Sabtu, 16 Februari 2013

Melirik Strategi Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Mencuci pakain bagi sebagian masyarakat kita saat ini bisa diakali dengan servis layanan laundry kiloan yang semakin tumbuh banyak disekililing kita. Ada yang ingin hemat waktu, tenaga, dan tidak mau repot dan ingin menerima rapi dan wangi. Nah, dengan jasa laundry maka semua itu bisa didapatkan dengan biaya yang relatif murah.

Disini saya ingin bicara mengenai peluang usaha laundry kiloan dengan memanfaatkan kondisi diatas. Banyak orang yang ingin jasa cuci ini jadi saya rasa saat ini dan dimasa yang akan datang peluang bisnis laundry kiloan ini masih sangat terbuka lebar. Lalu bagaimana kita memulainya?

Jika kita ingin membuka usaha laundry maka modal yang dibutuhkanpun diawal juga tidak perlu terlalu besar. Kita bisa lihat perkembangan bisnisnya nanti, jika memang terus menunjukan grafik dan omset yang ters meningkat maka bisnis usaha laundry ini bisa lebih dikembangkan lagi. Dengan modal mesin cuci dan ruangan  kecil yang diperuntukan menerima dan mengambil barang/pakaian yang ingin dicuci maka usaha ini sebenarnya sudah bisa berjalan.

Mari Memulai Usaha Laundry Kiloan
Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan jika kita ingin memulai usaha ini.
  1. Kita harus tahu cara mencuci yang baik dong, mencuci pakaian agar bersih dan juga mengetahui cara mengeringkan berbagai bahan/jenis kain dengan baik.
  2. Jika terdapat bermacam jenis noda, sebaiknya kita mengetahui tips dan strategi untuk menghilangkannya.
  3. Peralatan seperti mesin cuci dan juga pengering disesuaikan dengan besarnya usaha yang sedang dijalani. Jika usaha laundry kiloan anda baru mulai saya rasa cukup seadanya saja untuk pengadaan mesin cuci dan pengering. Persiapan setrika juga diperlukan untuk membuat pakaian rapi ketika diambil oleh konsumen.
  4. Gaji karyawan harus diperhitungkan diawal, sebaiknya anda sudah memiliki stok gaji karyawan dalam 6 bulan kedepan. Jika bisnis laundry ini berkembang maka penambahan karyawan harus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang tetap baik bagi konsumen.
  5. Peralatan penunjang seperti meja, kursi, rak pakaian dan juga keranjang pakian kotor harus disiapkan semenjak awal.
  6. Biaya operasional selain gaji pegawai, seperti listrik, pewangi dan juga deterjen dan air juga harus diperhitungkan dengan cukup baik.
Kendala Yang Bisa Terjadi
Didalam setiap menjalankan sebuah bisnis usaha, kendala dan hambatan bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi bisnis laundry kiloan ini, kendala bisa muncul misalnya:
  1. Banyaknya kompetitor atau pesaing yang sudah membuka usaha serupa.
  2. Waktu yang lebih cepat dalam pengerjaan yang diminta oleh konsumen, maka jika kondisi ramai maka anda perlu mengatur waktu dengan cukup baik antara pelayanan konsumen satu dengan yang lainnya.
  3. Masyarakat yang sudah memiliki mesin cuci sendiri.
Bagaimana Strategi Menjalankan Peluang Bisnis Ini
Kendala dan hambatan yang terjadi di bisnis laundry ini tidak boleh dong membuat kreativitas kita terhenti ditengah jalan. Maka strategi bisnis itu perlu kita susun dan persiapkan dengan lebih baik jika memang kita ingin memanfaatkan peluang usaha ini.
  1. Pemilihan lokasi yang tepat insyaAllah bisa membuat bisnis ini akan berjalan dengan baik. Pilihlah lokasi misal dekat area kos-kosan diarea kampus atau area perumahan.
  2. Lihat harga pasaran dengan melihat para kompetitor di sekitar.
  3. Beri pelayanan ekstra misalnya, perfum yang wangi, anti kusut, bersih, cepat dan bisa juga antar jemput. Ini akan membuat bisnis anda dikangeni oleh pelanggan.
  4. Jasa ketepatan waktu sesuai pesanan pelanggan membuat konsumen akan senang dan balik lagi nantinya.
  5. Pelajari teknik mencuci supaya pakain tidak kusam dan tidak luntur. Ini penting karena akan menetukan hasil yang dicuci nantinya. Jika pakaian bagus dan sesuai harapan maka konsumen akan senang mencuci ditempat anda,
  6. Rekrutlah karyawan untuk administrasi dan untuk mencuci secara terpisah jangan dicampur untuk menghindari buang-buang waktu. (ini bisa dijalankan jika perkembangan bisnis anda sudah mulai tumbuh).
Modal Awal Bisnis Laundry Kiloan
Bisnis tentunya perlu modal awal dong, begitupula dengan usaha yang satu ini, diperlukan modal peralatan dan juga lainnya seperti deterjen, pewangi, rak dan lain-lain. Dibawah ini ada gambaran kasar saja untuk modal awal membuka bisnis cuci pakaian ini selain modal tempat tentunya.
  • Mesin Cuci 3 Buah                                                   Rp.7.500.000
  • Setrika Listrik 2 Buah                                               Rp.   500.000
  • Lain-Lain (meja, kursi, rak, pewangi,ember dll)       Rp.5.000.000
  • Total_____________________________________ Rp. 13.000.000
Modal awal bisa digambarkan sekitar itu, namun semua tergantun dari harga barang di lokasi anda juga. Silahkan analisa untuk modal yang anda perlukan dalam membuka bisnis laundry kiloan ini. Ohya sebelum ditutup artikel ini, memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini bisa sekalian menjual pulsa di tempat laundry anda. Setiap konsumen yang datang dan mengambil pakaian mereka, bisa anda tawari pulsa telepon. Seperti di beberapa minimarket yang sudah menerapkan metode ini. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.