Sabtu, 04 Mei 2013

Peluang Usaha di Bidang Elektronik

Jumpa lagi di blog nekatusaha di awal bulan mei 2013 ini. Untuk edisi kali ini sengaja kami buat untuk memberikan sedikit informasi mengenai berbagai peluang usaha yang berhubungan dengan elektronik yang tentunya ada disekitar kita dimana market pasar di bisnis ini masih sangat luas dan kami rasa akan terus berkembang pesat kedepannya.

Kadang kita tidak menyadari bahwa peluang bisnis khususnya di bidang elektronika itu sebenarnya sangat banyak. Hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya atau tidak mau mencoba entah itu takut gagal atau karena keterbatasan modal baik finansial atau modal pengetahuan dibidang tersebut. Semua kendala seharusnya bisa dihindari atau setidaknya diminimalisir. Kendala modal bisa diakali dengan sistem kerjasama, kekurangan ketrampilan bisa diakali dengan merekrut orang yang ahli dibidangnya, lalu kurang apa lagi? mungkin kemauan dan juga fokus dan niat untuk memulainya yang belum maksimal? mari kita ulas sedikit dibawah ini.

Memanfaatkan peluang usaha dibidang ini memang tidak semudah membalikan telapak tangan, dibutuhkan beberapa modal yang harus kita persiapkan. Ada yang bermodal finansial maupun skil keahlian. Dibawah ini beberapa daftar dari jenis ide usaha ini.

PELUANG BISNIS RENTAL LCD PROYEKTOR
Usaha yang satu ini saya rasa masih cukup terbuka lebar peluangnya. Dimana orang masih banyak yang membutuhkan lcd proyektor untuk memenuhi kegiatan mereka baik itu presentasi untuk pekerjaan kantor maupun untuk seminar mahasiswa di acara perkuliahan bahkan sampai hiburan entah itu nonton bersama sepakbola dan lainnya. Kita bisa membuat brosur dan kita coba sebaran di perkantoran daerah sekitarkita, jangan lupa di lembaga kemahasiswaan atau di temoat-tempat strategis lainnya, dimana sekiranya banyak orang yang memanfaatkan produk lcd proyektor ini maka disitu anda harus gencar promosi. Iklan baris dikoran saya rasa akan cukup membantu juga.

Tentu saja diperlukan modal untuk membeli peralatan ini. Range harga 4-6juta saya rasa cukup untuk membeli satu set lcd proyektor. Ohya memang ada beberapa hambatan atau kendala dan anda harus lebih kreatif mengatasinya misalnya pemasaran yang mungkin terbatas dikarenakan segmentasi market juga terbatas dikalangan tertentu saja dan dengan kebutuhan tertentu (tidak setiap hari). Strateginya anda bisa menari informasi sebanayk-banyaknya mengenai acara-acar entah itu dikampus atau di mana saja yang kemungkinan memanfaatkan peralatan seperti yang and sewakan tersebut.

Pemasaran dari mulut ke mulut serta sistem membership bisa diterapkan juga jika kita ingin memanfaatkan jenis ide peluang ini. Kreatifitas disini sangat diperlukan mengingat segmen pasar yang terbatas tadi dan juga event yang tidak setiap hari ada.

PELUANG USAHA BENGKEL/SERVIS HANDPHONE
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini handphone menjadi sebuah kebutuhan komunikasi yang cukup mendasar bagi banyak orang. Mungkin malah bis dibilang salah satu kebutuhan poko dari sebagian kalangan. Selain itu juga sebagai bagian dari lifestyle handphone ini bisa menjadi sebua sumber inspirasi ide bisnis yang sebenarnya cukup oke lho, terutama di bidang bengkel atau servis handphone.

Tidak selamanya handphone pengguna itu lancar jaya, dalam artian aman saja tanpa kendala baik mulai dari sisi hadware sampai softwarenya itu sendiri. Ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis dengan membuka bengkel atau servis handphone berbagai merek jenis hp yang ada dipasaran. Lalu bagaimana jika kita awam dibidang ini? Tentu saja kita kita tidak berani dong membuka bengkel klo kita tidak tahu ilmunya.Ada beberapa cara yaitu jika anda memang hobi utak atik sendiri dibidang ini maka anda bisa mengikuti kursus reparasi /servis handphone yang dibuka di beberpa tempat. Penulis sendiri dulus empat kepengen ikut kursus ini tapi diurungkan niatnya dan tidak jadi hehe.

Selain itu anda bisa merekrut tenaga ahli dibidangnya sendiri. Pasanglah iklan dikoran lokal setempat untuk merekrut tenaga ahli dibidang servis menservis produk yang satu ini. Memang konsekuensinya anda harus menggaji mereka dong karena anda tidak bisa mengerjakan sendiri. Tidak lupa juga jika ide bisnis ini pengen dikenal lebih luas, lokasi tempat sebaiknya cukup strategis dna juga promosi via brosur dan juga iklan baris di koran lokal menjadi salah satu kunci pemasaran yang bisa diambil. Kendala seara umum adalah mungkin sudah banyak pesaing yang ada dilokasi anda. Tapi jika anda bisa lebih kreatif dan juga bisa memberikan nilai tambah sendiri maka konsumen bisa jadi memilih tempat anda.

BISNIS JASA RENTAL PENGETIKAN KOMPUTER
Mungkin jenis peluang usaha pengetikan kompter yang satu ini sudah pernah saya ulas di artikel yang lalu-lalu, namun supaya lebih merefresh lagi tidak apa jika saya ulas lagi. Peluang bisnis rental komputer khususnya pengetikan naskah sampai saat ini saya rasa masih cukup bagus. Anda bisa menyewakan komputer sebagai alat bagi konsumen untuk mengetik pekerjaan dan tugas mereka, atau anda bisa sekaligus melayani jasa pengetikannya. Usaha ini masih bisa jalan di lokasi-lokasi dekat kampus dan perkantoran. Anda harus mempersiapkan semua peralatanbaik itu hadware dan juga software yang berlisensi supaya tidak ada kendala kedepan nantinya. Jangan sekali-kali menggunakan software bajakan karena akan bisa menimbulkan masalah nantinya. Beberapa seperangkat peralatan komputer beserta printer harus anda persiapkan selain ruangan minimal 3x4 sebagai tempat usaha.

Untuk kendala mungkin persaingan antara sesama rental komputer sudah biasa. Oleh karena itu nilai tambah tertentu yang harus anda munculkan misal kenyamanan tempat atau juga bonus-bonus tertentu bisa berupa bonus kertas dan sejenisnya bisa menjadi salah satu ide untuk bisa bersaing dengan kompetitor di bisnis usaha jenis ini.

Beberapa jenis peluang bisnis diatas memang masih berpeluang saat ini namun supaya kita bisa bersaing dengan oke maka strategi dan juga kreatifitas dalam melaksananan bisnis usaha tersebut harus selalu kita perhatikan. Kompetitor bisa dibilang hampir pasti ada, namun pintar pintar kita juga dalam memanfaatkan peluang usaha dibidang elektroknik ini supay akita bisa menang dari pesaing dan juga bisa eksis dan konsisten dalam berbisnis dibidang ini.

Mungkin sementara itu saja dulu artikel di awal bulan mei 2013 ini. Lain kali coba kita sambung degan artikel lainnya. Salam sukses buat anda semua. Terima kasih.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.