Rabu, 27 Maret 2013

Jualan Kain Kiloan? Ini Peluang Bisnis Menjanjikan

Tahukah anda bahwa peluang bisnis jualan kain kiloan adalah sebuah ide usaha yang seakan tidak ada matinya? dan akan terus berkembang dan selalu update produk-produknya?. Jika anda telaah kembali bahwasanya kain yang merupakan bahan baku dari pakaian sebenarnya merupakan salah satu kebutuhan dasar juga bagi manusia, kebutuhan akan sandang memang tidak akan berhenti dan saya rasa akan selalu berkembang seiring dengan trend dan juga kebutuhan fahsion masyarakat luas. Oleh karena itu di artikel kali ini saya mencoba mengulas sebuah peluang usaha yang berhubungan dengan bahan baku sandang tersebut yaitu ide bisnis jualan kain namun secara kiloan.

Bermula dari siang tadi ketika penulis mengantar doi berbelanja kain untuk bahan belajar menjahit, nah disitu juga saya melihat banyak sekali kain yang dipajang dengan aneka jenis bahan dan juga motif dan warna. Heran juga ternyata jualnya adalah kiloan, secara awam sih kalo saya pribadi tahunya beli itu ya meteren namun ternyata sudah trend menjual kain secara kiloan. Photo dibawah ini saya ambil sendiri di salah satu lokasi penjual kain kiloan skala rumahan.
Penjual yang saya datangi ini dia berjualan secara online saja, megingat lokasi tempatnya adalah dirumah di area perumahan jadi sangat tidak strategis namun ternyata banyak pembeli yang datang ke rumah ini karena mengetahui secara online. Saya rasa penjual tersebut bisa memanfaatkan peluang bisnis  ini secara maksimal walau dia tidak punya ruko atau toko yang berada di pinggir jalan dan ini salah satu resep buat anda yang ingin berjualan sejenis, dengan kekuatan onlien marketing maka pembeli akan datang kerumah anda dan anda menghemat jutaan rupiah untuk menyewa ruko dan tempat untuk menjajakan produk anda.
Sempat ditanya dimana dia kulakan atau berbelanja semua kain ini, ada yang belanja dari kota Solo (mungkin pasar klewer kali ya? saya tidak tahu pasti). Tapi apapun itu intinya si penjual ini bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan cukup efektif, terbukti saya sendiri sampai telepon beberapa kali untuk menemukan lokasi mereka ini demi berbelanja kain kiloan yang sedang dicari.

Ohya sebagai informasi tambahan ternyata bahwa selain kiloan penjual ini juga menerima jika kita membeli meteran juga. Jadi konsumen mempunyai pilihan alternatid dalam membelinya. Tips buat anda semua yang ingin memanfaatkan ide bisnis usaha kain kiloan ini adalah, silahkan cari te,pat berbelanja grosir yang sekiranya murah dan pasarkan dengan metode online marketing jika anda tidak memiliki tenpat yang strategis.

Jika anda memiliki tempat yang strategis maka menjadi nilai tambah selain maksimalkan online marketing melalui social media dan juga direktori jual beli online misal tokobagus, olx, indonetwork, berniaga dan beberapa forum jual beli misal kaskus. Usahakan semua chanel online yang sudah ternama tersebut menjadi toko online anda. Kemas bahasa dan juga berilah gambar atau photi yang menarik dari produk yang anda punya, bisa pembeli datang sendiri atau bisa anda kirim melalui kurir pengiriman silahkan saja.

Jika kita ingin memberikan pelayanan yang maksimal juga ke pelanggan, sebaiknya kita juga memiliki pengetahuan tentang jenis kain dan juga corak motif yang anda punya. Silahkan cari banyak referensi mengenai bahan kain dan sejenisnya, sehingga ketika ada komunikasi dengan konsumen anda bisa memberikan saran terbaik kepada calon pembeli anda tersebut. Pembeli akan menjadi lebih nyaman dan memiliki pandangan yang mungkin diluar sepengetahuan mereka. Berminat memanfaatkan peluang bisnis ini? Silahkan dicoba dan semoga berhasil.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.