Minggu, 12 Mei 2013

Rental Komik Sebuah Peluang Usaha Unik


Apakah anda ketehaui bahwa peluang usaha rental komik merupakan salah satu ide bisnis yang lumayan unik, kenapa? karena segmen pembacanya ternyata bukan hanya anak-anak dan remaja saja, banyak sekali mahasiswa yang masih tergila gila dengan komik yang ada :) hehe.. jelas ini menjadi sebuah ide usaha yang bisa kita ambil dan manfaatkan.

Jika saat ini kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan kaum yang intelektual namun ternyata banyak dari mereka yang masih suka membaca komik lho, dan tidak sedikit yang selalu mengikuti perkembangan seri komik terbaru. Melihat kondisi ini rental atau penyewaan komik bisa menjadi sebuah alternatif usaha yang prospeknya cukup bagus, jika kita bisa memanfaatkan kebutuhan para pecinta komik tersebut dengan penyewaan komik yang lengkap dan juga harga yang cukup terjangkau bukan tidak mungkin kita akan bisa menjalankan bisnis usaha ini dengan cukup baik.

Bagaimana Memulai Bisnis Ini ?
Ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dan lakukan sebelum memulai usaha rental komik ini diantaranya yaitu :
  • Tempat atau lokasi yang strategis menjadi salah satu modal penting dalam bisnis usaha penyewaan apapun termasuk rental komik ini. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah diakses berbagai kalangan khususnya pelajar dan mahasiswa.
  • Lebih baik kita mempersiapkan komik lebihd ari 200 judul supaya koleksi diawal juga lumayan lengkap. Anda bisa membeli yang baru atau bahkan yang second yang penting masih bisa dibaca dan tidka rusak. Atau koleksi teman kerabat bisa anda beli juga.
  • Komik yang sedang trend saat ini harus didata dan dikoleksi juga jangan lupa itu.
  • Tenaga/karyawan yang memiliki waktu longgar bisa anda rekrut untuk menjadi tenaga administrasi disini.
  • Aturan dan tata tertib dalammenyew komik dan juga sistem membership harus anda buat diawal.
  • Promosi gencar melalui berbagai media khususnya selebaran, iklan baris di koran lokal dan juga sms broadcast bisa menjadi alternatif dalam marketing anda nantinya.
Persiapan peluang usaha rental komik ini memang harus dipersiapkan dengan matang segala halnya. Jangan sampai kita dipertengahan jalan direpotkan dengan hal-hal yang seharusnya bisa disiapkan dari awal.

Hambatan Yang Bisa Terjadi 
Segala bisnis usaha yang dijalankan oleh siapapaun bisa terjadi sebuah atau banyak hambatan yang bisa terjadi, tidak terlepas juga dari peluang bisnis sewa komik kali ini, mungkin ada beberapa hambatan yang kemungkinan bisa terjadi diantaranya yaitu :
  • Stok atau koleksi komik yang masih sedikit atau minim bisa menjadi hal yang bisa mengganggu konsumen ketika datang akan menyewa komik, mereka bisa kecewa dong kok koleksi yang mereka cari tidak ada.
  • Keterlambatan pengembalian komik oleh peminjam bisa saja terjadi lho, nah ini dalam aturan juga harus ada denda didalamnya walau tidak seberapa karena untuk membuat pembaca juga disiplin dalam meminjam komik-komik anda.
Mungkin dua hal itu yang akan sering terjadi dalam bisnis usaha penyewaan komik dan tenntu saja harus bisa kita minimalisir dengan beberapa strategi didantaranya :
  • Jika ada pembaca yang mencari komik tertentu dan stok belum ada, bilang kepada mereka akan segera dicarikan dan mohon untuk kembali di lain hari. Sampaiakan kepada mereka bahwa masukan mereka sangat penting sehingga membuat pembaca akan balik lagi walau koleksi mereka saat itu tidak ada.
  • Kunjugni pameran buku yang diadakan dikotamu, kadang ada komik-komik yang dijual murah disana sehingga bisa menjadi koleksi tambahan.
  • Jika perlu sediakan tempat baca yang nyaman dilokasi tempat anda menyewakan komik, kadang ada pembaca yang tidak ingin membawa pulanng komiknya dan mereka hanya membaca ditempat.
  • Sistem membership yang baik dengan data lengkap dan photokopi KTP bahkan meninggalkan KTP asli ketika menyewa komik adalah salah satu aturan yang bisa meminimalisir kemungkinan tidak dikembalikannya komik yang dipinjam pembaca. 
Saya rasa sedikit hal mengenai peluang bisnis rental komik yang ingin saya sampaikan, semoga bisa menjadi salah satu referensi untuk anda dalam menemukan ide-ide usaha yang bisa kita manfaatkan. Selagi kita mau kreatif dan berusaha insyaAllah akan ada jalan keluar dalam merintis usaha. Semoga sukses. 
(sumber gambar : kaskus.co.id)
-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.