Minggu, 06 Januari 2013

Menggendong Untung dari Usaha Tas Laptop

tas laptop
Sekitar satu tahun yang lalu, saat saya berkunjung ke sebuah mall kecil di areal salah satu kota di Jawa tengah, Dan saat itu saya hendak mencari tas ransel untuk kebutuhan traveling, saya coba pilah-pilah aneka model tas ransel yang mulai dari harga 100 ribu hingga 300 ribu lebih. Kesemuanya saya lihat bagian dalamnya, untuk memastikan bisa atau tiak dimasukki note book / laptop dengan ukuran 14 inci.

Dan ternyata hampir semua tas dengan harga di kisaran 100 ribu hinga 300 ribu tersebut, terdapat tempat untuk laptop. Melihat hal ini, saya pun teringat sepuluh tahun yang lalu saat berkunjung ke counter tas dengan brand cukup terkenal yang menyediakan tas dengan berbagai macam ukuran, baik untuk kerja maupun mendaki gunung. Saat itu masih teringat saat mengamati beberapa model dan ukuran, dan tak satupun di dalamnya terdapat ruang untuk laptop. Ini tentu menjadi bukti peradapan jaman era modern yang berubah dengan amat drastis.

Laptop memang bukan barang baru bagi masyarakat kita. Bahkan laptop saat ini sudah dimiliki oleh anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar hingga tingkat SMA. Namun dahulu, tepatnya di tahun 2000an, teman satu kos yang jumlahnya lebih dari 8 orang dan kesemuanya adalah mahasiswa, tidak satupun yang memiliki laptop.

Ini tentu sangat berbeda dengan sekarang, karena mudahnya mendapatkan latop dengan harga yang cukup terjangkau, menjadikan laptop bisa dimiliki oleh siapapun. Begitu pentingnya kebutuhan laptop sehingga dibutuhkan wadah khusus agar laptop nyaman di bawa kemana-mana. Untuk itu tak heran bila tas-tas model sekarang dilengkapi dengan wadah laptop.

Tas khusus laptop sangat penting

Meski tas ransel biasa sudah dilengkapi dengan tempat untuk laptop, namun untuk kalangan tertentu seperti pekerja kantoran, mahasiswa dan profesi lainnya, tas khusus laptop sangat diperlukan sebagai tempat laptop yang layak dan eksklusif dengan busana kerja. Tas laptop bisa berupa tas slempang maupun tas ransel khusus laptop.

Dan saat ini kebutuhan pasar akan tas laptop boleh dibilang cukup tinggi. Ini dikarenakan, tidak setiap pembelian laptop baru mendapat hadiah gratis tas laptop. Jenis dan model tas laptop pun akan disesuaikan dengan kebutuhan si pemakainya, sehingga banyak orang berburu tas laptop di toko tas yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Potensi bisnis tas laptop

Melihat kondisi tersebut, potensi bisnis tas laptop pun terdapat penampakan positif. Lalu bagaimana mengambil peluang dari bisnis tas laptop ini?? Sebenarnya cukup simpel, namun yang terpenting adalah sasaran pasar dan media jualnya. Tas laptop sangat mungkin untuk barang dagangan skala rumahan, dengan sistem marketing penawaran langsung ke orang-orang sekitar yang memiliki laptop, dan bisa pula dipasarkan lewat media online atau toko online khusus tas lap top.

Pasar untuk tas laptop biasanya akan sangat luas, bisa dari kalangan pekerja, mahasiswa, maupun anak sekolah. Semua kalangan tersebut adalah konsumen yang bisa kita tuju. Tinggal sesuaikan saja media jual yang kita gunakan. Apakah ingin menjual dengan menawarkan langsung atau membuka gerai khusus tas.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.