Rabu, 17 Juli 2013

Ternak, Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Kita semua mungkin bertanya-tanya apa kira-kira peluang usaha yang menjanjikan untuk masa depan ..? ya, ada beragam peluang usaha yang mungkin kita tahu maupun belum kita ketahui sama sekali. Namun beberapa jenis peluang yang ada, tak kesemuanya bisa diandalkan sebagai peluang usaha yang bisa langgeng dalam waktu cukup lama.

Kita bisa lihat contoh paling nyata di era tahun 2000 an di mana usaha Wartel atau warung telepon merupakan usaha yang menguntungkan dan ramai dijalankan oleh mereka yang memiliki rumah atau lokasi di pinggir jalan. Tapi lihatlah sekarang.., apa yang terjadi. Usaha wartel digerus oleh perkembangan teknologi telepon celular yang begitu cepat. Dan kita pun bisa simpulkan bahwa usaha semacam ini tentu tidak bisa diandalkan dalam waktu jangka panjang atau di masa depan.

Ternak adalah jawaban pasti

Bicara mengenai peluang usaha yang menjanjikan untuk masa depan, kita bisa langsung mengacu pada kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari waktu ke waktu. Dan dari salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak bisa terhindarkan sampai kapanpun adalah kebutuhan makan. Makan adalah kebutuhan pokok yang seolah wajib dan tak bisa ditinggalkan.

Dan sumber protein hewani sangat penting bagi manusia. Untuk itu peluang usaha yang menjanjikan untuk masa depan yang peling tepat dan realistis adalah ternak. Kenapa harus ternak..? karena hewan ternak, utamanya untuk hewan ternak konsumsi, sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Manusia tentu tak hanya cukup makan dengan nasi dan tempe atau sayuran saja. Namun sumber protein juga dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan sumber protein hewani, tentu saja bisa didapat dari hewan ternak.

Bidang peternakan hewan konsumsi memang jawaban tepat untuk usaha yang bisa dijalankan dalam jangka panjang atau di masa depan. Kebutuhan akan daging konsumsi cukup besar di masyarakat kita. Lihatlah beberapa waktu lalu, bahwa pasokan daging sapi di pasaran sangat kurang sehingga harus mendatangkan stok daging sapi untuk lokal dari luar negeri.

Komodity daging sapi hanya satu contoh saja dari sekian banyak jenis hewan ternak yang dibutuhkan oleh pasar lokal. Selain kebutuhan untuk daging sapi yang cukup tinggi, kebutuhan seperti daging kambing dan susu kambing juga sangat dinanti oleh masyarakat maupun pelaku usaha kuliner.

Masyarakat memang sulit dipisahkan dari kebutuhan akan sumber protein hewani. Orang rumahan, pemilik usaha warung, tukang sate, pengelola restoran, pengelola franchise ayam goreng, kesemuanya sangat membutuhkan daging-dagng hewan konsumsi seperti ayam, sapi, kambing, kelinci, ikan dan lain sebagainya. Kebutuhan untuk daging lokal masih cukup tingi, dan ini pun menjadi kesempatan besar untuk terjun di usaha ternak. Jadi..? masih bingung mau usaha apa yang bagus di masa depan..? ternak adalah jawab pasti. Semoga menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.