Sabtu, 13 Juli 2013

Analisa Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ribuan orang mungkin sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan, namun hasil dari pencarian tak selalu memuaskan seperti yang diharapkan. Banyak orang mungkin mencari inspirasi usaha yang tepat lewat berbagai cara maupu media. Mulai dari mencari informasi lewat media baca seperti internet, koran, majalah, dan tabloid.

Dan tak jarang mereka belajar lewat tayangan inspirasi usaha yang ada di televisi maupun video usaha di internet. Secara mendasar banyak sekali jenis peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Itu secara teori dan kenyataan yang ada. Namun kesulitan justru banyak dirasakan oleh mereka yang baru mulai merintis usaha.

Memang, membuka usaha yang punya prospek bagus itu tak mudah. Bila menginnginkan usaha yang menguntungkan, harus ada banyak pengorbanan di sana. Tak terbatas hanya kerja keras saja, namun pengetahuan atau kompetensi di bidang usaha yang sedang digeluti juga harus benar-benar menunjang.

Usaha menguntungkan itu relatif

Saya bilang bahwa usaha menguntungkan itu relatif. Karena setiap usaha, apapun itu potensi untuk bisa untung sangatlah besar. Dalam menjalankan usaha, untuk bisa untung banyak itu harus memenuhi banyak unsur. Usaha yang menguntungkan itu bisa didasarkan ata kecocoka pelaku dengan usaha yang dijalankan.

Selain dari pada itu unsur lokasi usaha juga sangat menentukan, dimana lokasi strategis selalu jadi kunci utama untuk suksesnya suatu usaha dagang atau usaha jasa layanan. Selain dari keduanya, ada lagi yakni soal persaingan. Bahwa usaha yang bisa menguntungkan itu harusnya tak ada persaingan yang sifatnya berat dari usaha sejenis di dalam satu lokasi.

Kalaupun terdapat persaingan yang cukup berat sehingga menjadikan perang harga dan berlomba-lomba dalam memberikan layanan terbaik, maka inovasi dalam usaha harus menjadi ujung tombak untuk memenangkan persaingan dagang. Unsur-unsur tersebut amatlah penting untuk diperhatikan bagi si pelaku usaha.

Lebih tepatnya usaha yang bagaimana..?

Bagaimana kira-kita peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan itu ..? lalu apa contoh usaha tersebut?. Ok sebuah ilustrasi contoh adalah dari usaha gerobak gorengan dengan omset ratusan ribu perhari. Ada banyak alasan yang bisa membuat usaha mikro ini bisa untung berlipat-lipat.

Paling utama adalah dipengaruhi oleh rasa. Dimana rasa dari gorengan yang dijual ini haru akrab dengan selera konsumen lokal. Selain dari rasa, harga juga menenjang, kalau pun lebih mahal dari yang lain namun ukurannya lebih besar tentu tak menjadikan masalah bagi konsumen. Lalu usaha mikro semacam ini bisa sangat menguntungkan juga dipengaruhi oleh lokasi berjualan.

Dengan memanfaatkan lokasi ramai, seperti perempatan jalan, atau mengemas usaha dalam bentuk warung kopi dan gorengan, tentu menjadi daya pikat tersendiri. Lalu usaha semacam ini bisa menguntungkan juga dipengaruhi oleh faktor kebersihan, cara pengemasan, dan juga cara dalam memikat konsumen. Inti dari contoh tersebut adalah, bahwa usaha yang menguntungkan itu didukung oleh banyak faktor yang harus dikuasai oleh pelakunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.