Selasa, 05 Februari 2013

Minat Usaha Sampingan ? Ini 5 Daftar Usahanya

Usaha sampingan dewasa ini banyak dicari banyak orang. Apakah termasuk anda? jika iya, inilah 5 daftar jenis usahanya. Silahkan dibaca.

Sebelum membahas beberapa daftar usaha yang bisa dikerjakan di waktu luang atau selain waktu kerjaan utama kita serta terkadang kita tidak usah langsung menanganinya, marilah kita mencoba menegrti analogi dari sebuah bisnis sampingan ini. Sejatinya usaha yang satu ini hanyalah sebuah bisnis yang dikerjakan disela-sela waktu atau merupakan kerjaan yang ditujukan untuk membantu atau menambah penghasilan kita. Tentunya berbagai jenis dan cara dilakukan untuk bisa melancarakan aktivitas tersebut. Lalu kadang yang menjadi persoalan adalah apa saja jenis usaha sampingan yang bisa diambil? bagaimana memulainya? dan apakah kita bisa? nah memang beberapa pertanyaan tersebut akan muncul di beberapa orang yang sedang mencari kegiatan sampingan ini.

Namun tidak usah terlalu memusingkan hal-hal yang belum kita coba yang bisa mengganggu dan bahkan menggagalkan rencana kita untuk membuka bisnis. Oleh karena itu siapkan setiap rencana bisnis sebaik mungkin. Dan dibawah ini saya mencoba memberikan sedikit daftar jenis usaha yang bisa dikerjakan di paruh waktu anda.
  1. Usaha Jasa Pengetikan: Bisnis jasa jenis ini bisa dikerjakan disela-sela waktu luang kita atau bisa kita jadwalkan di luar jam kerja utama anda nantinya. Bisnis ini masih terbuka lebar terutama jika lingkunagn anda dikalanagan mahasiswa yang tidak memiliki waktu cukup untuk mengerjakan pengetikan sendiri. Jika anda bisa mengetik cukup bagus dan juga memiliki seperangkat komputer dan printer saya rasa bisnis ini bisa dijadikan sebuah usaha sampingan yang bisa dikatakan menjanjikan. Untuk awal anda bisa kerjakan sendiri tapi jika ternyata peminat baanyak anda bisa mulai membuat sebuah team atau mempekerjakan orang untuk melaksanakan tugas pengetikan tersebut. Ini merupakan salah satu usaha modal kecil juga.
  2. Peluang Usaha Les Privat: Jenis bisnis yang satu ini diperlukan kemampuan untuk bisa memberikan les disalah satu bidang ilmu tertentu. Semakin banyak les privat yang bermunculan saat ini memang sebanding dengan banyaknya siswa yang membutuhkan pelajaran tambahan, tips dan trik dalam mengerjakan soal pelajaran di sekolah mereka. Metode les privat ini bisa anda yang datang ke rumah siswa atau siswa yang datang ke tempat anda. Aturlah jadwal jam masing-masing siswa nantinya. Disini anda harus mempunyai kemampuan itu tadi, namun jika tidak bisa maka anda bisa kerjasama dengan rekan atau mencari orang yang bisa mengisi materi pelajaran yang akan diberikan dengan sistem kerjasama atau anda gaji tentunya.
  3. Bisnis Jasa Penterjemah: Apabila anda memiliki kemampuan berbahasa asing misal Inggris, Perancis, Jepang, Korea, Jerman, Belanda atau bahasa lain yang populer, maka anda bisa membuka jasa penterjemah karena jenis jasa ini sangat dibutuhkan baik oleh individu maupun perusahaan dewasa ini dan tentunya dimasa yang akan datang. Namun jika anda tidak bisa maka anda bisa merekrut team untuk mengerjakannya, anda hanya menjalankan manajemennya dan juga marketingnya. Simpel sebenarnya. :)
  4. Usaha Bisnis Video Shooting : Momen seperti pernikahan, ulang tahun, wisata, dan acara formal non formal suatu institusi atau perusahaan, sekarang ini menjadi sangat penting dan biasanya mereka akan mendokumentasikannya. Apabila kita bisa menangkap kesempatan bisnis ini maka bukan tidak mungkin kita akan eksis menjalankan usaha video shooting, Intinya anda harus punya peralatan, lampu bantu dan asesoris pendukung lainnya, rekrutlah kru beebrapa orang untuk mengoperasikannya. Silahkan cari perbandingan dan referensi harga dari jasa sejenis diinternet atau dimana saja sehingga anda bisa menentukan harga yang tepat untuk konsumen nantinya. Selain itu biasanya juga satu paket dengan pembuatan DVD/Keping CD nya sekaligus tentunya anda juga perku video editor. Silahkan persiapkan dengan baik dan pada intinya usaha jenis ini bisa dilakukan di sela-sela kegiatan anda. Apalagi jika anda sudah memiliki kru untuk menjalankannya.
  5. Usaha Sampingan Souvenir Pernikahan: Nah jenis usaha yang satu ini juga terbilang cukup unik dan menarik. Hanya memanfaatkan momen pernikahan saja dimana biasanya sekarang ini disetiap acara pernikahan ada souvenier untuk para tamu yang berkunjung. Walaupun hanya sekedar souvenier mungil dan sederhana tapi  terkadang hal ini membuat kesan yang berbeda. Sudah banyak yang melakukannya. Silahkan cari referensi mengenai hal ini lebih detail lagi.
Ke lima jenis usaha sampingan yang saya tulis diatas hanya sebagian dari banyaknya bisnis sampingan yang bisa kita ambil dan jalankan. Silahkan banyak membaca dan menganalisa jenis bisnis usaha apa sih yang sekiranya cocok dengan anda. Silahkan persiapkan dengan baik dan segera take action. Semoga sukses. Ingin update ide-ide usaha lewat Twitter?
follow aja 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.