Minggu, 03 Maret 2013

Usaha Sampingan Jual Beli Handphone Bekas/Second)

Artikel yang kedua di bulan maret 2013 ini akan saya coba ulas sedikit saja mengenai peluang usaha sampingan jual beli handphone/HP second atau bekas. Ternyata jika kita bisa mensiasati hal ini maka akan bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan walau hanya sebagai usaha sambilan/sampingan.

Sebelum mengulas lebih dalam lagi mengenai ide bisnis sampingan ini sebaiknya kita lihat dan review lagi kondisi sekitar kita. Tentunya anda tahu sendiri dong bahwa handphone (saya singkat menjadi HP) sudah bukan barang yang istimewa lagi, bukan sekedar produk yang dimiliki kalangan menengah ke atas. Saat ini semua orang bisa memiliki HP mulai dari harga puluhan ribu (bener lho puluhan ribu) hingga jutaan rupiah karena semua sudah menjadi bagian dari sebuah kebutuhan hidup yaitu kebutuhan berkomunikasi (dan juga lifestyle untuk kalangan tertentu). Kondisi ini mari coba kita tangkap peluang dari sisi bisnis yang mungkin bisa kita ambil dan dengan harapan mendatangkan profit tentunya.

Jual beli handphone saat ini sudah sangat marak baik offline maupun online, handphone murah dengan beragam fitur yang kaya sudah bisa ditemukan di toko-toko HP kecil sekalipun. Nah lalu bagaimana kita memulai menangkap peluang usaha sampingan ini? bagaimana caranya? strategi marketingnya ?.

Disini kita membahas HP second atau bekas lho ya. Karena walau bekas namun masih saja banyak digemari oleh banyak kalangan luas. Coba anda lihat saja di forum jual beli seperti kaskus, disana sangat banyak orang yang menjual dan membutuhkan HP bekas dengan harga yang cukup bervariasi, dan ternyata peminatnya juga banyak. Dan juga dari pengalaman penulis ketika ngobrol di angkringan atau ketika mampir ke suatu warung makan tradisional, banyak juga yang menawarkan/menjual handphone disana, dari mulut ke mulut dengan profit 50 ribu rupiah saja jika dalam sehari bisa menjual lebih dari tiga biji bukankah cukup lumayan? padahal hanya bisnis sampingan saja lho ditengah-tengah kegiatan sehari-hari.

Lalu bagaimana jika anda karyawan swasta? Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pengangguran sekalipun? apakah bisa memanfaatkan usaha bisnis sampingan jual beli handphone bekas ini? tentu saja bisa dong, apakah terkendala waktu? bisa kita siasati kok.. :) misalnya anda bekerja sebagai karyawan swasta atau PNS menurut saya adalah cara yang paling oke dan efisien dengan melakukan jual beli secara online yaitu bisa anda mencari handphone rekan kerja atau kolega mereka, tanyakan ke mereka apakah teman, kerabat, keluaraga mereka ada yang ingin menjual atau membutuhkan handphone? suruh bilang ke anda, bilang anda insyaAllah bisa membantu mencari solusinya heheh.. lalu anda bisa membuat blog atau website untuk menawarkan produk anda atau bisa sekedar join disuatu forum jual beli online. Pengalaman penulis ada teman yang sekarang sukses menjual laptop dan handphone dan malah sudah memiliki toko sendiri dan marketing utama adalah dari online padahal dia PNS lho.. saya sendiripun malah sudah dua kali berbelanja kesana :)

Selain itu anda juga bisa mencari penjual handphone bekas di fourm jual beli ketika mendapatkan barang yang cocok silahkan and acatat speknya dan tawarkan ke rekan kerja anda. Begitu ada deal anda bisa COD (cash on delivery) dengan seller tadi dan barang anda jual kembali ke rekan anda dengan selisih harga tentunya, minimal 50 atau 100 ribu mungkin bisa anda ambil keuntungan disitu. Tapi jangan sampai terlalu mahal, lebih baik anda mengambil profit yang agak kecil namun duplikasi atau menjual banyak barang. Mengingat barang yang anda jual adalah barang setengah pakai atau second. Pastikan anda mendapatkan produk yang masih normal dan minta garansi dari penjual untuk produk yang anda beli tersebut. Hal-hal teknis seperti ini jug amenjadi penting supaya anda juga tidak mengecewakan pembeli nantinya. Selalu teliti dan hati-hati dalam transaksi sangat penting dilakukan dalam jual beli barang elektronik khususnya sebuah handphone. 

Selain itu anda bisa memasang iklan baris di koran bahwa anda menerima /memabntu memperlancar orang yang ingin jual handphone. Cara ini memang kadanga gak susah namun patut dicoba, yang paling manjur dan mujarab dari beberapa yang saya temui adalah memang dari mulut ke mulut dan forum online jika kita ingin memanfaatkan peluang usaha sampingan ini.

Memang terkadang membayangkan saja terlihat agak sulit dan susah untuk dilakukan, tapi sebenarnya bisnis usaha sampingan jual beli handphone bekas ini tidak sesulit yang dibayangkan.  Dan cara yang saya sebutkan diatas modal bisa dari anda, bisa juga dari uang yang sudah diterima dari teman atau orang yang sudah percaya dengan anda untuk dicarikan handphone buat mereka, atau juga penjual yang sudah percaya dengan reputasi anda sehingga anda bisa membawa produk tanpa harus membayarnya terlebih dahulu. Ingat kepercayaan dan kejujuran adalah hal yang sangat penting, termasuk di bisnis sampingan yang satu ini. Anda harus senantiasa bisa dipercaya dan pelan -pelan membangun reputasi anda sebagai penjual handphone bekas yang berkualitas dan bisa dipercaya.

Mungkin sedikit saja ya ulasan mengenai peluang bisnis sampingan ini, kuncinya anda harus kreatif dan mudah bergaul lalu cekatan dalam meangkap informasi dan juga kesempatan yang ada. Anda bisa mencobanya toh ini juga sebagai bisnis sampingan saja dan jika sudah rejeki insyaAllah akan membuat kantong anda terisi oleh profit dari sebuah handphone bekas. :)

Terima Kasih

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.