Minggu, 03 Maret 2013

Keuntungan Usaha Makanan Skala Rumahan

Ada banyak peluang usaha atau peluang bisnis rumahan yang bergerak dibidang kuliner yang sedang dicari banyak orang dan menjadi trend saat ini. Usaha makanan khususnya yang berbasis di rumah memang menjadi salah satu pilihan karena adanya keuntungan tersendiri selain keterbatasan modal tempat dimana tempat strategis lumayan mahal biaya sewa atau jika akan membelinya. Kali ini kita mencoba mengulas beberapa keuntungan bisnis usaha makanan berbasis rumahan yang bisa menjadi salah satu opsi bagi anda yang sedang dan akan berbisnis kuliner.

Bisnis rumahan khususnya usaha dibidang makanan bisa dibilang tidak ada habisnya meskipun  tidak akan seramai di tempat keramaian misalnya daerah swalayan atau didalam supermarket yang tentunya kita diharuskan menyewa tempat disana, namun ada keuntungan dari bisnis rumahan khususnya dibidang kuliner ini lho, diantaranya yang harus anda ketahui yaitu :
  1. Lokasi Usaha Yang Bebas Biaya. Jelas anda tidak akan dibikin berpikir berat akan tingginya modal yang harus diinvestasikan untuk modal tempat usaha. Karena usaha rumahan ini yang lokasinya dirumah anda dan tentunya tidak diperlukan biaya untuk menyewa tempat. Produksi makananpun bisa ditempat itu juga jadi tidak membutuhkan biaya transportasi (jika tidak dipasarkan ke tempat lain/pembeli datang kerumah). Dengan lokasi usaha makanan dirumah maka tentu saja memudahkan bagi anda dalam mengatur pasokan menu makanan atau minuman yang sekiranya sudah berkurang atau akan habis dan butuh suplai tambahan.
  2. Tenaga Kerja Bisa Keluarga Anda. Nah untuk urusan yang satu ini disamping kita bisa membayar atau menggaji tetangga kita untuk ikut membantu dalam mengelola bisnis usaha makanan yang kita jalankan tersebut, keluarga andapun juga bisa turut andail jika diperlukan. Jelas penghematan biaya serta bisa membantu keluarga dan tetangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan jika anda memang hatus membayar secara profesional. Dengan sistem skala rumahan maka anda tidak usah dipusingkan dalam mencari tenaga kerja.
  3. Sistem Marketing Yang Fleksibel. Dengan usaha skala rumahan ini maka anda bisa dihadapkan pada dua metode marketing yang bisa anda ambil salah satu bahkan keduanya. Anda bisa menyetorkan makanan atau minuman yang anda buat ke toko-toko kecil/menengah di daerah sekitar anda ataupun juga anda hanya pasif ditempat anda dan pembeli yang datang kepada anda. Memang ada penanganan tersendiri untuk masing-masing metode pemasaran tersebut. Jika anda memasarkan usaha makanan tersebut hanya diwarung maka promosi keluar juga harus ada misalnya dengan brosur atau selebaran bisa disebar diperumahan atau kampung-kampung sekitar, jadi pembeli bisa datang ke toko anda. Jika anda mau menyetorkan makanan atau minuman ke warung-warung didaerah anda, maka produk anda akan mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.
  4. Konsumen Yang Datang Sendiri. Ohya masih berhubugan dengan nomer tiga diatas, biasanya pembeli makanan itu datang ke warung pusat makanan lho, khususnya para pedagang juga, mereka mengambil barang dagangan dalam jumlah banyak ke produsen makanan untuk dijual lagi. Jika produk anda lumayan banyak variasinya dan promosi juga gencar maka tidak tertutup kemungkinan para pelanggan baru akan berdatangan dan order makanan ditempat anda. Memang usaha makanan ini sangat menarik apalagi jika pusatnya dirumah kita sendiri, dan konsumen atau pembeli yang datang ketempat kita, luaaarrr biaasssaaa....... !
  5. Membantu Mengurangi Pengangguran. Jika usaha makanan skala rumahan anda adalah jenis makanan yang bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak misalnya keripik singkong, keripik salak, susu kedelai dan juga makanan dan minuman sejenis yang memang banyak produksinya maka tentu saja anda butuh tenaga kerja tambahan dong, jadi secara tidak langsung anda juga membantu mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja walaupun itu tetangga anda sendiri atau orang-orang terdekat dengan anda. Ini adalah suatu nilai lebih lho...
  6. Kesempatan Untuk Mensuplai Ke Minimarket/Supermarket. Apabila produk usaha makanan yang anda hasilkan cukup bagus misalnya saja keripik singkong dengan rasa tertentu dan dengan kemasan yang unik dan kreatif dan anda berani bertarung dengan kompetitor, maka tidak tertutup kemungkinan anda bisa menitipkan ke minimarket atau supermarket supaya bisa bersaing dan memperlebar pasar secara lebih luas. Ini bisa terjadi jika memang produk anda benar-benar diperhatikan kualitasnya dan anda berani membuka pasar baru dengan menitipkan tersebut.
Itulah sedikit keuntungan dari peluang usaha makanan skala rumahan yang mungkin harus anda ketahui sehingga dalam mempersiapkan produk serta marketingnya nanti anda bisa lebih siap. Sebelum memulai membuka bisnis makanan ini anda memang harus mempersiapkan dari awal baik itu produk apa yang akan anda buat, apakah hanya khusus makanan satu jenis dalam jumlah yang banyak atau makanan banyak jenis dalam jumlah tertentu. Silahkan anda rencanakan baik-baik karena itu juga berkaitan dengan modal alat yang akan digunakan untuk memproduksinya nanti. Modal peluang bisnis makanan ini memang relatif lebih kecil jika diproduksi dan dipasarkan dari rumah karena menghemat biaya sewa tempat yang sudah dijelaskan diawal tadi. Apakah anda tertarik untuk mencoba? Silahkan saja, jika cocok silahkan cari jenis bisnis makanan yang sekiranya oke dan take action segera. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.