Senin, 28 Januari 2013

Pengen Wirausaha Modal Kecil? Lihat Caranya Dulu

wirausaha modal kecil
Kebanyakan kita mungkin ingin sekali bisa mandiri mendirikan usaha sendiri, atau sering orang bilang sebagai wirausaha, akan tetapi yang paling sulit adalah memulai, ketimbang sekedar berencana. Nah... kali ini responusaha akan coba kasih saran mengenai cara wirausaha modal kecil. Mudah-mudahan bisa menjadi bekal penting untuk kita semua. Simak yang menarik ini..!

Kenali dulu siapa diri Anda

Heemm.. kenapa harus rumit-rumit segala pake mengenali diri dulu sendiri ya..?? Ya., karena ini akan menentukan pilihan mengenai usaha apa yang kira-kira sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Setiap orang punya bakat, pengetahuan dan keahlian masing-masing. Coba sekarang kita koreksi sendiri, mengenai bakat apa yang kita miliki untuk memulai berwirausaha. Misal lulusan STM yang punya ketrampilan reparasi sepda motor, bisa buka jasa service kecil-kecilan.

Mungkin bagi yang cewek, yang dulunya lulusan SMK jurusan tata boga ahli dalam membuat kue, ini pun bisa sebagai modal dasar untuk membuka usaha semacam aneka kue pesanan atau toko kue. Mungkin pula anda punya bakat seperti berdagang, mendidik, atau keahlian di bidang seni, tentu sangat mungkin bisa menjadi modal dasar untuk menentukan jenis wirausaha modal kecil yang Anda kehendaki. Dan tak harus buru-buru, semua bisa Anda pelajari secara pelan-pelan, kemudian memantapkan diri pada satu pilihan yang tepat.

Ketahui kemampuan modal Anda

Tanpa bermaksud sok tau mengenai kemampuan keuangan Anda, di sini saya akan coba menyarankan untuk menggunakan modal sesuai efektifitas kondisi keuangan Anda. Kemampuan modal di sini yang dimaksud adalah sumber modal yang Anda dapatkan, apakah itu dari bank atau dari orang tua. Seumpama Anda memiliki uang 20 juta, tentu akan tidak efektif bila 90 % dari uang tersebut Anda investasikan semua ke usaha yang Anda jalankan.

Dan akan sangat aman bila Anda menggunakannya separo saja. Selain itu, bila Anda meminjam modal, maka harus terukur pula seberapa besar Anda mampu mengangsur setiap bulannya. Untuk itu sesuaikan kemampuan modal dengan kondisi ekonomi kita terutama hitung pula seberapa besar kemampuan kita tiap bulannya dalam menghasilkan uang.

Kenali usaha-usaha kecil yang ada

Di sekitar kita pastilah Anda banyak sekali wirausaha modal kecil yang sangat mungkin untuk kita membuka bisnis yang sama. Mulai dari service jok sepeda motor, cuci helm, cuci sepeda motor, watung soto, kedai bakso, kedai rujak, kedai juss. Ketahuilah bahwa kesemuanya merupakan usaha-usaha kecil yang sangat mungkin dibuka di pinggiran jalanan ramai.

Ini tentu bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membuka usaha yang sama bila persaingannya belum terlalu padat, atau berinovasi dengan usaha kecil baru sesuai dengan ide usaha yang ada dalam benak Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.