Rabu, 30 Januari 2013

Waralaba Murah Apakah Sebuah Solusi Bisnis Usaha?

Mungkinkah waralaba murah menjadi salah satu peluang usaha bisnis yang menjanjikan? marilah sedikit kita ulas mengenai hal ini.

Jika kita berbicara mengenai sebuah sistem waralaba maka dalam pikiran kita mungkin terbesit bahwa bisnis waralaba merupakan sebuah kesempatan yang bisa dikatakan untuk mempersingkat "kesuksesan" sebuah bisnis usaha. Karena dengan mengambil peluang bisnis waralaba ini maka semua sistem sudah disiapkan dan kita hanya sebagai pemodal saja dan bisnis langsung bisa jalan tanpa perlu repot mempersiapkan sejak awal lalu kita tinggal melihat dan menunggu keuntungan saja.
Mungkin bisa dikatakan seperti itu walaupun  tidak sepenuhnya benar juga karena jika kita berbisnis tentu saja peranan kita dalam mengelolanya (manajemen bisnis) merupakan salah satu penentu sukses tidaknya sebuah usaha yang sedang kita jalankan, akan tetapi dengan sistem franchise waralaba ini memang semua terlihat lebih mudah dan alur bisnisnyapun juga cukup jelas.

Di artikel kali ini memang saya ingin sedikit saja mengulas mengenai sebuah sistem warlaba namun yang modalnya realtif  murah. Murah dalam artian tidak sampai ratusan juta karena semakin lama semakin banyak muncul franchise waralaba yang dibandrol puluhan juta saja hingga dibawah 10 juta. Jika kita mengambil jenis yang  ini apakah merupakan sebuah solusi peluang usaha bisnis buat kita? tentu saja ini relatif tergantung dengan kondisi anda secara kesiapan mental dan juga finansial dimana sistem yang sudah dibangun memerlukan kesiapan dan kecekatan anda dalam mengelolanya.

Ada beberapa langkah dan tips sebelum kita mengambil peluang usaha bisnis franchise yang mungkin bisa menjadi referensi bagi kita semua, diantaranya yaitu :
  1. Produk Apa yang akan kita jual. Tentu saja ini menjadi hal utama yang harus kita pikirkan  ketika kita akan mengambil sebuah waralaba murah. Karena tidak semua model bisnis seperti ini produknya dijual dengan biaya yang murah. Ada banyak franchise yang modalnya ratusan juta, memang sangat menjanjikan keuntungannya karena rata-rata mereka sudah mempunyai brand/image perusahaan yang cukup baik dan juga dari pengalamanpun mereka lebih lama dan lebih profesional. Mungkin kedepan kita bisa mengambilnya akan tetapi disaat sekarang ini ketika modal kita minim maka kita bisa mengambil alternatif produk lain yang lebih murah misalnya burger, pizza, atau minuman, dan juga jenis lainnya (sudah banyak fracnshise murah yang ada saat ini). Pemilihan produk selain karena harga produk waralabanya yang relatif lebih murah, lingkungan dimana kita akan berbisnis tentu saja menjadi pertimbangan tersendiri, apa sih yang cocok dijual di lokasi itu? anda yang tahu kondisinya.
  2. Simulasi dan Estimasi Keuangan. Nah hal ini juga menjadi alasan yang cukup penting bagi siapa saja yang ingin mengambil peluang bisnis jenis ini. Jangan mudah percaya dengan hitungan keuangan yang terlalu menjanjikan. Pikirkan dan seleksi penawaran yang lebih rasional untuk perhitungan untung rugi dari bisnis yang ditawarkan ini. Memang setiap perusahaan yang menjual sistem franchise, mereka mempunyai simulasi perhitungan biaya operasional dan keuntungannya. Silahkan pilih dengan bijak dan rasional.
  3. Support Waralaba. Biasanya penjual waralaba murah akan terus mensupport dan berkomunikasi dengan para pembeli franchise mereka secara intensif/berkala. Pastikan bahwa semua sistem komunikasi dan juga support pelatihan akan berjalan dengan lancar kedepan. Anda bisa melihat lokasi cabang mereka di kota anda apakah ada? jika tidak ada apakah yang diluar kota bisa mudah dihubungi dan berkomunikasi dengan mereka?. Silahkan tanyakan hal ini karena akan memudahkan kedepan nantinya ketika bisnis sudah berjalan.
  4. Brand Produk Franchise. Sebelum anda mengambil sebuah waralaba murah tentunya anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai perusahaan yang menjualnya. Pastikan mereka sudah memiliki reputasi yang cukup baik, anda bisa melihat cabang mereka dimana saja dan jika memungkinkan kontak beberapa cabang tersebut untuk bisa bertanya kepada mereka mengenai pengalaman bisnisnya jika memugkinkan. Sebenarnya hal ini ditujukan supaya anda menjadi lebih yakin lagi sebelum memutuskan untuk mengambilnya.
Waralaba murah bukan berarti menajemen sesukanya, anda perlu belajar dan bertanya mengenai perhituangan semua biaya yang akan dikeluarkan dalam mengambil dan mengelola peluang usaha ini. Ilustrasi perhitungan operasional keuangan dan juga sistem kerja yang diberikan penjual waralaba tentu saja akan memberikan gambaran kepada anda. Pastikan dengan menerima ilustrasi dan juga saran dari mereka anda akan bisa menjalankan bisnis ini dengan baik walau semua bisnis tentu saja ada resikonya anda harus menyadarinya sejak awal sehinga bisa mempersiapkan langkah untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Lebih kreatif dalam menjalankan usaha ini tentu saja harus dipikirkan. Memberikan nilai tambah yang unik dan beda dengan kompetitor lainnya bisa membantu bisnis anda akan berjalan lebih menarik. Ada beberapa tips supaya lebih kreatif dalam menjual produk, silahkan baca artikel lainnya di blog ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.