Sabtu, 18 Mei 2013

Peluang Usaha Bisnis Sepatu dan Sandal Terkini


Mencari peluang usaha yang sekiranya akan bisa survive dan eksis dimasa yang akan datang memang merupakan tantangan tersendiri. Kreatifitas dalam menggali ide sebaiknya memang dibuka lebar-lebar termasuk jenis ide bisnis jualan sepatu dan sandal yang akan kita ulas diartikel ini adalah merupakan salah satu usaha yang kami rasa kedepan masih mempunyai prospek yang cukup bagus mengingat sandal dan sepatu merupakan salah satu kebutuhan manusia.

Setiap orang biasanya membutuhkan sandal dan juga sepatu oleh karena itu usaha jualan berbegai jenis sepatu dan sandal merupakan salah satu solusi memenuhi kebutuhan manusia tersebut, dan selagi itu sebuah kebutuhan maka bisnis tersebut bisa dibilang seakan-akan tiada habisnya tinggal bagaimana strategi kita dalam memanfaatkan setiap lini dari usaha jenis ini.

Peluang bisnis jual separu dan sandal ini tentu saja membutuhkan modal, apakah modalnya besar? atau modal kecil? yang namanya modal usaha tentu saja bisa kita siasati supaya tidak membengkak namun masih bisa diputar supaya bisnis tetap jalan. Dibawah ini nanti coba kami ulas mengenai strategi dari ide bisnis ini dan juga mengenai sedikit modal yang bisa menjadi gambaran.

Memulai Usaha Ini
Dalam merintis atau memulai bisnis ini tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat produk khususnya sandal dan sepatu:
  1. Pengetahuan membuat produk sandal maupun sepatu diperlukan untuk memulai usaha terutama ketrampilan dalam membuat model terbaru yang sedang trend. Jika kita tidak bisa kita bisa belajar atau bisa merekrut tenaga terampil dibidangnya.
  2. Mencari ide inspirasi sandaldan sepatu model terbaru melalui berbagai media informasi bisa internet, majalah, bahkan anda sebaiknya juga melihat outlet penjual sepatu dan sandal supaya bisa menangkap trend produk yang sedang marak saat itu.
  3. Mengetahui atau mencari distributor bahan baku produk sandal dan sepatu menjadi penting dan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam merintis usaha jenis ini. Jika kita sudah mengetahui dimana kita bisa kulakan bahan baku untuk pembuatan produk sandal dan juga sepatu maka kita bisa dengan lebih mudah merencanakan bisnis plan dan juga jumlah produksi nantinya.
  4. Melisting berbagai outlet dan toko sepatu sandal dan mengajak kerjasama dimana anda bisa memasarkan produk ditempa mereka nantinya (kerjasama tentu saja).
Hambatan Bisnis Usaha Ini
Disemua bisnis tentu saja bisa muncul hambatan-hambatan yang bisa menjadi kendala dalam merintis bahkan menjalankan roda usaha, tidak terkecuali dengan ide usaha jualan sepatu dan sandal ini. Namun dengan mengetahui hambatan yang kemungkinan akan terjadi membuat kita bisa mempersiapakan ansitipasi untuk meminimalisir dan menghilangkan kendala-kendala tersebut. Beberapa hambatan yang kemungkinan bisa terjadi adalah sebagai berikut:
  1. Kemampuan anda dan juga team atau karyawan yang mungkin belum memadai dalam membuat sepatu atau sandal model yang baru sesuai trend bisa membuat jalannya roda usaha terkadang bisa tersendat.
  2. Harga bahan baku bisa naik dan membuat cost produksi bisa meningkat tentu saja ini menjadi problem klasik bagi para pengusaha terutama skala kecil menengah dimana harga bahan baku menjadi salah satu komponen yang bisa mempengaruhi pergerakan dari bisnis yang sedang digeluti.
  3. Metode marketing yang kurang kreatif dan bisa menjangkau market yang luas membuat produksi akan stuck dan tidak bisa berkembang karena produk tidak berputar dengan cukup baik dipasaran padahal produksi sebaiknya bisa berjalan dan produk yang dikempar juga bisa berputar denagn cukup baik.
Untuk meminimalisir hambatan yang bisa terjadi diatas, peluang usaha ini memang harus memiliki beberapa alternatif atau langkah supaya kendala bisa ditekan sekecil mungkin. Masalah kahlian dalam membuat produk sepatau dan sandal memang harus anda tingkatkan, cari banyak referensi dari internet baik video maupun catalog tutorial dan juga bisa dari majalah dan buku yang dijual di pasaran. Jika memungkinkan ada kursusnya silahkan gabung dna join setidaknya bisa menambah wawsan dalam membuat produk tersebut.

Untuk permasalahan harga bahan baku yang meningkat kita memang akan sulit mengendalikannya tapi kita dengan langkah berusaha mencari banyak distributor maka variasi harga bisa kita miliki dari banyak sumber jadi bisa menjadi pembanding antara distributor yang satu dengan lainnya.

Untuk masalah pemasaran kita sebaiknya lebih kreatif dalam mencoba menjual produk ini. Manfaatkan semua chanel marketing baik itu digital melalui media internet dengan membuat blog atau website dan juga aktif di socila media ataupun melalui chanel offline seperti iklan baris dikoran atau bisa juga dimjalah. Selain itu membuat brosur dna memasarkan di kalangan tertentu misal mahasiswa atau pelajar yang sekianya membutuhkan model terbaru dari sebuah sepatu dan juga saandal.

Peluang usaha yang satu ini memang unik dan menarik. Produksi skala rumahanpun sudah bisa jalan untuk memulai merintisnya. Modal kecil dengan membuat sandal spon terlebih dahulu dan juga bisa menjualkan produk orang lain bisa menjadi strategi awal dalam merintis bisnis jual beli sepatu sandal. Semoga sedikit gambaran dari usaha ini bisa menjadi sebuah pandangan awal bagi para pembaca yang ingin membuka sebuah bisnis usaha. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.