Rabu, 09 Januari 2013

Mensiasati Usaha Online sebagai Usaha Sampingan Kita

Apakah anda salah satu yang sedang mencari informasi seputar usaha online? dan bertujuan menjadikannya sebagai usaha sampingan ditengah-tengah kesibukan dan rutinitas anda sehari-hari?. Jika iya, saya rasa saya juga sependapat dengan anda bahwa bisnis online adalah salah satu kegiatan sampingan yang cukup menjanjikan karena mempunyai banyak keuntungan entah itu dari sisi waktu serta biaya operasional.

Lalu jenis kegiatan apa yang bisa kita ambil di tahun 2013 ini. Apakah masih banyak peluang usaha khususnya di bidang online yang masih menarik dan prospek kedepan nantinya? tenang saja, saya rasa semua jenis usaha dari tahun ke tahun itu sama saja hanya mungkin ada pengembangan dan pelebaran jenis bisnis di tahun-tahun yang baru setelahnya.

Begini, menurut saya sebaiknya kita mencari beberapa jenis usaha yang memang benar-benar tidak membuat kita repot dalam mengurusnya nanti, karena memang kita dari awal sudah berniat bahwa ini adalah sebuah bisnis sampingan dan bukan pekerjaan yang utama tapi ya harus kita pikirkan juga bahwa usaha tersebut harus menghasilkan cukup profit dan jangan hanya membuang waktu kita. Bisa jadi keuntungan yang didapat dari kegiatan paruh waktu ini malah lebih besar dari penghasilan pekerjaan pokok yang kita jalani lho.
Menjadi makelar dengan memanfaatkan media internet menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat menurut saya dan jenis pekerjaan ini sudah banyak yang menjalani entah itu makelar properti, kendaraan bermotor, pakaian, marchendise, dan berbagai produk lainnya. Banyak yang memanfaatkan media internet untuk memasarkan produk-produk tersebut secara online baik itu melalui social media seperti Facebook, Twitter, dan media komunitas chat misal BBM,WhatsApp,  dan juga dengan membuka toko online sendiri bisa blog atau webiste. 

Dengan memanfaatkan media online sebagai sarana marketing kita maka waktu dan juga biaya marketing bisa ditekan sedemikian rupa sehingga usah online ini bisa jadi terus berjalan karena minimnya modal yang dibutuhkan. Dan hal ini sangat tepat jika kita memang berencana membuka usaha sampingan.

Seperti di salah satu artikel yang ada di blog ini bahwa makelar properti menjadi salah satu ide bisnis yang menarik. Kali ini cobalah kita manfaatkan media online sebagai sarana marketingnya. Silahkan cari melalui internet atau koran siapa saja yang menjual rumah atau tanah dan pustuskan untuk mengontak mereka lalu sampaikan pada mereka bahwa anda akan membantu menjualkannya tentu saja dengan komisi atau fee yang bisa disepakati disitu. Sebisa mungkin carilah lebih dari 5 produk properti untuk dijual melalui media online di tahap awal. Dengan 5 sekaligus maka semangat anda akan berbeda jika dibanding hanya menjual satu produk saja. Jual melalui media social, forum jual beli, dan bahkan bisa anda buat blog sendiri khusus memuat semua dagangan properti anda tersebut tentu saja dengan detail dan harga serta informasi kontak anda. Jika rajin mempromosikannya insyaAllah akan berjalan dengan lancar dan bukan tidak mungkin akan menghasilkan profit yang luar biasa. Dan respon konsumen melalui BBM, email, chat, atau SMS dan telepon bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja disela-sela kegiatan anda.

Bisnis menjual pakaian secara online juga bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang cukup bagus. Media online menjadi salah satu yang perlu anda manfaatkan sebagai sarana marketing nantinya. Silahkan cari dan kontak produsen konveksi di daerah anda bahkan bisa diluar daerah anda untuk diajak bekerjasma menjualkan produk mereka. Tentu saja dengan bagi hasil yang anda sepakati sebelumnya. Dari beberapa perusahan konveksi terkadang memungkinkan anda untuk membuat merek sendiri. Jadi anda bisa punya brand atas nama sendiri dan tidak memerlukan biaya untuk memproduksinya. Menurut saya ini adalah salah satu usaha online yang cukup menarik dan menjanjikan karena bisnis pakaian seakan tidak ada matinya.

Disamping kedua contoh usaha diatas sebenarnya masih banyak lagi jenis bisnis yang bisa anda manfaatkan. Intinya gunakan internet untuk mempermudah kegiatan tersebut, dan di artikel lainnya blog ini masih banyak diulas berbagai ide peluang usaha, silahkan di cari ya.

Ohya, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam usaha online adalah anda harus siap merespon pertanyaan dan juga pesanan konsumen secara cepat. Respon yang cepat  selain membuat calon pembeli anda akan lebih nyaman karena apa yang mereka tanyakan bisa terjawab dengan segera. Selain itu juga, respon cepat ke konsumen  bertujuan untuk meminimalisir gagal order yang kadang terjadi jika kita terlalu lama menjawab orderan konsumen. Bisa jadi tahu-tahu konsuemn sudah belanja ke toko sebelah padahal sebelumnya sudah bertanya produk kita hehe. Oleh karena itu siapkan sebuah gagdet entah itu Blackberry atau iPhone atau Android yang memungkinkan anda bisa selalu online dimana saja dan kapan saja dalam rangka melayani konsumen walaupun ini hanyalah usaha sampingan saja. 

Di tahun 2013 marilah kita mulai memanfaatkan media internet dengan lebih bijak untuk menambah penghasilan kita. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.