Sabtu, 09 Februari 2013

Pengen Bisnis Sampingan Modal Kecil? Simak Triknya

bisnis sampingan modal kecil
Seberapa besar keinginan Anda untuk bekerja lebih keras, selain dari pada pekerjan yang sekarang?? Tentu Anda menginginkan bisnis sampingan bukan..??? eitt.. tapi sebelum Anda melangkah lebih jauh... simak dulu yang ini.

1. Lihat dahulu kemampuan membagi waktu

Bila dalam pikiran Anda mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur hanyalah terisi oleh beban pekerjaan di tempat kerja, maka mana mungkin bisa melirik peluang yang lain. Maka bila Anda memang menginginkan sebuah bisnis sampingan modal kecil, maka mulai saat ini Anda perlu membagi waktu dan porsi dedikasi berfikir untuk bisnis sampingan yang Anda kehendaki.

2. Koreksi mengenai kemampuan diri

Bukan sebuah masalah bila Anda sudah terbiasa dengan aktifitas berdagang atau menjalankan semacam bisnis jual beli, namun bagi Anda yang tak cukup memiliki sebuah keahlian seperti ketrampilan menjual maka ini akan menghambat bila mana Anda terjun di bisnis yang kaitannya dengan aktifitas jual beli. Untuk itu, dirasa cukup penting untuk mengoreksi kembali mengenai kemampuan kita di bidang sebuah bisnis tertentu.

Bila Anda mampu menjalankan usaha dagang, maka tak ada salahnya dicoba. Namun bila Anda tak cukup kompeten dalam soal dagang, maka jenis usaha lain yang sangat dekat dengan kemampuan terbesar yang Anda miliki mungkin bisa jadi alternatif. Mungkin di sekitar Anda terdapat peluang usaha atau bisnis untuk membuka suatu usaha semacam foto copy, warnet, toko eletronik dan lain-lain.

Tetapi Anda kurang kompeten dalam hal tersebut, maka tentunya Anda bisa memilih alternatif usaha yag lebih mudah yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, misal usaha di bidang jasa seperti bimbingan belajar, jasa pelatihan seni, atau ketrampilan lain yang Anda miliki.

3. Pahami sedikit ilmu bisnis

Ini penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang terbiasa menjadi karyawan dan belum pernah terjun di bisnis sampingan modal kecil atau wirausaha. Dalam sebuah bisnis itu terdapat beberapa point yang perlu menjadi pengetahuan penting Anda, yakni meliputi; Perhitungan modal, sumber modal, jangka waktu modal kembali, strategi marketing, jangkauan pasar/ konsumen, antisipasi kerugian, serta dana cadangan untuk operasional di bulan pertama.

Paling tidak kesemuanya haruslah ada gambaran sedikit dalam bayangan Anda. Meski Anda adalah seorang karyawan dan sibuk, langkah awal dengan belajar bisnis lewat materi-materi seperti yang ada dalam blog seperti ini, tentunya akan menjadi bekal penting untuk Anda melangkah lebih jauh.

4. Ketahui beberapa jenis bisnis sampingan

Sebelum terjun di bisnis yang dijalankan di sisa-sisa waktu luang Anda, sangat penting untuk mengetahui beberapa jenis bisnis yang nampak cocok dijalankan meski profesi Anda adalah karyawan/pegawai. Ketahui macam bisnis sampingan atau bisnis yang bisa dijalankan di sore, malam, atau hari libur.

Beberapa usaha yang bisa Anda pertimbangkan contohnya: toko online, bisnis waralaba, membuka kedai di malam hari dan bisa juga menjalankan bisnis makanan seperti gerobak franchise yang mempekerjakan satu karyawan. Pada intinya karyawan pun bisa menjadi boss, asal cukup paham cara-caranya, dan meski hanya lewat bisnis sampingan modal kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.