Minggu, 09 Juni 2013

Tips Jitu Mensiasati Peluang Usaha Sampingan

Apakah anda seorang karyawan yang sedang mencari sebuah peluang usaha sampingan? apakah anda seorang yang super sibuk bekerja di perusahaan orang dan ingin membuka bisnis usaha sendiri? apakah anda masih pelajar atau mahasiswa dan ingin mulai merintis bisnis? saya rasa banyak yang seperti ini nah oleh karena itu di artikel kali ini kami ingin mencoba mengulas sedikit tips dalam mensiasati sebuah kesempatan bisnis sampingan yang bisa dikerjakan disela-sela waktu luang kita.

Yang menjadi permasalahan pertama kali biasanya adalah kita bingung menentukan jenis usaha bisnis apa yang cocok dan bisa kita jalankan. Sebenarnya tidak harus bingung karena peluang usaha khususnya yang sampingan itu bisa dicari dengan mudah. Kita harus memaksimalkan semua sumber daya yang ada di sekitar kita supaya bisa menemukan sebuah ide bisnis yang bisa kita ambil.

Ada beberapa tips jitu dalam menangkap dan mencari sebuah ide usaha sampingan yang ada disekitar kita. Diantaranya yaitu :
  • Manfaatkan Teknologi Informasi. Sudah tidak asing lagi bahwa internet sudah bisa membantu kita dalam menemukan berbagai macam informasi yang ada di sekitar kita. Silahkan cari jenis peluang apa saja yang sekiranya cocok dengan hobi anda, minat anda, dan tentu saja juga dengan modal skill dan finansial yang anda miliki. Silahkan maen ke direktori bisnis seperti indonetwork, alibaba, disana ada penjual dan pembeli yang bisa saja menjadi ide bisnis yang bisa anda manfaatkan.
  • Menggali Informasi Dari Banyak Sumber. Selain media internet anda juga bisa mencari ide-ide peluang usaha sampingan dengan bermain ke toko buku, silahkan cari buku bisnis yang disana sudah banyak sekali dimuat berbagai macam bisnis dari skala kecil hingga menengah sampai besar. Jangan bosan juga untuk ngobrol dan berkomunikasi dengan para pelaku bisnis yang sudah menjalankan bisnis tertentu, walau bisnis yang anda pilih nanti tidak sama dengan mereka yang terpenting informasi yang berkaitan dengan cara mereka mengelola bisnis itu sangat dibutuhkan, Informasi dari yang sudah berpengalaman tentu saja menambah ilmu bagi kita yang baru akan memulai memanfaatkan peluang usaha sampingan tersebut.
  • Memilih Jenis Usaha Sampingan. Ketika anda akan berbisnis dan anda masih memiliki kegiatan lainnya yaitu masih bekerja di tempat yang sekarang anda masih bekerja, maka jenis usaha yang bisa dilakukan adalah sebuah usaha yang benar-benar tidak menggangu kegiatan utama anda tersebut. Silahkan baca banyak artikel disini dan anda bisa memiliih dan memiliah jenis ide bisnis usaha apa yang sekiranya bisa dilakukan tanpa mengganggu kerja utama anda.
Memanfaatkan bisnis sampingan memang akan terasa mudah apabila anda sudah menemukan ide usaha yang cocok dan sesuai dengan hobi atau minat anda. Menjadi broker misalnya dengan modal yang tidak terlalu besar maka anda bisa mendapat kesempatan untung yang tidak kecil. Peluang usaha di bidang properti dengan membantu menjualkan aset milik orang lain dan dengan selisih margin atau komisi tentu saja bisa menjadi salah satu contoh peluang usaha sampingan di bidang broker dan sudah banyak yang melakukannya. Berbisnis online dengan memasarkan produk UKM yang ada disekitar anda juga bisa menjadi pilihan yang cukup unik dan menarik karena modal juga tidak terlalu besar namun anda perlu kreatif dalam memasarkannya. 

Marketing menjadi penting dalam menjalankan peluang bisnis usaha sampingan ini. Namun bagaimana anda bisa melakukan kegatan marketing apabila anda seharian full sudah disibukan bekerja di pekerjaan yang sekarang ini anda geluti? Intinya anda harus meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk melakukan marketing ini. Apabila anda tidak bisa melakukannya sendiri maka anda bisa kerjasama dengan pihak lain untuk hal ini tergantung jenis usaha sampingan apa yang anda ambil. Marketing melalui social media dan juga Google adwords serta SEO menjadi salah satu tips lain jika anda tidka sempat meluangkan banyak waktu untuk pekerjaan pemasaran ini. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi silahkan kreatif dan terus menggali informasi supaya peluang bisnis sampingan yang anda geluti bisa jalan dengan baik.

Jenis pelung usaha sampingan memang sangat banyak sebenarnya. Di blog inipun juga banyak diulas jenis-jenis usaha yan gsekiranya bisa dilakukan disela-sela kegiatan kerja utama anda. Silahkan telusuri arsip artikel yang ada dan semoga bisa menjadi referensi buat kita semua.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.