Minggu, 20 Januari 2013

Mungkinkah Peluang Bisnis Musiman Akan Berulang?


Berbicara mengenai usaha musiman yang ada di sekeliling kita, maka di artikel kali ini penulis mencoba mengulas sedikit mengenai ide peluang bisnis musiman yang bisa kita ambil entah itu sifatnya sebagai usaha sampingan atau bahkan menjadi kegiatan yang sifatnya rutinitas dalam kurun waktu tertentu. Ide bisnis apa yang sebenarnya bisa menjadi kegiatan dalam periode tertentu yang bisa kita manfaatkan? Sebelum itu sebaiknya kita melihat beberapa tahun yang lalu, karena dengan melihat dan mempelajari trend di tahun-tahun sebelumnya maka kita akan bisa menyimpulkan bahwa ada beberapa jenis ide bisnis sampingan yang bisa kita ambil lagi dan ulang-ulang lagi.

Langusng mengarah ke topik ulasan bahwa bisa dikatakan bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah didalamnya. Selain amalan ibadah yang luar biasa di lipat gandakan pahalanya, dibulan ini ada beberapa bisnis usaha yang kemungkinan omsetnya akan melonjak dibanding bulan-bulan lainnya. Misalnya saja usaha kuliner, nah dalam satu bulan ramadhan coba perhatikan, disepanjang pinggir jalan yang di hari biasa tidak ada penjual makanan-minuman, maka di bulan ramadhan akan sangat banyak pedagang kuliner yang menjual makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa masyarakat sekitar. (kondisi ini dijumpai di ruas jalan tertentu tergantung kota masing-masing). coba kita bahas agak lebih detail mengenai peluang usaha musiman di bulan ramadhan tersebut dibawah ini.

Bisnis Musiman Kuliner Bulan Ramadhan

Menjual makanan dan minuman yang disajikan untuk berbuka puasa ternyata menjadi bisnis yang unik dan banyak yang menjalaninya selama bulan puasa. Mengingat mayoritas penduduk kita yang berpuasa di bulan tersebut, maka bisnis kuliner akan sangat menjanjikan apalagi jika menu makanan kita bervariasi. Ada sebagian bahkan mungkin saja banyak orang yang memilih untuk membeli saja makanan dan minuman untuk berbuka puasa daripada memasak sendiri.

Nah apabila kita bisa memanfaatkan peluang bisnis ini tentu saja kita bisa meraih profit didalamnya. Lalu bagaimana apabila kta tidak bisa masak? apa solusinya padahal kita ingin menggeluti bisnis musiman yang satu ini. Menurut saya anda bisa mengajak kerjasama beberapa rekan dan kolega bahka keluarga, coba cari tahu siapa yang bisa masak, lebih enak bagi-bagi tugas, ada yang memasak ada yang mengemasi dan ada juga yang mempersiapkan lapak dagangan dan tempat di pinggir jalan yang akan anda pakai berjualan nantinya. Dengan membagi tugas tentu saja akan lebih efektif karena mengingat sebulan full anda akan menggeluti bisnis ini nanti, dan bisa dikatakan usaha ini sangat menjanjikan. Cari tempat yang strategis, apabila ada daerah kampus maka didaerah itu akan lebih prospek mahasiswa/mahasiswi/anak kost yang akan menjadi konsumen terbesar anda nantinya.

Jual Busana Lebaran

Untuk peluang bisnis menjual busana lebaran saya rasa juga menjadi salah satu ide usaha sampingan yang cukup bagus. Mengingat banyaknya kebutuhan atau konsumsi busana lebaran dari tahun ke tahun maka bisnis ini bisa dikatakan tidak ada habisnya. Sangat mudah dilakukan,  bahkan sebulan sebelumnya anda sudah bisa survey market atau bisa juga membuka blog dan juga berjualan di facebook atau media sosial serta chanel perdagangan online lainnya seperti tokobagus, indonetwork, dan sejenis lainnya.

Anda bisa kerjasama dengan pemilik toko busana di pasar grosir lokasi terdekat dengan anda, entah itu ambil dan membayar setelah produk terjual atau bagaimana sistemnya silahkan ajak mereka diskusi dan kerjasama. Intinya anda membantu menjualkan produk busana mereka. Opsi itu dipilih jika kita memang minim modal. Jika ada modal anda bisa membeli secara grosir dan menjualnya kembali ke beberapa tempat baik offline maupun online. Jika dirasa cukup berat dilakukan sendiri maka bisnis sampingan ini bisa dilakukan dengan mengajak teman atau kerabat anda. Diskusikan sebaik mungkin dan rencanakan strategi yang cukup baik sehingga dalam memasarkan nanti bisa lebih efektif. Perlu diingat ini hanya bisnis musiman yang kadang tidak bisa anda lakukan di bulan lainnya, namun jika masih bisa anda teruskan maka bisa lebih baik :).

Dua jenis ide usaha sampingan diatas bisa dikatakan merupakan peluang bisnis musiman yang profitnya bisa melonjak di periode dan bulan tertentu. Melihat fenomena tersebut bagi sebagian orang yang berani dan mempunyai tekad untuk berbisnis dan memanfaatkan moment tersebut tentu saja akan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup wow..

Memang semua peluang itu harus dicerna dan dipikir dengan baik sebelum memulainya, tapi keberanian untuk mengambil sikap dan tindakan untuk take action segera tidak kalah pentingnya. Jadi apakah bisnis musiman seperti diatas akan berulang? saya rasa anda mempunyai jawabannya. Jika anda ingin mencobanya, kami admin nekatusaha mengucapkan semoga sukses buat Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.