Jumat, 01 Maret 2013

Peluang Usaha Cuci Helm yg Cukup Menjanjikan


Jika kita berbicara sebuah peluang usaha yang seakan tidak ada matinya, maka cuci helm adalah salah satunya. Mungkin anda sudah tahu bahwa sepeda motor kian lama kian bertambah banyak dan tentunya pengendaranya juga memakai helm dong, nah jika kita cerdik maka ini bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang cukup menarik. Semakin bertambah motor otomatis produksi helmpun juga akan bertambah, dan jelas ini bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebuah usaha bisnis yang bisa kita kerjakan baik sebagai usaha utama maupun usaha sampingan.

Pertanyaanya bagaimana kita memanfaatkan peluang bisnis cuci helm ini? bagaimana memulainya? alat apa yang digunakan?. Mungkin beberapa pertanyaan tersebut yang menjadi pertanyaan di benak kita. Oke deh kita coba ulas sedikit mengenai bagaimana kita menangkap ide bisnis ini sehingga bisa secara efektif dan tidak salah langkah baik diawal maupun ditengah perjalanannya nanti.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kita ketahui kenapa kita memilih ide usaha cuci helm ini? ada beberapa faktor diantaranya yaitu :
  1. Sudah disampaikan tadi bahwa kendaraan bermotor tiap hari semakin bertambah banyak dan tentu saja pengendaranya butuh helm dan minimal satu orang memiliki satu helm. Tentu saja mereka membutuhkan helm yang dipakai tetap bersih dan nyaman dan tidak berbau tentunya.
  2. Jika dilihat dari poin pertama, maka market /pangsa pasar bisnis ini sangat luas dan hampir bisa diterapkan diseluruh kawasan negeri kita ini.
  3. Dan tentu saja pemilik helm terkadang tidak rutin atau bisa dibilang tidak tahu cara membersihkan atau mencuci helm mereka sendiri disamping tidak memiliki alat yang standar untuk mencuci helm tersebut.
  4. Modal yang bisa dibilang ringan. Anda bisa membeli peralatan sendiri atau dengan sistem waralaba yang sudah menjamur sekarang ini.
  5. Dari beberapa sumber keuntungan /profit dari peluang usaha cuci helm ini bisa mencapai 60%-80% cukup menarik ya.
Setelah itu ada persiapan yang harus kita rencanakan. Mulai dari tempat, peralatan yang dibutuhkan hingga metode marketing yang supaya pelanggan akan kembali ke tempat cuci helm anda. Ada alat cuci helm yang sudah beredar dipasaran, saat ini alat-alat tersebut malah sudah canggih-canggih, bisa mencuci 4 helm sekaligus dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pemilihan alat memang harus dipertimbangkan baik-baik sebelum memulai peluang bisnis ini. Silakan cari referensi alat cuci helm yang spesifikasinya cukup baik dan juga kualitasnya, bandingkan antara seller satu dengan seller lainnya, jangan terburu-buru untuk membelinya jika anda belum yakin terhadap satu sumber penjual mesin alat cuci helm. Dari mesin tersebut ada yang manual dan ada yang sudah memakai sistem otomatis, silahkan tanyakan ke penjual apa kelebihan dari masing-masing alat tersebut dan juga apa kelemahannya. Dibawah ini ada screenshoot alat cuci helm yang dijual dipasaran yang saya ambil dari sebuah sumber. Semoga bisa menjadi gambaran saja berapa harga dan spesifikasi alat mesin cuci helm ini.
Itulah sedikit gambaran dari alat yang dijual dipasaran. Selain itu anda juga bisa mencari sumber lainnya dan ada pula yang memakai sistem waralaba cuci helm. Jika waralaba maka biasanya bisa jadi lebih murah untuk pembelian alat diawal namun mungkin harus ada fee yang diserahkan ke pihak franchiser tapi saya kurang tahu detailnya, silahkan cari informasinya.

Setelah anda memutuskan apakah membeli peralatan sendiri atau dengan sistem waralaba terserah anda. Maka ada yang harus dipikirkan lagi yaitu tempat usaha cuci helm ini. Sebenarnya peluang bisnis cuci helm ini bisa dimana saja digang-gang sempitpun bisa jalan, tapi tentu saja kita pilih yang strategis dong. Silahkan pilih daerah dekat pasar/pusat perbelanjaan/sekolah/pabrik yang intinya ada parkiran pengunjung dilokasi tersebut. Jika para pengendara motor yang parkir dilokasi tersebut dan dekat dengan tempat usaha anda dan mereka membaca papan nama usaha anda tersebut bukan tidak mungkin akan banyak yang mencuci helm ditempat anda nantinya.

Sebarkan brosur ke mereka/calon konsumen. Sebutkan keuntungan kenapa helm mereka harus dicuci misalnya, Jelas kesehatan kulit kepala juga rambut lebih terjaga dengan memakai helm yang bersih dan nyaman dipakai daripada memakai helm yang sudha bertahun-tahun tidak dicuci (apek pastinya hehehe). Bau dan noda juga bisa hilang, dan ini bisa menambah kenyaman bagi pemakai helm tersebut. Hal -hal seperti ini sebaiknya anda sampaikan dengan jelas kepada calon konsumen. Terapkan hadiah voucher pulsa untuk pencucian sekian kali (yg penting sudha menutup untuk memberi pulsa tersebut, dengan menerapkan sistem membership tentunya).

Peluang bisnis cuci helm ini memang menarik, jika cuci motor biayanya 7000-8000 rupiah, maka cuci helm bisa antara 15000-25000 rupiah, karena cuci helm memerlukan perlakuan yang khusus dan sebenarnya juga tidak terlalu repot bukan, jadi keuntungan insyaAllah cukup menarik.

Sebelum mengambil peluang usaha ini silahkan cari referensi dulu, melalui buku dan juga internet. dari situ anda bisa membandingkan antara penjual mesin satu dengan yang lainnya, franchise satu dengan franchise yang lainnya (jika anda ingin sistem waralaba). Intinya ide usaha ini insyaAllah akan terus dibutuhkan dan diperlukan oleh setiap pengendara motor. Jadi cukup lumayan jika kita bisa memanfaatkannya. Semoga sukses.

Terima Kasih
sumber gambar helm (modovikasi-motor.blogspot.com)

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.