Senin, 18 Februari 2013

7 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Halo.. jumpa lagi di blog nekatusaha. Apakah anda sedang mencari sebuah peluang bisnis untuk ibu rumah tangga? jika iya, di artikel kali ini saya coba memberikan gambaran singkat mengenai beberapa peluang usaha yang bisa diambil oleh seorang ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dirumah tanpa harus meninggalkan urusan rumah tangga. Oh iya jenis bisnis ini saya rasa tidak hanya bisa dijalankan di tahun 2013 ini, namun di tahun mendatang saya rasa masih cukup banyak peluangnya.

Namun sebelum itu perlu kita cermati bahwasanya berbagai kesempatan usaha untuk seorang ibu rumah tangga terkadang malah menghasilkan profit yang lumayan besar lho, malah sering terjadi bisa lebih besar dibanding pekerjaan tetap sebagai karyawan swasta atau pegawai negeri. Pintar dalam memanajemen bisnis merupakan salah satu kunci sukses bagi pebisnis rumahan layak halnya yang dilakukan seorang ibu rumah tangga.

Dibawah ini ada 7 list ide bisnis yang bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin membuka usaha, diantaranya yaitu :
  1. Menjahit Pakian : Bisnis ini memang tidak asing lagi bagi kita semua. Bisnis menjahit pakaian memang menuntut anda setidaknya untuk bisa menjahit. Namun bagaimana jika kita tidak bisa menjahit? Tenang saja, anda juga bisa melakukan bisnis menjahit ini apabila tidak bisa melakukannya sendiri yaitu dengan merekrut para pekerja jahit yang bisa anda bayar berdasarkan omset kerjaan ataupun gaji setiap bulannya. Disini anda harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saaja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.
  2. Mengelola Kursus Jahit : Masih berhubungan dengan bidang usaha diatas. Mengelola kursus menjahit merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan juga lho. Memang disini anda dituntut untuk bisa menjahit juga, namun jika tidak andapun bisa menerapkan metode diatas. Merekrut ahli jahit untuk bisa memberikan pelatihan di tempat anda dengan metode privat/personal supaya lebih efektif sehingga murid pun akan senang belajar. Disini anda perlu modal mesin jahit minimal 5 - 10 buah mesin jahit supaya bisa menerima bamyak siswa sekaligus. Anda bisa kerjasama bagis hasil dengan pemberi materi kursus jahit. Dan untuk bagi hasil silahkan anda tentukan sendiri atau anda bisa gaji dia bulanan, monggo silahkan.
  3. Bisnis Katering : Nah untuk bisnis kuliner yang satu ini memang seakan tidak ada habisnya. Anda bisa terjun ke bisnis katering jika anda bisa atau hobi memasak berbagai macam menu masakan. Saya rasa  ini merupakan ide bisnis yang cocok juga untuk ibu rumah tangga karena kebanyakan dari beliau-beliau ini memang ahli di bidang ini walau tidak semua. Yang perlu diperhatikan dibisnis ini adalah anda harus memberikan layanan menu yang beragam, dan juga bisa memberikan servis antar jemput katering ke konsumen (ini untuk personal atau rumah tangga) sehingga konsumen serasa diberikan servis personal. Jika skala bisnis anda lebih besar, anda seharusnya berani juga membuka katering untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya. Mulailah dari yang kecil dan jika anda tetap semangat dan kreatif insyaAllah bisa menjadi yang lebih besar lagi suatu saat nanti.
  4. Bisnis Usaha Mengelola Butik: Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya. Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini. Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif. Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang dan up to date. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.
  5. Bisnis Produsen Kue : Jenis ide peluang bisnis yang satu ini tentunya diminati juga dong buat anda ibu rumah tangga. Hobi memasak atau membikin berbagai jenis kue memang asik ya. Selain menyenangkan, membuat kue bisa dibisniskan juga. Sangat terbuka lebar pasar kue ini, dan jika anda bisa kreatif dan cerdik dalam marketing insyaAllah anda bisa mengisi pasar bisnis kue yang ada di masyarakat. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai macam resep kui, sudah banyak buku resep yang dijual umum, atau anda juga bisa ikut kursus singkat membuat kue. Intinya banyak cara jika kita ingin memanfaatkan ide bisnis menjadi produsen kue ini. Marketing yang bagus, sebarkan banyak brosur ke area perumahan, iklan baris di koran, dan kerjasama dengan beberapa swalayan untuk menitipkan kue buatan anda menjadi beberapa opsi strategi marketing yang bisa diambil. Saya yakin insyaAllah pasar bisnis kue ini masih sangat diminati dan akan terus berkembang nantinya.
  6. Berjualan Busana Muslimah Online: Masih berkutat di dunia fahsion. Anda bisa berjualan jenis pakaian yang satu ini yaitu busana muslim. Selain anda memiliki butik (perlu modal tempat dan stock barang) jika ingin jualan dengan minim modal, jualah secara online. Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual. Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya. Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda. Respin setiap pertanyaan konsumen dengan cepat dan baik akan sangat membantu meningkakan brand anda dalam berjualan.
  7. Broker Online : Untuk jenis peluang usaha yang ke 7 ini saya rasa sangat menarik dan bisa dilakukan oleh banyak orang termasuk ibu rumah tangga. Sebenarnya jenis usaha broker online sedikit berhubungan juga dengan beberapa jenis usaha diatas misal "jualan busana muslimah online" namun disini saya rasa jenis produknya juga bisa kita perlebar. Broker properti, tanah, kendaraam dan masih banyak lagi yang bisa kita garap. Tipsnya mudah, silahkan cari para penjual produk yang ada di beberapa situs jual beli online seperti yang sudah saya sebutkan tadi misal tokobagus, indonetwork, berniaga dan sejenisnya, bisa juga melihat iklan di koran. Ajak kerjasama mereka para penjual, dan silahkan cari pembelinya via online juga, bisa di media serupa atau di tempat lain misal situs sosial media atau forum jual beli. Prinsipnya anda kulakan dengan harga rendah dan dijual dengan anda naikan harganya (atau bisa juga prosentase dari nilai jual yg sudah ditetapkan). Untuk jenis usaha broker online ini memang diperlukan kreatifitas serta juga waktu anda untuk online dalam sehari sisihkan waktu 2-4 jam untuk promosi dan juga mencari produk yang akan anda jual. Anda bisa membaca bisnis jasa/broker di artikel Peluang Usaha Jasa Yang Mendunia
Ke 7 jenis peluang bisnis untuk ibu rumah tangga diatas saya rasa akan masih tumbuh dan terus berkembang di tahun 2013 ini dan juga ditahun yang akan datang seiring meningkatnya kebutuhan dan juga perekonomian masyarakat Indonesia. Intinya kita harus selalu kreatif dan terus berusaha, insyaAllah dimana ada kemauan pasti ada jalan. Silahkan mencoba dan semoga sukses. Ohya mau diskusi lebih lanjut atau hanya sekedar ingin update info seputar bisnis usaha di twitter silahkan langsung saja follow
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.