Minggu, 19 Mei 2013

Pengen Buka Toko Online ? Mari Bahas Tips Peluang Usaha ini


Apakah anda sedang ingin memanfaatkan sebuah peluang usaha online shop? ingin berjualan secara online dirumah? dan bisa dikerjakan di waktu luang? atau disela-sela pekerjaan anda jika masih berstatus pekerja di instansi pemerintah atau swasta. Semua itu tidak menjadi kendala karena bisnis melalui dunia maya khususnya membuka toko online shop memang bisa dikerjakan dengan mudah. Andapun insyaAllah bisa melakukannya tapi memang harus dipersiapkan dengan cukup baik. Lalu apa saja yang harus dilakukan? tips dan triknya bagaimana? mari sedikit kita bahas dibawah ini.

Dengar cerita rekan saya yang temannya adalah pengusaha laundry yang sudah cukup lama atau terkenal si suatu daerah dekat kampus di Yogyakarta yang sekarang banting stir menjadi pebisnis online menjual busana muslim dan akhirnya omset gila-gilaan bisa saja mencaapai puluhan juta dalam sebulan. Hal ini saya rasa tidaklah semudah membalikan telapak tanagan, dibutuhkan kerja kerasa dan cerdas serta kreatifitas yang selalu dikembangkan sehingga dia berarni meninggalkan bisnis laundry yang sudah memiliki baanyak pelanggan. Semangat dan sedikit cerita tersebut saya rasa bisa menjadi pemacu buat kita untuk memanfaatkan peluang bisnis khususnya berjualan secara online.

Bagaimana Memulai Bisnis Online ?
Hal yang satu ini yang biasanya menjadi persoalan yang sering ditanyakan bagi pemula dan juga menjadi suatu dinding penghalang yang bisa dibilang cukup mengganggu dan menghalangi bagi beberapa orang yang akan membuka toko online. Kenapa ya? padahal kita bisa memulai bisnis online khususnya toko online shop dengan cukup mudah, modalpun bisa diminimalisir karena kita tidak membutuhkan toko real atau toko sebenarnya yang tentu saja membutuhkan biaya investasi yang tidak kecil. Ada beberaoa langkah dalam merintis bisnis online diantaranya yaitu :
  1. Peluang bisnis membuka toko online bisa dimulai dengan merencanakan produk apa yang akan anda jual/ dan apakah produk tersebut bisa dibuat sendiri atau kita mengambil ke distributor atau produsen lalu kita jual lagi? dua pilihan ini tentu saja tidak sulit bukan? sesuaikan dengan kondisi anda.
  2. Jika anda memutuskan untuk menjual produk bikinan sendiri maka anda tinggal membuat produk yang menarik dan dilengkapi dengan nilai tambah supaya nanti bisa dipasarkan dengan lebih mudah dan bisa bersaing dengan kompetitor produk sejenis.
  3. Jika anda mengambil produk dari orang lain dan akan anda jual maka ada dua strategi juga, anda bisa membeli barang yang akan anda jual tersebut, tentu saja dikeluarkan modal terlebih dahulu karena anda harus berbelajnja produk. Atau ada opsi anda kerjasma dengan produsen produk dan photolah produk mereka lalu anda menjual photo dan spesifikasi produk secara online apabila ada order baru anda ambilkan (ini relatif tidak memerlukan modal yang begitu besar karena kita tidak menstock produk dirumah),
  4. Ketika anda sudah menentukan produk apa dan darimana asal produk yang akan anda jual tersebut, maka saatnya anda menentukan strategi promosi secara online apakah hanya melalui social media saja dalam artian anda tidak harus memiliki blog atau website atau anda membuat blog atau website dan dikombinasikan dengan social media? hal ini penting ketika promosi berjalan nantinya. Tentukan ini.
Nah empat langkah sederhana strategi memulai peluang usaha jualan secara online diatas memang simpel bukan? yang agak memerlukan waktu sebenarnya adalah ketika kita memproduksi produk sendiri, disini diperlukan SDM dan juga sumber daya bahan baku yang tentu saja memerlkan cost yang tidak kecil juga. Kerjasama dengan produsen menjadi salah satu langkah mudah yang bisa menjadi pertimbangan jika anda tidak bisa membuat atau memproduksi barang tersebut dan juga modal terlalu mepet :)

Lalu bagaimana strategi marketing yang handal ketika anda membuka toko online? tentu saja chanel yang utama adalah didunia maya bukan? anda mengandalkan traffic kunjungan ke blog atau website anda dan juga interkasi orang yang ada di social media baik facebook, twitter dan lainnya. Semakin banyak traffic yang berkunjung ke toko online kita maka kesempatan untuk menerima order tentu saja lebih terbuka lebar dibanding traffic kunjugan yang sedikit. 

Lalu bagaimana supaya traffic pengunjung itu banyak yang datang ke toko online kita? tentu saja kita harus cerdik jika ingin mendapatkan kunjungan yang besar dari peluang usaha bisnis online ini. Sebaiknya anda belajar SEO (Search Engine Optimization) setidaknya dasarnya saja, bagaimana membuat toko online anda ada dihalaman pertama Google ketika orang mencari suatu produk yang berkaitan dengan apa yang sedang anda jual. Dengan berada di halaman perama tentu saja kesempatan dikunjungi konsumen lebih besar dibanding yang ada dihalaman kedua dan seterusnya.

Selain itu interaksi dengan calon konsumen di social media harus selalu dijaga dengan baik. Sebaiknya anda jangan terlalu sering melakukan posting produk yang anda jual di timeline facebook anda dan banyak ngetags ke semua teman ini bisa mengganggu jalannya marketing online anda dan kemungkinan akan banyak orang yang akan merasa jenuh dan bosan dengan apa yang anda lalukan tersebut. Lebih baik kita kasih jeda mungkin dalam 1 jam atau 2 jam saja anda memposting produk yang akan dijual supaya tidak terlalu spam. Dan cobalah berinteraksi dengan konsumen yang mengomentari status produk anda tersebut.

Memanfaatkan dan memulai peluang usaha toko online dimulai dengan menentukan produk, lalu bagaimana caranya produk itu didapatkan, dan sarana apa yang bisa dijadikan sebagai sarana marketing apakah itu blog,website, atau social media. Langkah dan tips simpel tersebut kami harap bisa menjadi inspirasi atau referensi bagi siapa saja yang akan membuka usaha toko online. Terima Kasih
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.