Kamis, 09 Mei 2013

Mendapatkan Ide Peluang Bisnis Potensial Bagian 1

Peluang bisnis memang bisa kita dapatkan ketika kita sedang berjalan-jalan, berjumpa dengan seseorang, sedang duduk sendirian. Selain itu peluang usaha juga bisa didapatkan dari mana saja: di bis kota, di pusat perbelanjaan atau ditempat wisata. Dan beberapa ide bisnis juga bisa didapatkan dari bebeapa hal seperti dibawah ini :

Membantu Orang Lain
Apakah anda tahu pendiri e-Bay yaitu Pierre Omiday? situs ini adalah situs di internet yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dari berbagai penjuru dunia. Bagaimana seorang Pierre menenukan peluang usaha ini? yaitu ketika dia diminat bantuan seorang teman untuk mendapatkan pembeli karena ingin menjual suatu produk, lalu ia membuatkan seuatu situs untuk mempromosikan barang dagangan temannya tersebut dan mengundang pedagang dan pembeli untuk menggunakan situs yang sama. Semakim lama situs ini semakin dikenal oleh khalayak ramai dan akhirnya setelah peluncuran resminya e-Bay dikunjungi jutaan orang untuk mengakses dan melakukan proses jual beli disini.


Jika dilihat sepintas ide peluang bisnis yang berasal dari membantu teman adalah sebuah hal yang sederhana, namun dengan kreatifitas yang terus dikembangkan maka seorang Pierre Omiday bisa sukses membangun salah satu situs jual beli terbesar di dunia, dan semua itu dari hal yang sederhana yaitu "membantu orang lain".

Ide Bisnis Dari Hobi
Sumber ide usaha lainnya adalah yang berasal dari sebuah hobi. Minat dan bakat serta sesuatu kesenangan yang kita miliki akan bisa menghasilkan seuatu produk atau jasa yan gluar biasa apabila kita bisa memanfaatkannya dengan cukup baik. Kreatifitas dan kerja kers akan bisa membantu dalam menemukan sebuah ide bisnis yang brilliant tentunya. Umumnya orang tidak merasa terbebani jika menjalankan usaha yang berasa dari hobi atau sesuatu yang disukainya. Kita ambil saja beberapa contoh dibawah ini siapa saja yang membangun bisnis yang bermula dari sebuah hobi.
  • Bill Gates, siapa sih yang tidak kenal dengan si raja komputer ini? pria yang berasal dari belahan dunia nan jauh disana ini memulai bisnisnya dari sebuah hobi mengutak atik sebuah program komputer. Keseriusan dalam menekuni hobinya ini membuat seorang Bill Gates menemukan sebuah komputer yang lebih praktis dan mudah digunakan daripada komputer besar yang sebelumnya pernah ada. Ide ini pernah dia niatkan untuk dijual ke perusahaan besar, karena dia mampu meihat ini sebagai sebuah peluang usaha yang bagus namun akhirnya ide tersebut ditolak. Penolakan tidak membuat dia patah semangat dan bahkan ia berusaha lagi menyempurnakan ide bisnisnya tersebut untuk kemudian dilempar kembali ke pasar sebagai ide bisnis yang ternyata di terima baik oleh masyarakat. Nah pada akhirnys dia berhasil membangun kerajaan raksaa sistem operasi komputer yaitu Microsoft dan dengan perantara hobi ini juga dia pernah dinobatkan sebagai orang terkaya didunia.
  • Anita Roddick, seorang nahkoda perusahaan kosmetik yang mengandalkan bahan-bahan alamai atau natural berhasil memanfaatkan peluang bisnis yang berasal dari kesenangan atau hobi yang dia tekuni. Dia terpacu untuk memulai usaha bisnisnya tersebut didasari atas dorongan dia untuk turut serta melindungi alam terutama satwa yang ada didalamnya. Sehingga dia memiliki ide bisnis dengan membuat kosmetik yang berasal dari bahan nabati/tumbuh-tumbuhan. Dengan hobi inilah dia juga berhasil membangun bisnis yang besar Body Shop yang sampai saat ini sudah lumayan sukses.
Dari hobi jika bisa dikombinasikan dengan beberapa peluang usaha yang ada disekitar kita maka saya rasa kita bisa memaksimalkan bisnis dan usaha yang akan kita bangun nantinya. 

Ide Bisnis Dari Pengalaman
Pengalaman adalah guru yang baik, mungkin itu salah satu istilah yang pernah kita dengar atau bahkan sering kita jumpai di kehidupan ini. Nah dengan pengalaman diri sendiri atau bahkan pengalaman orang lain yang bisa kita lihat adalah merupakan sumber peluang bisnis usaha yang cukup dahsyat. Ada beberapa orang yang bisa kita ambil inspirasinya dimana mereka memanfaatkan ide usaha dari pengalaman baik itu pengalaman pribadi atau orang lain.
  • Yanty Isa. Ide bisnisnya untuk MegaFood dan Red Crispy juga datang dari pengalaman bekerja di perusahaan, Resep itu pula yang dipakai Yanty saat bekerja di Nestle Indonesia, ia banyak menangani proyek pengembangan produk bumbu masak. Begitu memutuskan untuk membangun usaha sendiri dan dengan setuhan tangannya sendiri. Seorang Yanty isa dapat memanfaatkan peluang usaha dengan pengalaman dia selama bekerja diperusahaan. 
  • Ralph Schneider mendapatkan ide peluang bisnis untuk meluncurkan Diners Club (yang menjadi cikal bakal kartu kredit) dari pengalamn buruknya di sebuah restoran yang ketika itu ketika akan membayar makanan yang telah dipesannya ia baru sadar bahwa ia tidak membawa uang tunai karena ia lupa membawa dompetnya, nah dari sini munculah ide untuk membuat sistem alat pembayaran yang lebih memudahkan orang dalam melakukan transaksi tanpa mengeluarkan uang tunai.
Tiga jenis ide peluang usaha yaitu dari membantu orang lain dan juga ide bisnis yang berasal dari hobi dan pengalaman diatas semoga bisa menjadi salah satu referensi buat anda dalam rangka menemukan ide-ide bisnis yang bisa saja merupakan hal yang pernah anda temui di kehidupan anda. Untuk artikel selanjutnya akan kami update segera. Terima Kasih
 

(sumber : buku bisnis rumahan bermodal cekak)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.