Kamis, 23 Mei 2013

5 Ide Bisnis Usaha Menarik di Sekitar Kampus


Apakah sempat terpikirkan bahwa di area kampus ada banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan? ternyata jika kita lebih jeli, teliti, dan kreatif insyaAllah ada jenis-jenis ide bisnis yang bisa kita manfaatkan diwilayah sekitar kampus. Mau tahu apa saja? mari kita coba sedikit mengulasnya.

Perlu diketahui terlebuh dahulu bahwa kampus adalah pusat mahasiswa kuliah dan para mahasiswa bisa berasal dari mana saja dari seluruh pelosok negeri Indonesia ini bisa ada disana. Melihat hal ini sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pergerakan ekonomi di wilayah sekitar kampus mulai berkembang pesat dibanding sebelum kampus dibangun di daerah tersebut. Banyak sekali orang mulai membuka bisnis usaha mulai dari kuliner, jasa, hingga properti semua bermunculan disana. Bisa jadi semua muncul memang karena adanya kesempatan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang sangat terbuka lebar dikarenakan market pasar yang secara otomatis sudah terbentuk sebelumnya.


Lalu apa saja ya jenis ide usaha yang bisa kita ambil? apabila memang kita ingin meggali ide peluang usaha di area kampus tentu saja kita harus lebih kreatif dan peka terhadap kebutuhan pasar khususnya mahasiswa dan warga penduduk disekitarnya. Dibawah ini ada 5 jenis bisnis yang bisa menjadi referensi untuk kita ambil diantaranya yaitu:
  1. Usaha Sewa Kos : Jenis bisnis yang satu ini berkaitan dengan jasa dan juga properti dimana kita menyewakan rumah/kamar khusus diperuntukan bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin tinggal sementara disaat mereka melaksanakan perkuliahan mereka, karena banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota dan mereka memerlukan tempat tinggal. Bisnis kos-kosan merupakan bisnis yang sangat bagus namun memang diperlukan modal yang tidak kecil untuk membeli lahan dan juga membangun properti. Apabila anda ingin bisnis dibidang ini namun terbatas modal finansial maka bisa mengajak kerjasama dengan investor untuk pendanaannya.
  2. Usaha Kuliner : Jelas kebutuhan akan makan dan minum menjadi sebuah kebutuhan pokok mendasar setiap manusia. Di area kampus dan tempat ramai lainnya bisnis usaha kuliner jelas menjadi salah satu usaha yang menjadi favorit bagi banyak kalangan mengingat area sekitar kampus adalah salah satu pusat kegiatan. Jadi membuka usaha kuliner disini adalah sebuah pilihan yang tepat dan anda bisa membuka warung tenda, angkringan atau jenis kuliner lainnya.
  3. Mendirikan Cafe : Jika diamati lebih lanjut bahwa peluang usaha mendirikan sebuah cafe entah itu mini, menengah maupun skala yang besar memang cocok juga jika dijalankan di area sekitar kampus. Gaya hidup dan juga kebutuhan akan sarana prasarana misal ruang meeting dan tempat yang santai untuk saling berdiskusi antar mahasiswa membuat cafe di sekitar kampus menjadi salah satu tempat favorit untuk itu. Sediakan fasilitas FREE WiFi untuk pengunjung dan sajikan menu minum dan juga makan yang unik dan kreatif akan membuat usaha cafe anda insyaAllah berjalan mulus. Ketersediaan ruang meeting di sebuah cafe juga menjadi nilai plus, apabila memungkinkan silahkan tambahkan fasilitas ini.
  4. Bisnis Rental Komputer : Walaupun banyak harga laptop dan komputer yang sudah murah namun tidak sedikit mahasiswa yang masih memerlukan rental komputer untuk mengerjakan pekerjaan/laporan mereka. Peluang usaha rental komputer di wilayah sekitar kampus menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa anda ambil mengingat pasar masih terbuka lebar.
  5. Jasa Transportasi Angkutan Barang :  Jika dilihat di beberapa lokasi area kampus yang ada di Yogyakarta maka saya sendiri sering melihat sebuah mobil pick up terbuka yang terparkir dan bertuliskan jasa angkutan barang. Jenis usaha ini saya rasa merupakan sebuah peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan juga. Mengingat  area kampus banyak mahasiswa yang memerlukan bantuan untuk transportasi mengangkut barang mereka entah itu sewaktu mereka berbelanja ataupun pindah kos.
5 jenis peluang usaha yang bisa kita manfaatkan di area kampus diatas sebaiknya memang dilakukan dengan perencanaan yang sebaik mungkin. Semua hambatan dan juga strategi memulai bisnis dan juga pemasaran menjadi penting disini. Semua jenis usaha sebaiknya harus selalu diimbangi dengan kreatifitas kita, entah itu dalam produksinya maupun dalam pemasarannya. Semoga peluang bisnis usaha diatas bisa menjadi referensi buat rekan semua yang ingin membuka usaha khususnya di wilayah area sekitar kampus. Semoga sukses.

Sumber gambar kampus UII Yogyakarta diambl dari ahsanology.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.