Minggu, 05 Mei 2013

4 Tips Cara Memulai Bisnis Online Mudah Modal Kecil


Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana caranya memulai bisnis online dengan mudah , murah dan tidak sulit. Sebenarnya yang namanya bisnis apalagi online jelas di awal sudah bisa kita prediksikan bahwa infraksturktur sudah banyak yang mendukung dan kita hanya tinggal memakai dan menggunakannya saja. Oleh karena itu ketika kita memutuskam untuk memulai bisnis usaha online maka yang harus kita sadari dari awal bahwa kita tinggal mulai, jangan terlalu berpikur bahwa ini susah itu susah dan akhirnya tidak bisa dimulao usaha yang akan kita jalani tersebut.

Disni akan saya berikan 4 tips bagaimana cara memulai bisnis online itu. Disamping koneksi internet yang sudah siap, kreatifitas, dan juga modal kemampuan atau finansial, ada beberapa hal yang kadang sepele namun itu juga penting. 4 langkah tersebut adalah :

1. Setting Goal dan Jenis Bisnis Online Kita
Ketika kita akan memulai bisnis apalagi yang berhubungan dengan internet maka di tahap awal kita harus menseting atau menentukan jenis bisnis usah apa yang akan kita ambil, apakah murni online saja atau kombinasi antara produk offline dan online? ini harus jelas. Ketika kita memutuskan untuk murni online saja berarti kita bisa memilih beberap amodel bisnis online semacam affiliasi, publisher dan sejenisnya. Namun ketika kita mengombinasikan dengan produk offline maka Anda bisa berjualan produk dari UKM atau produk Anda sendiri. Carilah informasi mengenai kompetitor Anda, browsing dan temukan di Google web apa saja yang sudah menjual produk seperti yang akan Anda jual nantinya, setting goal bahwa kita insyaAllah bisa lebih baik dari mereka.

2. Temukan Nama Brand Yang Mudah di Ingat
Bisnis baik offline maupun online nama perusahaan/brands sebaiknya yang benar-benar mudah diingat dan mencerminkan identitas perusahaan kita. Anggap saja perusahaan kita kedepan akan menjadi perusahaan yang besar jadi sebaiknya nama perusahaan adalah nama yang mudah diingat, apalagi ketika kita berhubungan dengan usaha bisnis online maka brand awarness di internet sudah menjadi salah satu tools marketing yang handal. Daftarakan nama dan alamat perusahaan Anda di Google Business Places, sehingga website dan perusahaan Anda akan tampil di google maps, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


3. Buatlah Website/Blog Untuk Bisnis Online Anda
Nah untuk yang satu ini sebaiknya diusahakan kita memiliki sebuah website atau blog untuk menampilkan profil perusahaan dan produk yang akan kita jual. Memiliki blog bisa memakai wordpress atau blogger. Ketika akan lebih terlihat profesional dan juga authority webnya bagus di mata search engine dan juga brands lebih terpercaya maka sebaiknya kita beli/seewa domain .com walau kita memakai blog gratisan sebagai halaman webnya. Selain produk yang kita tampilkan di website online kita maka sebaiknya ada tips berupa artikel buat para pembaca yang datang ke web Anda nantinya.

4. Promosi Bisnis Online Kita di Social Media
Setelah kita memiliki produk dan website maka sebaiknya promosi online harus dilakukan. Bisnis online yang akan kita jual harus gencar kita promosikan. Untuk menghemat bujet maka social media menjadi salah satau chanel yang sangat penting dan GRATIS untuk bisak ita pakai sebagai media promosi online kita. Buatlah fanspage dan iklankan produk dan bisnis kita disana. Jangan trlalu sering/spamming dan selalu men tags semau teman. Semua promosi khususnya bisnis online harus tetap menjunjung etika. Social media menjadi salah satu chanel yang sebaiknya harus Anda manfaatkan untuk pemasaran.

Itulah 4 tips sederhana bagaimana cara memulai bisnis online dengan modal yang murah meriah dan tidak terlalu mahal. Kreatifitas dan keuletan pasti dibutuhkan dalam setiap usaha bisnis. Bagaimanapun kita harus selalu kreatif dan seelalu mencari ide ide bisnis yang ada di sekitar kita. Semoga Anda sukses dalam memulai binsis khususnya usaha online. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.