Rabu, 03 Juli 2013

Inspirasi Peluang Usaha Budidaya Hewan Ternak


Peternakan adalah salah satu jenis peluang usaha bisnis yang dari dahulu kala hingga sekarang ini masih sangat banyak digemari banyak orang di negeri kita ini. Mulai skala kecil menengah hingga besar masih tumbuh subur di tanah air. Jika kita bisa cerdik memanfaatkan celah pasar maka bukan tidak mungkin kita akan meraup keuntungan yang cukup bagus di dalam bisnis peternakan.

Beberapa waktu yang lalu penulis mengantar seorang teman untuk mengantar berkunjung kerumah salah satu orang yang sedang menjual rumah (teman penulis adalah broker properti), dan ternyata ketika ngobrol disana, pemilik rumah ternyata seorang pengusaha budidaya lobster air tawar usut punya usut dia sudah memanfaatkan peluang usaha tersebut selama hampir 3 tahunan lebih dan lebih dahsyatnya lagi mereka sudah mulai mensuplai kebutuhan lobster di hotel hotel besar yang ada di kota besar di Indonesia. Dimulai dari usaha rumahan hingga sebesar itu ternyata mereka juga sudah memiliki lahan budidaya lobster tersebut di daerah Sidoarjo yang lebih luas lagi karena untuk memenuhi permintaan lobster tersebut yang cukup besar.

Itu sedikit cerita soal pengusaha lobster yang bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut. Ternak mereka ya ternak lobster. Nah selain itu penulis juga sudah agak lama ngobrol dengan pengusaha sapi potong yang omsetnya limayan gila-gilaan, besar sekali karena dia bisa mengirimi hampir ratusan sapi dalam setiap bulannya ke kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai luar jawa. Pengusaha sapi potong ini memang cerdik dan pintar dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada. Dia tidak membudidayakan sendiri dari kecil, namun dia berburu sapi di perkampungan penduduk dan juga pasar hewan ada yang sudah siap jual dan ada yang perlu di pelihara untuk beberapa waktu namun tidak lama karena dia mengandalkan perputaran penjuaalan sapi potong yang cukup cepat.

Dua cerita diatas hanya secuil dari sebagian pengusaha yang tidak terekpos di media masa namun mereka sudah sukses dengan bisnisnya. Pintar memanfaatkan peluang bisnis dan juga selalu berusaha dan kreatif adalah salah satu kunci sukses dari masing-masing pengusaha yang saya sebutkan diatas. Lalu bagaimana dengan anda? apa anda juga ada bakat berbisnis di bidang budidaya hewan atau peternakan bahkan bisa perikanan? Silahkan saja mencari ilmunya, sudah banyak para pelaku usaha yang bisa anda contoh, anda tinggal menambah sedikit banyak nilai tambah (value added ) di bisnis anda tersebut untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Peluang usaha budidaya kambing etawa saya rasa juga masih menjadi primadona bagi sebagian orang karena kambing jenis ini adalah kambing yang tidak biasa serta harga jualnya pun juga stabil dan cenderung bagus. Selain itu ada juga ide berbisnis burung kenari yang profitnya pun bisa lumayan jika anda telaten dan gemar dengan budidaya burung. Ada juga peluang bisnis budidaya ayam kampung, anda bisa memelihara dari kecil atau juga bisa mengambil dari penduduk dan bisa menawarkan ayam tersebut ke rumah makan soto atau rumah makan lainnya yang saya rasa banyak yang membutuhkan ayam kampung mengingat dagingnya cenderung lebih enak dan juga lebih sehat alami.

Sebenarnya masih banyak inspirasi peluang usaha dibidang budidaya hewan yang bisa kita ambil dan manfaatkan. Strategi marketing yang unik dan kreatif juga harus selalu anda gali jika ingin bersaing melawan kompetitor dengan lebih baik. Intinya dalam setiap bisnis usaha, kreatifitas sangat penting dan anda harus selalu mencari cara untuk hal tersebut. Mau mencoba? semoga sukses ya. Terima Kasih.
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.