Minggu, 24 Maret 2013

Pengen Wirausaha?? Lihat Contoh Usaha Modal Kecil ini

contoh usaha modal kecil
Hampir beberapa orang yang tak nyaman dengan pekerjaan mereka, yakni menjadi karyawan, sangat besar keinginan dalam hati mereka untuk dapat mandiri berwirausaha. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa tidak setiap mereka memiliki cukup pengetahuan yang mumpuni sebagai bekal untuk memulai sebuah usaha meskipun itu kecil. Tapi jangan khawatir, kali ini respon usaha akan coba kasih tiga contoh usaha modal kecil yang sangat mungkin untuk dipilih oleh siapapun.

a. Kedai minuman es kelapa muda
Usaha yang satu ini sangat cocok dibuka pada musim panas, namun bukan berarti di musim dingin atau hujan usaha ini lantas mati. Kedai es kelapa muda, cukup mudah dalam menjalankannya, apa lagi bahan baku yakni kelapa muda sendiri sangat mudah ditemukan di Indonesia. Adapun untuk memilih sarana usaha ini bisa lewat beberapa cara.

Diantaranya adalah dengan membuka kedai di areal tempat wisata, pantai, pinggiran jalan ramai, hingga beberapa tempat yang disewakan untuk usaha namun di sekitarnya terdapat potensi konsumen yang cukup bagus. Untuk sajian es kepala muda biasanya sangat praktis dan mudah, mulai dari kepala muda murni, hingga kepala muda yang disajikan dengan campuran es buah atau es creame.

b. Jasa perbaikan tas dan sepatu
Kalau yang satu ini tentunya bukan merupakan sebuah usaha yang susah untuk dijalankan. Bahkan untuk mempelajarinya tergolong mudah. Usaha sol sepatu dan berbaikan tas, biasanya akan mudah kita temukan pada tukang sol sepatu keliling yang biasa ada di kampung-kampung dan sekitar komplek perumahan. Namun usaha jasa perbaikan tas dan sepatu ini sangat mungkin untuk dibuka atau dimulai di rumah Anda. Perlu Anda ketahui bahwa usaha kecil yang satu ini potensinya sangat bagus.

Karena para tetangga yang memiliki tas maupun sepatu yang robek, tentu mereka tak akan langsung membuangnya bukan. Bahkan tas dan sepatu biasanya merupakan barang kesayangan yang akan selalu dirawat meski robek dan harus mengeluarkan biaya. Yang dominan sebagai modal untuk usaha ini biasanya adalah mesin jahit, jarum rajut besar, lem dan yang terpenting adalah ketrampilan yang bagus dalam memperbaiki sepatu dan tas.

c. contoh usaha modal kecil : Service elektronik
Alternatif beriwrausaha yang lainnya adalah jasa service elektronik. Lalu apakah kita harus menguasai berbagai perbaikan elektronik yang ada..??? tentu saja tidak. Namun yang terpenting dalam usaha ini adalah kemampuan marketing Anda. Meski Anda tak mampu memperbaiki benda-benda elektronik yang rusak, namun bila Anda cukup ahli dalam teknik marketing atau mencari konsumen, maka urusan service pun bisa merekrut ahli teknik.

Servise elektornik seperti mesin cuci, televisnis, kuldan dan lain-lain tentu butuh ahlinya. Dan Anda pun bisa membuat konsep usaha jasa service di rumah dengan sistem marketing menyebar brosur, kartu nama atau promosi lewat radia maupun jejaring sosial. Untuk urusan perbaikan tentu adalah tugas tukang service yang Anda rekrut atau pekerjakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.