Jumat, 15 Maret 2013

Jenis Usaha Modal Kecil, ini Dia Peluang yg Mudah

jenis usaha modal kecil
Jangan sampai pusing.. pusing.. memikirkan jenis usaha yang akan kita pilih. Sebenarnya jenis usaha itu cukup menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Maksudnya adalah menyesuaikan dengan kondisi di sekeliling kita, dan kaitannya tentu saja dengan kebututuhan masyarakat baik kebutuhan primer maupun skunder. Seperti pada jenis usaha modal kecil yang relatif mudah? simak yg berikut ini.

1. Jajanan khas daerah

Salah satu usaha kecil yang mudah untuk kita jalankan adalah jajanan khaa daerah. Jajanan yang dimaksud adalah makanan-makanan jajanan yang berasal dari daerah tertentu. Misalnya saja seperti lumpia khas kota Semarang, bakpia patok khas Yogyakarta, atau seperti dodol khas kota Garut. Kesmuanya bukan tak mungkin menjadi sebuah pilihan usaha yang bisa Anda pilih sebagai usaha kecil.

Jenis usaha modal kecil ini bisa Anda ambil segmen bisnis produksinya, yakni dengan memproduksi atau membuat sendiri dalam skala terbatas, dan memasarakannya sendiri. Dan untuk memilih usaha jajanan khas daerah, pastinya tak harus berada di daerah asal makanan tersebut, karena sangat mungkin memasarkannya di semua daerah di Indonesia. Misal kita yang berada di kota solo, sangat mungkin untuk membuat bakpia khas Yogyakarta dan memasarkannya meski di daerah bukan asal makanan tersebut.

2. Minuman khas daerah

Selain makanan atau jajanan di atas tadi, minuman juga tak kalah punya potensi yang cukup bagus sebagai sarana usaha modal kecil. Namun minuman yang dimaksud dan memiliki potensi pasar bagus adalah minuman khas daerah tertentu. Kita tentu tahu akan ketenaran es doger asal Bandung, es ini cukup laris manis meski dibuka di daerah selain Jawa Barat. Kita semua juga tentunya tahu es cincau asal Bandung yang pedagangnya cukup merata di berbagai kota di pulau jawa.

Yang pasti tak hanya Jawa Barat saja yang memiliki potensi minuman khas yang layak jual untuk konsumsi semua daerah. Karena minuman-minuman khas daerah yang lainnya juga bisa menginspirasi kita untuk membuka usaha kedai minuman khas daerah. Memulai usaha minuman khas daerah ini bisa dalam bentuk usaha gerobak atau usaha rumahan yang didirikan di depan rumah kita.

3. Jenis usaha modal kecil : Kedai jamu herbal

Bebepa mereka yang dari kalangan dewasa dan orang tua, biasanya lebih suka menkonsumsi jamu-jamu cair herbal untuk kesehatan mereka dibanding menkonsumsi jamu-jamu buatan industry jamu. Konsep kedai atau warung jamu herbal ini bisa menawarkan aneka minuman sehat dan aman agi tubuh.

Misalnya saja, teh hijau, teh rosela, Susu Telur Madu Jahe, wedang jahe, dan minuman-minuman lain yang diramu dari rempah-rempah yang ada di sekitar kita. Rasanya bukanlah hal yang sulit untuk mempelajari beberapa jenis minuman tradisional atau herbal yang menyehatkan, yang cukup diminati masyarakat, khususnya kalangan orang dewasa dan orang tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.