Minggu, 17 Maret 2013

Inspirasi Dari Sebuah Peluang Usaha Es Krim Durian


Kemaren sore tepatnya tanggal 16 Maret 2013 ada sebuah peluang usaha yang saya rasa cukup menarik dan sederhana namun cukup menjanjikan. Ketika jalan-jalan menelusuri jalan Solo di Yogyakrrta di trotoar emperan toko area jalan solo ada seorang pedagang kaki lima yang berjualan es krim durian. Kenapa menarik? kan hanya es krim saja?. Nah yang membuat menarik adalah es krim durian kaki lima tersebut pembelinya sampai ngantri dan mengantri. Oleh karena itu saya mencoba mendekati dan ikut juga mengantri sambil ingin merasakan apa sih enaknya es krim ini?

Mungkin disini saya ingin mengutarakan sedikit pendapat dan mengambil inspirasi dari keunikan dan strategi bisnis seorang ibu pedagang es krim durian tersebut. Walau saya tidak bertanya secara langsung namun saya coba mengamati dan mengambil sedikit analisa mengenai kenapa peluang bisnis es krim durian yang salah satunya dilakukan leh pedagang tersebut sangat laris dan pembelinya sampai mengantri.





















Jadi begini, setelah saya ikut mengantri dan mungkin total ada sekitar 6 orang yang sedang menanti dibuatkan es krim durian yang harga satu gelas plastiknya Rp.4000 tersebut, saya rasa yang menjadi keunikan dari es ini ya rasa duriannya tersebut, tahu sendiri buah durian merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh orang banyak walau banyak orang yang tidak menyukai aromanya, namun karena sifatnya yang musiman yang kadang sulit untuk ditemui di musim-musim tertentu dan rasanya yang khas maka buah durian sendiri akan menjadi sebuah ikon yang cukup menarik jika dikemas menjadi sebuah dagangan kuliner tertentu misal kue, keripik, minuman, dan sampai es krim durian ini. Saya rasa mengambil rasa, aroma, serta nama durian inipun sudah menjadi nilai plus sendiri dan bisa membantu dalam marketing dibanding jika hanya berjualan sebuah es krim biasa saja.


Selain memanfaatkan kekhasan rasa dan juga aroma durian tersebut, saya rasa tempat juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam berjualan khususnya berjualan kuliner. Peluang usaha kuliner memang tidak terlepas dari yang namanya tempat strategis, dimana disitu banyak orang maka bisa dibilang insyaAllah akan banyak juga calon pembeli yang akan mencicipi usaha kuliner yang anda jajakan.

Jika saya lihat ibu pedagang es krim durian ini memang tepat menangkap peluang bisnis ini dan dijajakan di area tersebut. Jika anda pernah ke Jogja atau orang Jogja, tentu tahu dong sepanjang jalan Solo daerah Gardena disitu banyak sekali pertokoan yang menjadi salah satu tujuan orang berbelanja selain di Malioboro. Nah disitulah saah satu resep dari ide usaha berjualan kuliner ini, dimana orang yang banyak berkunjung akan memberikan kesempatan produk anda terjual lebih banyak dibanding di tempat yang biasa. Anda akan menghemat biaya marketing disini, karena pengunjung secara tidak langsung akan melihat dagangan anda walau hari itu tidak menjamin mereka memutuskan untuk membeli produk anda, tapi mereka setidaknya sudah tahu dan melihat apa yang anda jajakan.

Jadi ada dua hal yang menjadi penting dalam memanfaatkan peluang bisnis usaha kuliner, silahkan membuat sebuah produk yang khas, dan unik (dan juga bahan baku sifatnya musiman, seperti durian ini, jadi orang akan merasa kangen akan aromanya disaat tidak musim buah tersebut). 

Nah yang kedua adalah tempat yang strategis, jika anda tidak bisa menyewa sebuah tempat permanen yang memang harganya mahal, kaki lima pun bisa menjadi sebuah pilihan yang cukup bagus asalkan memang tempat sudah disediakan oleh pihak terkait yang mengelola disitu. Dua hal yang menjadi nilai penting ketika kita akan memanfaatkan sebuah peluang bisnis khususnya dibidang kuliner yang memang harus mendapatkan perhatian dan kejelian sebelum memutuskan untuk mengambil ide usaha berjualan kuliner.

Terima Kasih

Catatan : semua photo original saya ambil sendiri via iPhone 4S 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.