Sabtu, 13 April 2013

Peluang Bisnis Kue Leker Unik Anak - Anak SD

Kali ini saya akan mencoba menulis mengenai peluang bisnis makanan khususnya untuk anak-anak sekolah dasar yang sebagai konsumennya. Bermula dari siang tadi 12 april 2013 ketika jam anak-anak SD pulang sekolah khususnya kelas 1, penulis melihat banyak anak-anak berkerumun di salah satu pedagang yang ada diepan sekolah mereka. Penasaran dengan kondisi seperti itu akhirnya sayapun mendekat dan ternyata seorang pedagang kue sedang asik meracik dan memasak kue dagangan dia sambil dikerumuni anak-anak SD yang sedang ngantri disekitarnya.

Saya tanya kepada penjual tersebut dagangan apa itu? dan dia menjawab "ini seperti kue leker yang biasanya itu lho mas" jawab dia. Tapi dalam pikiran saya ini kue kok disajikan dengan kertas yang dibuat kerucut jadi terkesan unik seperti kipas namun agak ditekuk dan akhirnya mengerucut dan mudah dipegang oleh tangan anak-anak. Dibawah ini ada sedikit video mengenai usaha kue leker model kerucut yang penulis ambil melalui kamera handphone.

 
Video proses meracik dan memasak kue leker model kerucut.

Dari kejadian ini sebenarnya bisa kita tangkap mengenai inspirasi ide bisnis yang ada. Menurut saya makanan kue leker adalah makanan yang biasa saja, namun jika dikemas dengan penyajian yang unik dan menarik seperti halnya pedagang yang satu ini maka akan lebih menjual dari sisi marketing khsusunya jika dipasarkan ke anak-anak sekolah dasar. Bentuk yang tidak biasanya membuat kue ini diminato anak-anak mungkin karena penasaran kali ya?.

Photo kue leker kerucut

Ini jelas merupakan sebuah peluang bisnis yang menarik. Anda bisa saja mencoba membuat hal serupa atau bisa saja lebih kreatif dalam penyajiannya tentu saja akan bisa menarik minat konsumen anak-anak SD tersebut. 


Yang perlu diingat juga jika kita ingin fokus menjalani peluang usaha kuliner khususnya makanan bagi anak-anak, kualitas makanan dan bahan baku khususnya yang berkaitan langsung dengan kesehatan menjadi hal yang paling utama yang harus dijaga. Sebisa mungkin anda menggunakan bahan-bahan yang sehat, legal, serta tidak berbahaya. Intinya bikin senatural/sealami mungkin dan dengan cara ini akan menambah nilai jual lagi misalnya di gerobak atau tempat dagangan anda nantinya bisa dituliskan besar-besar "Makanan sehat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan" misalnya seperti itu. Karena mengingat anak-anak SD ini juga dijemput oleh orang tua mereka tentunya orang tua akan menyarankan anaknya untuk beli jajanan yang sehat dan bergizi bukan?.

Jelas ide bisnis kuliner untuk anak-anak masih sangat terbuka lebar. Contohnya saja jual kue leker bentuk runcing kerucut ini nyatanya juga pada ngantri pembelinya. Unik dan menarik serta rasanya yang enak membuat anak-anak suka dengan model jajanan seperti ini. Jika anda serius ingin memanfaatkan peluang usaha ini saya rasa hal-hal yang saya sampaikan diatas tadi seperti menjaga kualitas bahan baku dan juga kreatifitas penyajian atau pengemasan harus benar-benar diperhatikan.

Seian kue leker tersebut, kuliner yang lainnya saya rasa bisa menjadi opsi juga dan silahkan berkreasi dan ingat bahwa dalam perencanaan strategi bisnisnya adalah market pasar anak-anak SD jadi sebisa mungkin sesuatu yang digemari oleh anak-anak harus menjadi perhatian yang lebih jika anda mengelola ide bisnis ini. Mungkin sedikit saja yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa menjadi salah satu inspirasi buat kita semua yang sedang mencari ide-ide peluang usaha di tahun 2013 ini. Terima Kasih.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.