Senin, 07 Januari 2013

Tangkap Peluang Usaha Budidaya Burung Kenari



Untuk artikel kali ini saya ingin mencoba mengulas sedikit mengenai sebuah peluang usaha yang bisa dikatakan fondasinya adalah hobi. Hobi memelihara burung khususnya burung kenari ternyata jika bisa mensiasati akan menjadi perantara mendatangkan rejeki bagi kita. Ingin tahu caranya? marilah kita sedikit intip budidaya burung kenari yang bisa mendatangkan fulus tersebut.

Berawal dari cerita dan ngobrol dengan teman main yang dia memang hobi berternak mulai dari ayam hingga burung. Maka saat itu masuklah ke perbincangan mengenai sebuah burung yaitu Kenari. Hewan yang satu ini selain menarik untuk dilihat dan didengar kicauannya, nilai bisnis dari burung kenari lumayan menjanjikan. Banyak yang sudah mencoba beternak dan membudidayakannya lalu berbisnis jual beli dan akhirnya banyak yang sukses juga. Dibawah ini video pendek yang kami ambil di tetangga kami yang memang dia hobi juga memelihara burung kenari.
            
video burung kenari ini dibuat oleh nekatusaha sendiri
Lalu bagaimana kita memulai bisnis budidaya burung kenari ini? Bagaimana tips dan strateginya? lalu apa butuh modal yang besar? resiko apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana meminimalisir resiko tersebut? Sebelum itu, sebaiknya kita memahami dulu seluk beluk mengenai burung yang satu itu. Apa sja jenisnya, bagaimana typical masing-masing jenis tersebut, dan bagaimana penangannya. Sebenarnya sanagat banyak artikel yang membahas mengenai perawatan, bagaimana cara memilih burung kenari yang baik, silahkan cari informasinya di internet sangat bervariatif info yang bisa anda dapatkan nanti. Namun di artikel kali ini saya hanya memberikan gambaran peluang bisnisnya saja untuk mengenai burung kenari hanya diulas sedikti dan saya ambil salah satu artikel dari sebuah blog anda bisa download filenya KLIK DISINI. Dan Anda bisa mempelajarinya untuk mengenal lebih lanjut apa saja yang berhubungan dengan burung ini. Jika kita memang memanfaatkan peluang usaha membudidayakan burung kenari maka sebaiknya anda baca lebih lanjut di file PDF tersebut.


Yang ingin saya share informasi mengenai ide bisnisnya adalah berdasar pengalaman teman saya sendiri. Dimana dia memang hobi dalam memelihara burung yang satu ini. Dia mulai berternak dengan membeli kenari jantan dan kenari betina. Dengan sistem perkawinan dua jenis kenari tersebut maka nanti akan menghasilkan turunan yang bisa dijual dalam usia 1 bulanan saja. Sekitar dua tahun yang lalu satu anakan kenari bisa mencapai Rp.80.000 dan dalam satu eraman bisa menghasikan rata-rata 2-6 telur. Masa eraman kurang lebih sekitar 21 harian. Ohya masa perkawinan hingga bertelur kurang lebih sekitar 2 mingguan. Jika kita bisa memiliki 5 indukan jadi lumayan hasilnya ntuk bisnis sampingan.

Gambaran untuk harga pejantan kurang kebihRp.250.000-Rp.350.000 untuk kenari jantan lokal. Jika non lokal biasanya lebih mashal karena kualitas juga lebih bagus. Kata teman saya sih.. :). Dan untuk harga kenari betina adalah sekitar Rp.200.000-Rp.250.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu silahkan cek harga dipasaran saat ini.

Untuk kandang dan juga makanan saya rasa tidak begitu susah. Jika anda beli makanan burung kenari di tempat penjual makanan burung saya rasa mereka sudah tahu dan mengerti jenis makanan apa yang cocok untuk burung tersebut. Ini sebenarnya salah satu peluang usaha sampingan yang bisa kita ambil dan jalakan tanpa banyak menyita waktu. Jika berminat silahkan dicoba. Jika sudah mencoba semoga anda sukses dengan bisnis ini. Amin.


Catatan : gambar sumber : burung-kenari-mania.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.