Sabtu, 19 Januari 2013

Mau Peluang Usaha dengan Modal Kecil? Simak Baik-Baik

Peluang usaha dengan modal kecil
Prospek bagus akan sebuah usaha itu tak hanya dari usaha yang berskala besar saja, dari peluang usaha dengan modal kecil yang ada di sekitar kita, sebenarnya cukup banyak yang bisa kita pilih. Tapi sebelum memilih, simak dulu yang ini.

a. Semua diawali dari diri sendiri

Bila seseorang mengkehendaki sebuah perubahan dalam dirinya, tentu semuanya didasari dari minat serta niat. Tak terkecuali dalam hal mencari peluang usaha dengan modal kecil. Bila diri cukup tertarik terhadap sebuah peluang usaha, maka ada banyak upaya yang bisa dilakukan agar dapat menentukan jenis usaha kecil yang tepat dan cocok sesuai dengan karakter yang dimiliki. Salah satunya adalah mulai memahami bagaimana sebuah sistem usaha yang ada di sekitar.

Ini bisa jadi inspirasi awal yang cukup mendukung untuk kita semakin memantabkan diri pada dunia usaha meski skalanya adalah kecil. Lihatlah usaha-usaha kecil di sekitar kita, ada warung makan, ada kios kecil, ada warung es, ada warung bakso, dan potong rambut, kesemuanya merupakan usaha-usaha kecil yang tak jarang memiliki income besar setiap harinya untuk ukuran kawsan ramai.

Kita pun bisa mengamati mengenai kebutuhan masyarakat sekitar terhadap sebuah usaha yang belum terdapat di suatu tempat, dan ini bisa menjadi inspirasi positif untuk kita dapat menemukan ide peluang usaha dengan modal kecil yang cocok untuk kita dirikan.

b. Lingkungan sangat menentukan

Lingkungan tentu menjadi kunci penting untuk sebuah usaha. Namun itu bila Anda memilih mendirikan usaha di lingkungan Anda maupun berupa usaha rumahan. Mengenai lingkungan dimana Anda tinggal, tentu harus pandai-pandai menganalisa bahwasanya “kira-kira usaha apa yang belum ada, namun masyarakat sekitar kita sangat membutuhkannya”. Ini jawabannya tentu Anda sendirilah yang tahu, karena yang bisa menganalisa mengenai kondisi lingkungan Anda adalah Anda sendiri.

Selain itu perlu dipikirkan pula tentang potensi lingkungan Anda akan daya beli terhadap suatu produk atau jasa layanan yang akan Anda dirikan. Suatu contoh misalnya, Anda pandai dalam hal potong rambut, namun di sekitar Anda sudah terdapat beberapa usaha potong rambut, maka bila Anda membuka usaha yang sama, maka Akan tidak efektif bukan??

Terkecuali bila Anda beda konsep dengan mereka. Namun bila Anda perkirakan masyarakat sekitar Anda merupakan konsumen yang kurang konsumtif, maka Anda bisa melirik beberapa tempat lain yang nampak bagus prospek konsumennya, misal di wilayah yang terdapat kos-kosan, dekat kampus, dekat wilayah perkantoran, dan lain-lain.

c. Pelajari beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang ada

Belajar bukanlah hal yang membosankan, tanpa belajar sudut pandang kita akan sama dengan kemarin. Untuk itu dirasa perlu mengamati serta mempelajari tentang aneka usaha kecil yang prospeknya nampak bagus, meski hanya lewat media baca. Misal Anda hendak mendirikan usaha produksi makanan jenis tertentu, pastinya Anda akan perlu mempelajari mengenai bahan baku, bumbu, harga bahan baku, teknik marketing, promosi dan lain-lain. Tentunya hal serupa juga berlaku untuk usaha-usaha dagang jenis lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.