Kamis, 24 Januari 2013

Usaha Bisnis Kuliner Warung Tenda

Bisnis yang berkaitan dengan kuliner memang seakan tidak ada hentinya. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan baik itu sebagai usaha pokok bahkan bisa juga menjadi usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh siapa saja.

Perlu diingat bahwa kuliner di warung tenda penggermarnya bukan hanya dari kalangan menengah kebawah dan mahasiswa/anak kos saja lho. Seiring dengan meningkatnya  jumlah para pedagang kuliner warung tenda maka semakin banyak juga variasi kuliner yang bisa disajikan. Masyarakat kalangan kelas atas pun sudah banyak dan terbiasa menikmati santapan kuliner diwarung tenda. Jadi apabila kia ingin menangkap ide bisnis yang satu ini kita sudah mempunyai gambaran awal bahwa market dari usaha kuliner warung tenda insyaAllah akan tetep terbuka lebar kedepan nantinya.

Sebelum mengulas lebih dalam lagi tentang usaha ini maka yang perlu kita ketahui adalah bahwa biasanya warung tenda itu kebanyakan terdiri dari dua jenis yaitu dibuka siang hari atau malam hari. Diwaktu siang biasanya pagi sampai sore dan diwaktu malam biasanya jam 4 sore hingga malam. Hal ini perlu diketahui karena akan berkaitan dengan survey market pasar di lokasi yang akan anda dirikan warung tenda tersebut.

LANGKAH MEMULAI USAHA

Ketika kita hendak membuka usaha kuliner dengan mode warung tenda, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum menjalankannya.
  1. Kita perlu mengetahui menu makanan yang disukai oleh masyarakt/sasaran konsumen kita. Tentu saja ini kita hubungkan dengan lokasi didaerah yang anda pilih untuk warung tersebut. Misal daerah itu adalah daerah perkantoran dan jam istirahat banyak yang mencari makan siang, maka menu makan siang atau makanan pokok menjadi salah satu pilihan terbaik. 
  2. Memperhitungkan semua modal yang akan kita keluarkan mulai dari pembelian alat hingga biaya operasional termasuk gaji karyawan.
  3. Untuk mengatur alur keuangan masuk dan keluar seharusnya sudah direncakanan dari awal dan pisahkan uang modal dengan uang hasil jualan dan hitung dengan teliti berapa margin yang didapat dan juga coba hitung biaya total dalam satu bulan, di breakdown ke satu mingu hingga harian. Maka kita akan bisa memprediksi dan mengelola pembiayaan untuk warung tenda ini.
KESULITAN DAN HAMBATAN

Perlu diketahui bahwa setiap peluang bisnis ada saja hambatan yang akan ditemui nantinya, hanya saja hambatan tersebut ada skalanya besar dan kecil. Akan tetapi sekecil apapun hambatan tersebut apabila kit atidak bisa memanagenya maka usaha bisnis kita akan kerepotan nantinya. Ada beberapa hambatan yang mungkin akan ditemui dalam menjalankan ide bisnis kuliner warung tenda ini diantaranya yaitu :
  1. Kompetitor yang sudah membuka usaha kuliner serupa tentu saja sudah ada dan kompetitor bisa saling bersebelahan karena mengingat daerah tersebut adalah daerah yang cukup ramai dan potensial.
  2. Namanya usaha kuliner tentu saja bahan makanan atau bahan baku tidak bisa awet sepanjang hari, karena jika tidak habis maka tentu saja tidak bisa dipakai lagi.
  3. Keluh kesah konsumen yang mungkin bisa saja ada ketika menu yang disajikan kurang cocok dengan mereka, atau pelayanan dari karyawan dan anda sendiri kurang nyaman dimata mereka,
Selain hambatan tersebut diatas tentu saja bisa muncul hambatan dan rintangan lainnya dalam setiap peluang usaha yang kita jalankan. Namun semua harus bisa kita prediksi dan juga tanggulangi dengan beberpa strategi yang bisa kita ambil.

STRATEGI PELUANG BISNIS KULINER

Ada beberapa strategi yang bisa kita ambil jika kita ingin menggeluti usaha kuliner diantaranya yaitu
  1. Pemilihan jenis makanan yang akan kita jual adalah makanan yang disesuaikan dengan lokasi dan juga harus memiliki ciri khas dan nama yang unik sehingga mudah diingat. Sesuai lokasi misalnya adalah dimana lokasi tersebut sekiranya banyak yang memerlukan makanan pokok/sarapan/makan siang/makan malam maka menu yang akan anda pilihpun bisa lebih mudah nantinya.
  2. Pemilihan lokasi sebaiknya dipilih yang benar-benar strategis. Karena ada slogan posisi menetukan preastasi maka kita rubah "lokasi menentukan prestasi". Dalam menjalankan peluang bisnis kuliner khususnya warung tenda memang lokasi menjadi salah satu hal yang paling penting yang harus dipertimbangkan. Pilihlah lokasi yang ramai dan juga mudah untuk konsumen memarkir kendaraan mereka.
  3. Nama menu makanan dan minuman yang unik bisa menjadi salah satu cara untuk membuat konsumen lebih tertarik dan akan mengingat makanan kita. Ide usaha kuliner sebaiknya mempunyai nama makanan yang khas dan unik.
  4. Citarasa makanan dalam menjalankan bisnis kuliner menjadi hal yang utama. Ciptakanlah resep yang istimewa dan beda dari yang lain tapi tetap di jaga kualitasnya.
  5. Harga yang cukup terjangkau bagi konsumen menjadi salah satu point penutup yang penting juga. Jangan sampai konsumen enggan untuk mampir lagi ke warung anda dikarenakan harga yang tidak rasional.
Masih banyak lagi strategi dan tips serta trik dalam menjalankan peluang bisnis kuliner warung tenda tersebut. Silahkan kreatif dan kami rasa anda akan bisa bersaing dengan kompetitor jika lebih kreatif. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.