Rabu, 06 Maret 2013

Ide Peluang Usaha Bisnis Jualan Peralatan Olahraga

Jika kita memperhatikan dan berkecimpung dalam dunia olahraga, maka setiap orang biasanya membutuhkan alat olahraga. Mulai dari pakaian seperti kaos, celana, dan juga sepatu hingga peralatan penunjang lainnya (untuk beberapa jenis olahraga tertentu). Dengan melihat semua itu tentunya ada kebutuhan akan peralatan olahraga dong, oleh karena itu kita bisa saja menangkap peluang usaha untuk menjual alat-alat olahraga, tinggal anda menentukan jenis peralatan olahraga model apa saja yang ingin anda jual nanti.

Berawal dari beberapa waktu yang lalu ketika saya order peralatan olahraga berupa bet pingpong :) yang memang menjadi hobi saya bermain tenis meja sehingga mau tidak mau harus punya bet. Saya membeli secara online, saya pilih kayunya (blade) dan juga memilih karetnya (rubber). Dengan memilih sendiri secara online dan juga komunikasi yang ramah dan baik dari sang penjual maka saya merasa sebagai konsumen sangat nyaman dan enjoy dalam berbelanja. Saya rasa ini penjual juga menerapkan strategi ramah dan memberikan problem solving dari setiap pertanyaan yang saya ajukan mengingat jenis kayu dan karet untuk bet yang digunakan pemain pingpong ada karakteristik sendiri, jadi harus saya diskusikan dengan penjualnya. Setelah deal, saya transfer, kesokan harinya dirakit dan sore hari dikirim lewat kurir pengiriman barang dan dalam sehari paket kiriman sudah sampai dengan cukup memuaskan. Gambar bisa dilihat dibawah ini.

Gambar 1. photo barang yang akan segera dikirim

Gambar 2. photo barang yang sudah sampai ke saya

Dari cerita pribadi saya diatas bisa saya simpulkan bahwa jual beli alat olahraga bisa sepatu bola, pakaian olahraga, raket, bet, dan alat olahraga lainnya masih sangat prospek. Ini bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang lumayan menjanjikan. Sebenarnya ada juga pedagang yang berjualan ke tempat latihan tenis meja kami, namun dari harga yang saya bandingkan bisa selish 25 ribu sampai 100 ribuan. Jadi saya memutuskan untuk memberlinya secara online. Dari selisih ini saja bisa dilihat berapa keuntungan apabila kita beli online dan jual secara offline ke beberapa tempat latihan olahraga. Langkah ini bisa anda ambil jika ingin berjualan secara offline, namun diartikel ini saya kan mau bicara soal onlinenya juga, lalu bagaimana cara memulainya? gimana strateginya? mari kita ulas sedikit dibawah ini.

Peluang usaha jualan alat-alat olahraga memang menjanjikan jika dilihat dari margin yang bisa didapat jika kita kreatif dalam mencari sumber pedagang yang mempunyai harga murah. Langkah pertama tentunya anda harus menetapkan barang apa yang hendak anda jual khususnya peralatan olahraga. 

Setelah itu coba cari sumber para pedagang yang menjual dengan harga yang paling murah dari hasil perbandingan yang anda lakukan antara seller satu dengan seller lainnya. Silahkan buat brosur lengkap mengenai alat yang akan anda jual, anda bisa mengambil gambar/photo produk dari penjual yang akan anda ajak kerjasama. Bisa juga anda berterus terang kepada penjual tersebut bahwa anda akan menjualnya lagi dengan harapan harga bisa tambah miring lagi.

Setelah itu promosikan brosur anda ke beberapa tempat olahraga yang menjadi sasaran target anda, misalnya sepatu futsal ya anda pasarkan disetiap lapangan futsal dengan menitipkan brosur dan bisa memberikan komisi berapa persen buat pengelola lapangan futsal tersebut. Semakin banyak lapangan futsal yang anda ajak kerjasama maka semakin besar pula kesempatan barang dagangan anda akan terjual. (ini salah satu contoh saja jualan offline perlengkapan olahraga sepatu futsal).

Anda juga bisa memanfaatkan ide usaha ini dengan menjualnya secara online dan offline. Silahkan ajak kerjasama para penjual yang memiliki harga yang murah. Datangi tempat-tempat olahraga (jika model offline seperti ini maka anda harus berbelanja sebagian barang dulu dan lainnya bisa anda perlihatkan brosur yang menarik saja, dan begitu ada pesanan baru anda pesankan).

Jika anda menjualnya secara online maka akan lebih menghemat modal karena anda tidak harus memiliki barangnya terlebih dahulu. Ketika ada pembeli yang memesan baru bisa anda ambilkan/orderkan ke rekanan yang sudah anda ajak kerjasama sebelumnya. Silahkan membuat blog atau sebuah website dan mencantumkan semua photo produk yang akan anda jual. Masuklah ke forum olahraga yang ada di beberapa forum online dan bisa juga dijual melalui sosial media seperti facebook dan twitter dengan metode yang sudah diulas di beberapa artikel sebelumnya. 

Ramah dan respon cepat ke pelanggan menjadi salah satu kunci dalam berjualan online. Pengetahuan anda akan produk yang anda jual menjadi penting juga jadi anda harus mau belajar dan terus mengikuti perkembangan dari alat yang anda jual tersebut, jangan sampai ketika calon konsuemn bertanya lebih mendalam tantang produk yang anda jual tapi anda tidak menguasainya. Hindari ini.

Peluang bisnis ini memang cukup unik dan menarik. Jika anda memang kreatif saya rasa bukan tidak mungkin akan menghasilkan profit yang cukup lumayan. Apalagi ide usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan bagi anda yang memang terbatas waktunya. Tapi perlu diingat walaupun ini menjadi peluang usaha sampingan namun respon cepat ke konsumen harus anda jaga. Sertakan PIN BB anda atau Yahoo Messenger/CHAT di blog atau webiste anda tersebut jika memiliki blackberry atau smartphone lainnya supaya bisa online dan merespon konsumen setiap saat dimana saja dan kapan saja.

Mungkin cukup sekian untuk sedikit ulasan mengenai ide bisnis usaha jualan peratalat olahraga. Anda bisa mengembangkan lagi supaya lebih kreatif dan juga lebih oke. Intinya anda bisa berjualan alat olahraga ini dengan modal yang minim. Mau mencoba? Semoga Sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.