Jumat, 05 Juli 2013

Peluang Usaha Jualan Busana Muslim di Bulan Puasa


Jumpa lagi di awal bulan juli 2013 ini. Menjelang bulan ramadhan/puasa kami akan mengulas sebuah peluang usaha yang berhubungan dengan dubia fashion namun disesuaikan dengan momen yang pas disaat banyak orang yang membutuhkan produk busana yang memang bisa trend di bulan ramadhan/puasa.

Pernahkah anda bayangkan bahwa penjualan busana muslim khususnya menjelang puasa dan dibulan puasa bahkan hingga mendekati lebaran adalah meningkat sangat tinggi? ada sedikit cerita dari seorang rekan yang dia menjadi agen reseller busana muslim di Jogjakarta, disaat awal bulanmendekati bulan puasa maka permintaan akan busana muslim meningkat cukup drastis, walau dia sebagai agen yang hanya beberapa saha orang pesan karena hanya melalui social media dan kurang maksimal promosi marketingnya namun ternyata cukup tinggi dibanding hari-hari biasa.

Dan produsen dimana teman kami tersebut mengambil produk busana muslim ternyata disana juga sampai kewalahan memenuhi permintaan yang memang melonjak cukup tinggi dibanding bulan-bulan lainnya. Sampai teman kami tersebut selalu kehabisan barang yang diminta konsumennya karena produsennyapun juga kehabisan stock. Semua ini berhubungan dengan awal menjelang bulan puasa dimana biasanya tiap tahun memang permintaan akan beberapa jenis fashion khususnya busana muslim meningkat cukup drastis.

Dari cerita rekan ami tersebut bisa kita simpulkan sederhana saja bahwa menjelang momen tertentu dalam hal ini mendekati bulan puasa ternyata ada sebuah peluang usaha yang siapa saja saya rasa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraup profit dari bisnis berjualan busana muslim tersebut. Apabila kita bisa cerdik memanfaatkan peluang usaha ini maka bukan tidak mungkin bisa seperti cerita yang kami sampaikan diatas kita bisa meraup profit yang cukup lumayan.

Lalu bagaimana memulainya? apakah kita bisa berjualan busana muslim sekarang ini? darimana modalnya? dan dimana kulakan grosir? nah mungkin beberapa pertanyaan tersebut bisa muncul ketika kita akan memulai peluang usaha jualan busana muslim ini.  Mungkin kita agak kreatif sedikit. Setelah kita sudah yakin akan memanfaatkan peluang bisnis ini maka kita harus menyusun langkah selanjutnya soal pemodalan untuk belanja bajunya. Kita bisa menggunakan modal sendiri maupun bisa juga modal orang lain yaitu seorang investor penyandang dana. Diskusikan dengan baik dan jelaskan peluang usaha ini dengan sistem kerjasama, untuk meminimalisir kerugian akibat baju yang tidak terjual maka anda bisa bekerjasama dengan produsen dan minta produk katalog mereka, setiap ada pesanan yang sesuai katalog maka anda tinggal pesan produk tersebut jadi anda tidak menstock barang dirumah, sistem ini bisa bekerja secara optimal jika anda berjualan secara online.

Silahkan kunjungi pusat-pusat grosir pakaian busana muslim atau juga langsung ke produsen konveksi di kota-kota anda atau sekitarnya. Diskusikan dengan mereka dan ajak kerjasama. Sesuaikan dengan sistem yang akan anda pakai apakah anda akan membeli dan menstcok barang ataukah hanya meminta katalog dan akan order ketika ada pesanan.

Manfaatkan social media seperti facebook dan twitter untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Anda juga bisa jual produk tersebut di forum jual beli online seperti kaskus atau juga tokobagus dan berniaga serta website direktori jual beli sejenis.

Semoga sedikit gambaran mengenai peluang usaha jualan busana muslim ini bisa menjadi salah satu referensi yang bisa anda manfaatkan suatu saat nanti. Semoga sukses dan terima kasih.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.