisi saat ini lebih baik kita berani maju dan kreatif untuk memanfaatkan setiap ide bisnis usaha yang ada.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.