Kamis, 18 April 2013

Beberapa Hal Yang Harus Dicermati ketika Berbisnis Baju Online

Di rumah istri anda mungkin memiliki hobi mendesain dan mengkreasi baju untuk kemudian dijual kepada teman-teman sekantornya. Atau bisa saja anda memang memiliki keahlian membuat pernak-pernik kecil untuk dijual kepada tetangga sekitar rumah anda. Pernahkah anda berpikir untuk melakukan ekspansi bisnis? Apakah anda puas dengan hasil yang ada? Mungkin tidak. Namun anda bisa mulai berpikir melakukan ekspansi bisnis dengan melirik pada peluang yang diberikan oleh dunia internet. Artikel ini akan menyajikan tema tentang bagaimana anda bisa memulai bisnis baju online. Sebagaimana namanya, bisnis baju secaraonline berarti anda menjual barang secara online. Ada banyak saluran yang bisa digunakan, misalnya menggunakan forum jual beli di situs tertentu atau membangun situs e-commerce. Yang pertama lebih mudah digunakan, dan lagipula tidak membutuhkan biaya sedikitpun. Sementara yang kedua membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. 


Mana yang harus Dipilih?
Jika anda bertanya mana dari kedua alternatif bisnis baju online yang bisa dipilih, maka jawabannya adalah yang pertama. Meski demikian, yang kedua juga bisa menjadi alternatif, dengan catatan anda memiliki modal untuk membangun e-commerce. Modal yang mesti disiapkan tidak sedikit, karena anda perlu menyiapkan uang untuk menyewa hosting, biaya promosi, dan mempersiapkan akun media sosial seperti Facebook atau Twitter untuk mendukung situs jualan anda. 

Beberapa hal Yang harus Dicermati
Selain hal-hal teknis seperti yang disebut di atas, anda juga perlu fokus kepada beberapa hal ketika bermaksud menggarap bisnis baju online:
  • Bagaimana desain baju yang ingin anda jual, dan siapakah orang yang ingin anda sasar? Desain baju menjadi sebuah dasar yang harus anda perhatikan dengan baik. Perhatikanlah beberapa hal berikut: untuk siapa baju anda buat? Siapa konsumen yang anda sasar? Dan bagaimana anda bisa memuaskan keinginan mereka.
  • Mengetahui jawaban atas beberapa pertanyaan di atas membantu anda memetakan nilai produk anda. Kemudian anda juga perlu melakukan hal lain seperti menghitung pengeluaran yang diperlukan untuk beriklan di berbagai media dan jejaring online.
  • Jika perlu, tambahkan sedikit artikel review atau tulisan mengenai setiap produk baju yang anda jual. Ini akan membantu konsumen anda menentukan pilihan terbaik untuk produk baju yang akan mereka beli.       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.