Selasa, 08 Januari 2013

Mari Berburu Usaha Sampingan Tanpa Modal

usaha sampingan tanpa modal
Sebuah bisnis atau usaha sampingan tanpa modal, pastinya banyak diinginkan bagi kita yang tak punya cukup uang untuk membuka usaha seperti toko, jasa atau usaha jenis lainnya. Hari giniii.. gak.. mau mengeuarkan modall...?? mau usaha apa?? emang bisa ya..??? eitss.. jangan buru-buru pergi atau tiak mau melanjutkan baca. Semua hal bisa saja mungkin kita lakukan, asal ada kemauan serta kerja keras, tak erkecuali untuk usaha sampingan tanpa modal ini.

Kebanyakan karyawan dengan pendapatan atau gaji bulanan yang jumlahnya belum ideal, mencari usaha sampingan adalah satu alternatif agar kondisi keuangan diri maupun keluarga bisa tabil. Maka tak heran bila kini banyak sekali karyawan kreatif dan inovatif yang mampu menghasilkan uang meski mereka tak memiliki modal uang. Ini sangat mungkin dilakukan, namun ini dikhususkan bagi mereka yang paham mengenai sistematika usaha sampingan tanpa modal. Sekali lagi, hanya untuk mereka yang paham. Bagaiamana untuk memahami sistematika usaha sampingan tanpa modal bagi kita yang belum paham??? simak ini.

Jangan mendewakan modal

Sekali lagi ini hanya untuk kita yang siap berbisnis tanpa modal. Yang utama adalah hapuskan prinsip bahwa untuk mendirikan usaha harus menggunakan banyak modal terlebih dulu. Sesuai logika memang benar adanya, namun bila harus menabung untuk mengumpulkan modal, maka akan sangat lama dan tidak efektif. Bagi karyawan kreatif, usaha sampingan tanpa modal bukan suatu hal yang sulit. Para karyawan kreatif bisa mencoba segmen bisnis jasa jual beli property maupun tanah yang dipasarkan lewat media online semacam forum jual beli atau situs jual beli gratis.

Prinsip bahwa “untuk mendirikan usaha harus ada modal dulu” nampaknya perlu kita hapus pelan-pelan. Karena pada dasarnya manusia adalah gudangnya ide yang mampu menggerakkan sistem dengan ide-ide kreatifnya. Modal bisa pinjam ke bank dengan agunan yang kita miliki, asal bisnis yang akan kita jalankan, sudah terukur prospek ke depannya.

Jasa dan kreatifitas

Seperti yang sudah disinggung secara singkat bahwa modal itu bisa berupa ide kreatif maupun modal pinjaman dari bank, namun pada dasarnya usaha sampingan tanpa modal yang bisa kita pilih itu adalah dari dua segmen usaha yakni jasa dan kreatifitas. Untuk bisnis jasa misalnya, jasa seperti makelar atau jasa penjual, sangat mungkin dijalankan oleh karyawan, asal bisa mudah bergaul dan mampu mengumpulkan informasi job baik di dunia nyata maupun maya.

Dan juga sangat penting untuk bisa mampu membagi waktu istirahat dan waktu menjalankan bisnis atau usaha sampingan. Untuk segmen kreatifitas, contohnya tentu ada banyak, dan diantaranya adalah menulis buku atau membuat e-book tutorial. Ngeblog dan menuangkan ide menulis juga boleh Anda coba untuk mengais dolar dari bisnis online lewat blog gratisan. Kreatifitas kita dalam hal didik mendidik juga bisa dijalankan lewat usaha sampingan dengan menerima les privat di rumah untuk segmen mata pelajaran maupun kesenian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.