Senin, 08 April 2013

Ide Bisnis Jualan Pakaian Muslim Untuk Anak


Mungkin anda juga setuju jika ada pernyataan yang menyatakan bahwa ide bisnis jualan pakaian itu seakan tidak ada henti-hentinya, perputaran bisnisnya terus berlanjut dan akan terus berkembang kedepan nantinya. Saya rasa hal itu ada benarnya juga bahwa pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang memang sangat dibutuhkan dari waktu ke waktu, oleh karena itu jika kita bisa memanfaatkan peluang usaha ini saya rasa merupakan ide yang cukup bagus.

Di artikel kali ini saya coba mengulas sedikit mengenai prospek peluang bisnis berjualan pakaian muslin tapi khusus untuk anak. Kenapa hanya untuk anak? ya ini hanya opsi saja selain anak-anak merupakan salah satu market yang besar untuk bisnis pakaian dan khususnya pakaian muslim tersebut. Lalu bagaimana kita melakukannya? bagaimana jika kita tidak memiliki modal yang cukup banyak untuj belanja atau kulakan? bagaimana mengatasi hal tersebut? dan tentu saja strategi marketing yang bagus itu seperti apa? marilah coba kita ulas sedikit mengenai beberapa hal itu.

Bagaimana kita mensiasati dan menjalankan ide usaha ini? karena sayang jika kita sudah serius ingin memanfaatkan peluang bisnis ini namun buntu ditengah jalan atau malah buntu dari awal tidak tahu atau masih bingung bagaimana memulainya. Langkah pertama adalah apakah anda ingin memproduksi sendiri semua pakaian muslim anak tersebut atau hanya mengambil dari produsen? itu harus ditentukan diawal. Jika anda memiliki SDM dan juga modal untuk kulakan kain dan peralatan konveksi tentu saja memproduksi sendiri merupakan salah satu pilihan yang cukup bagus tapi tentu saja modal yang dikeluarkan juga perlu ada modal awal untuk melengkapi kebutuhan alat dan juga sarana prasarana lainnya itu tadi. Jika itu belum memungkinkan maka anda bisa menghubungi grosir pakaian muslik khusus untuk anak dan langsung kulakan secara grosir disana, ini tentu saja meminimalisir modal, namun anda hanya bisa mengandalkan stock yang ada di produsen tersebut. Unuk mengatasi jumlah stock yang dikhawatirkan terbatas anda harus mencari banyak produsen atau lebih dari satu produsen.

Perlu diketahui juga bahwa kadang kita terkendala modal entah itu modal untuk opsi satu yaitu memproduksi sendiri busana muslim tersebut atau opsi kedua berbelanja kulakan dalam jumlah banyak atau grosir. Kedua opsi tersebut harus ada modal terlebih dahulu, lalu bagaimana jika modal kita mepet? bagaimana mengatasinya? Kita harus mencari siasat dan cara dong jika memang keinginan kuat untuk menjalankan peluang usaha ini memang besar. Anda bisa mencari investor untuk diajak kerjasama, mereka yang modali anda yang mengoperasikannya, buat perjanjian dan bagi hasil yang fair. Ingat sebaiknya investor adalah kerjasama murni jangan berbentuk perjanjian hutang piutang. Anda harus bisa meyakinkan ke pihak investor bahwa ini adalah bisnis yang cukup bagus dan prospek, dan semua resiko harus diketahui sejak wal pembiacaraan, jangan sampai ada yang ditutupi diawal. Jiak semua jelas diawal maka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka investor juga sudah mengetahui sejak awal dan akan lebih enak nantinya.

Selain itu untuk memulai usaha ini anda bisa juga kerjasama dengan perusahaan konveksi itu sendiri, begitu ada order anda baru mengambil produk yang dipesan, dan tentunya order yang sudah mentransfer uang ke anda, jadi anda ke produsen sudah siap membawa uang untuk kulakan. Sebenarnya semua itu simple, bagaimana kita meyakinkan pihak produsen atau investor dan tentunya dengan marketing yang bagus maka usaha ini insyaAllah akan berjalan dengan cukup baik nantinya.

Bagaimana memasarkan peluang usaha jenis ini? apakah door to door? atau lewat media lainnya? Diartikel lainnya di blog ini sebenarnya sudah banyak dibahas bagaimana kita memasarkan produk dengan efektif. Anda bisa menggabungkan sistem pemasaran online dan juga offline. Banyak cara yang bisa ditempuh, aktif di social media dan juga di organisasi lainnya merupakan salah satu bagian dari strategi marketing yang bisa dilakukan. Kreatifitas dan keuletan harus terus dipupuk jika kita ingin serius menjalankan ide bisnis jualan pakaian muslim khusus anak ini. Apakah anda tertarik? silahkan cari referensi produsen dan riset harga pasaran sehingga anda bisa kulakan dan menjual produk ini dengan harga yang cukup kompetitif. Terima Kasih

Catatan : sumber gambar bilqista.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.