Selasa, 30 April 2013

Peluang Usaha Kuliner Delivery Order

Masih berhubungan dengan sebuah peluang usaha dibidang kuliner, kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai bisnis kuliner namun dengan servis delivery order (pesan antar). Okay langsung saja, beberapa hari yang lalu ketika saya dna rekan sedang dalam perjalanan di salah satu jalan ringroad utara di Yogyakarta. Saat itu disamping kami ada sebuah mobil pick up tertutup yang dibelakangnya ada gambar menu makanan warna warni khas sebuah produk kuliner. Saya pikir ini mobil apa? eh ternyata itu adalah sebuah mobil yang sedang mengantar pesanan makanan ke beberapa tempat sepertinya jika melihat tulisan yang ada di mobil tersebut bahwa mereka menerima pesan antar jenis makanan yang tentunya mereka jual.

Mungkin sedikit gambaran model bisnis diatas sebenarnya merupakan model bisnis yang sudah ada sebelumnya. Perusahaan besar seperti Pizza Hut, KFC dan sejenisnya melayani servis seperti ini juga. Nah jika kita ingin memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner tentu saja kita bisa mengambil ide delivery servis tersebut, karena itu merupakan nilai tambah. Sebagai contoh yg sudah memanfaatkan peluang bisnis delivery order ini adalah sebuah perusahaan makanan namun jenis seafood yang mereka sudah melayani beberapa kota di Indonesia. Screenshoot bsia dilihat dibawah ini.
website diatas adalah website kraukk.com sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner seafood namun mereka menyediakan servis antar kepada konsumennya. Memang itu merupakan sebuah layanan tambahan yang berbeda menurut saya. Konsumen tinggal meemsan dan produk makanan sudah sampai dirumah dan konsuemn tidak harus keluar rumah.

Peluang bisnis yang menambahkan layanan khusus seperti pesan antar diatas memang membutuhkan cost/biaya tambahan lagi bagi pengusahanya, karena perlu biaya bbm, biaya kurir dan tentunya biaya terkait lainnya misal penyusutan kendaraan, namun semuanya memang harus diperhitungkan dengan matang karena itu merupakan layanan tambahan yang bisa membuat konsuemn tetap setia bahkan selalu bertambah. Dan tentunya jenis kuliner yang diantar juga harus anda pilih, sekiranya jenis yang tidak mudah tumpah atau bagaimana silahkan anda survey dan tentukan.

Jika anda mengambil ide usaha ini maka strategi marketing harus cukup bagus. Tetap sosial media, brosur, ikan baris di koran menjadi sebuah pilihan yang cukup bagus untuk melancarakan promosi anda ini. SIstem membership akan memudahkan anda memanage dan menjaga loyalitas konsumen. Promo tertentu yang bisa anda sajikan ke kosumen di waktu-waktu tertentu saya rasa bisa membuat peluang usaha jenis ini akan semakin diminati konsumen anda nantinya.

Silahkan rencanakan ide bisnis ini dengan cukup baik, analisa kebutuhan modal poduksi dan juga marketing. Dan tentunya layanan tambahan seperti delivery order menjadi sebuah layanan yang harus diperhitungakan karena saya rasa ini akan diminati konsumen anda nantinya. Terima Kasih
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.