Jumat, 10 Mei 2013

Usaha Sampingan Tanpa Modal dgn Menjadi Penulis Buku

usaha sampingan tanpa modal
Memiliki sebuah ilmu pengetahuan berpotensi, tentunya tak harus membuat kita kelaparan. Dalam artian setiap ilmu atau keahlian yang kita miliki, pasti menyimpan potensi untuk menjadi modal bisnis atua sebuah usaha. Sebuah usaha atau bisnis tak selalu harus berupa sebuah usaha dagang yang dilakukan lewat media usaha seperti toko.

Namun aktifitas usaha atau bisnis bisa berupa bidang kerja yang dijalankan di rumah dlewat sebuah aktifitas penelitian atau meneliti suatu teri yang akan bermanfaat bagi banyak orang. Dan salah satu contoh usaha sampingan tanpa modal adalah aktifitas menulis sebuah buku.

Pada prinsipnya, menulis buku tentunya bertujuan untuk menyebarkan ilmu yang kita miliki untuk diketahui oleh banyak pembaca, dan tentunya tulisan tersebut cukup bermanfaat dan inspiratif. Pada aktifitas menulis buku, memang tak dikuasai oleh tiap orang. Namun menuangkan sebuah ide teori akan sebuah hal dalam bentuk tulisan sebenranya bisa dilakukan oleh siapa saja. Keahlian menulis bisa diasah dengan cukup mudah.

Apa lagi bila punya pengetahuan di bidang-bidang seperti kesehatan, ilmu kedokteran, tips kuliner nusantara, perbengkelan dan lain-lain yang tak setiap orang mengetahuinya, maka terdapat kesempatan besar untuk menulis sebuah buku tentang tema-tema tertentu.

Sebenarnya bukan suatu hal yang sulit untuk menuangkan pengetahuan yang kita ketahui ke dalam sebuah rangkaian kata-kata cantik nan inspiratif. Perlu diketahui bahwa banyak orang saat ini sedang mencari beberapa cara atau trik mengenai hal-hal tertentu, baik mereka orang umum maupun para akademisi dan sebagian mereka sering sekali mengunjungi toko buku atau internet untuk mendapatkan buku atau e-book yang mereka cari.

Menulis electronik book

Pangsa pasar untuk buku-buku elektronik atau e-book di dunia maya sebenranya cukup bagus bila kita ingin membidiknya. Beberapa tutorial atau cara, yakni berkaitan dengan tips, trik atau cara-cara berbisnis dan lain sebagainya, daya belinya cukup bagus di internet. Maka bagi Anda yang memiliki pengetahuan yang tak biasa terdapat dalam sebuah buku atau masuk dalam kategori pengetahuan langka, maka bisa Anda tuangkan dalam sebuah tulisan buku yang dikemas dalam buku eletronik atau e-book.

Misal Anda menulis buku tentang, cara merayu cewek, cara cepat dapat jodoh, cara beternak yang cepat panen, atau trik dan tips langka lainnya yang Anda aketahui namun tak diketahui oleh banyak orang. Apa lagi membuat e-book dan menjualnya di media online tergolong pekerjaan yang cukup mudah.

Menulis buku inspiratif

Ini biasanya akan memakan waktu yang cukup panjang, dan kerja yang cuup keras untuk menawarkannya ke penerbit. Namun tak ada hal yang tak mungkin. Bagi Anda yang merupakan seorang pekerja atau karyawan yang memiliki banyak waktu luang di malam hari, maka merangkai dan menulis sebuah buku di sela-sela waktu, tentu bukanlah hal yang berat. Apalagi bagi Anda yang kaya akan pengetahuan dan ilmu, tentu memilih sebuah tema untuk Anda angkat dalam kreasi tulisan Anda, tentu potensinya sangat besar.

Untuk usaha sampingan tanpa modal yang satu ini memang butuh proses lama, namun Anda tak akan rugi bila rela menuangkan ide dan waktu untuk tujuan berbagi ilmu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.