Kamis, 21 Maret 2013

Bisnis Usaha Jualan Sepeda Onthel lama

Jumpa lagi di artikel yang kesekian kalinya dan di edisi kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai sebuah peluang usaha jualan sepeda lama/lawas. Sepeda disini adalah sepeda onthel atau sepeda kayuh. Dimulai kemaren sore tepatnya 20 maret 2012 ketika bermain ke tempat teman yang baru membuka cafe baru di area Mantrijeron, Prawirotaman Yogyakarta nama cafenya Tjangkiyem (promosi dikit ya hehe) menu hidangannya bebas penyedap buatan lho.. enak dan lezat menunya :)

Nah ketika sedang asik menikmati minuman secang hangat, eh ada dua bapak-bapak yang datang dengan mengayuh sepeda onthel lawas dan akhirnya mengobrol dengan teman saya tersebut. Awalnya saya tidak tahu apa sih yang diobrolkan, akhirnya saya ikut nimbrung dan ternyata mereka bertiga sedang asik membicarakan mengenai sepeda onthel yang mereka bawa. Salah satu dari sepeda yang dibawa tersebut adalah barang dagangan yang ditawarkan ke teman saya ini. Usut punya usut ternyata bapak-bapak ini memang tergabung dalam salah satu komunitas sepeda onthel yang ada di Jogja. Tanpa berpikir panjang kami berdua mencoba dua sepeda tersebut, photo dibawah ini real lho bukan editan walaupun gambarnya agak burem soalnya yang njepret sambil naik sepeda :)

Photo penulis yang sedang mencoba sepeda xixixi..

Sohib penulis (pemilik kedai Tjangkiyem) sedang mencoba sepeda

Dari obrolan ngalor ngidul mengenai berbagai macam sepeda dan juga seluk beluk jual beli sepeda lama bisa saya analisa dan simpulkan bahwa ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup bagus dan unik juga menjanjikan. Perlu anda ketahui harga sepeda lama dengan merek tertentu bisa berkisar antara 15jt hingga 40jt rupiah, saya sempat kaget juga mendengarnya tapi itulah kelebihan produk antik unik yang semakin lama tersimpan maka akan semakin mahal pula harganya.

Jika kita ingin memanfaatkan peluang usaha jual beli sepeda lama, maka sebaiknya kita mengetahui dulu semua jenis sepeda yang menjadi favorit dan koleksi para kolektor. Silahkan browsing dan mencari informasi seputar seluk beluk sepeda onthel tersebut. Salah satu sepeda yang menjadi favorit bagi kalangan penggemar sepeda yaitu jenis Gazelle dan Batavus Heren seperti gambar dibawah ini yang saya ambil dari blog sepedagazelle.wordpress.com :

Sepeda Onthel Gazelle

 Sepeda Onthel Batavus Heren

Kedua sepeda diatas merupakan dua dari sekian merek sepeda yang menjadi favorit para kolektor walaupun masih banyak type dan jenis lainnya. Peluang bisnis ini sangat terbuka lebar, market pasar sudah terbentuk, dan komunitas penggemar sepeda semakin lama makin bertambah saja terbukti dari antusias warga yang sering mengikuti fun bike dan juga event-event pameran sepeda lama yang sering diadakan di beberapa kota.

Informasi ini saya sampaikan sebagai gambaran saja bahwa bisnis usaha jual beli sepeda onthel khususnya yang unik dan tahun pembuatan lama masih sangat bagus prospeknya. Anda bisa mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai harga sepda dan juga jenis dan type sepeda apa saja yang bisa anda jual belikan. Silahkan cari selisih harga yang bisa anda mainkan

Ini memang merupakan sebuah peluang usaha bisnis yang bisa dibilang gampang-gampang susah dan diperlukan pendekatan personal secara humanis kepada calon seller/penjual, karena terkadang harga berapa saja yang anda tawarkan maka pemilik tidak akan menjualnya karena barang itu merupakan idaman bagi dia.

 Sepeda Onthel yang ditawarkan kepada teman saya 

Promosi online dan juga mengikuti berbagai event pameran dan juga fun bike akan memudahkan anda menemukan dan menjalin relasi dengan para penjual dan juga pembeli sepeda onthel lama ini. Silahkan aktif dan ikut serta dalam setiap kegiatan komunitas sepeda jika anda ingin memanfaatkan ide usaha ini dengan maksimal.

Mungkin sedikit saja informasi mengenai bisnis jual beli sepeda onthel yang bisa saya singgung di artikel kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi usaha bagi kita semua. 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.