Selasa, 17 Desember 2013

Alasan Geliat Usaha Sampingan Mahasiswa

usaha sampingan mahasiswa
Seorang mahasiswa biasanya disibukkan dengan aktifitas kuliah di kampus, maupun aktifitas keorganisasian, yang menjadi media atau wadah agar seorang mahasiswa terbangun mentalnya dalam aktifitas sosial yang nantinya akan cukup bermanfaat sebagai bekal ketika hidup mandiri di tengah-tengah masyarakat.

Aktifitas organisasi sosial maupun menjadi anggota pecinta alam dan aneka komunitas olah raga yang ada di suatu kampus, tentunya menjadi aktifitas positif yang mampu membuat seorang mahasiswa menjadi terbangun mentalnya untuk menjadi pribadi yang tangguh dan kompetitif di era global yang penuh persaingan ini.

Kebanyakan mahasiswa mungkin lebih fokus pada aktifitas kuliah, serta aktifitas penting lain di kampus, untuk lebih berorientasi agar program kuliah bisa cepat selesai atau lulus, kemudian segera bisa mencari kerja. Namun sebagian yang lain “boleh dibilang sebagian kecil dari mayoritas atau rata-rata” lebih suka berencana untuk wirausaha mandiri.

Dan mudah-mudahan Anda yang sedang membaca artikel di responusahacom ini adalah satu diantaranya. Mengapa sebagian kecil mahasiswa lebih suka memiliki usaha mandiri sejak dini?? Berdasarkan pengamatan secara umum, mereka yang suka berbisnis selagi masih kuliah dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah:

Jiwa asli wirausaha

Apa maksud dari jiwa asli wirausaha..? maksudnya adalah jiwa murni seseorang yang suka dengan aktifitas bisnis. Sikap seperti demikian bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa dari pengaruh orang tua yang memang seorang pebisnis, bisa dari pengaruh buku-buku serta artikel kewirausahaan yang dibaca, atau mungkin terdorong karena desakan ekonomi yang pas-pasan. Sikap suka berwirausaha memang didorong oleh beberapa faktor tersebut.

Dan meskipun aktif sebagai seorang mahasiswa di suatu perguan tinggi, aktif di bisnis atau usaha bukanlah menjadi batu sandungan untuk tidak menyelesaikan kuliah. Namun untuk jiwa asli wirausaha, biasanya memang dibentuk dari karakter pribadi yang semangat serta nekat dalam menceburkan diri ke lingkup bisnis.

Orang tua seorang mahasiswa yang seorang usahawan sukses biasanya akan mudah menurukan ilmu bisnisnya ke anak-anak mereka. Namun jiwa asli wirausaha juga dapat terbentuk karena pengetahuan bisnis yang mampu mengubah sudut pandang seseorang/mahasiswa dari mencari kerja menjadi penggagas media kerja.

Mampu membagi waktu

Bagi mereka yang benar-benar minat untuk berwirausaha, nampaknya waktu tak akan jadi batu sandungan berarti. Bagi mereka yang berbisnis sambil kuliah, pada prinsipnya “kuliah ya.. kuliah, bisnis ya bisnis”, dalam artian pengelolaan waktu bisa benar-benar optimal untuk kedua aktifitas tersebut, yakni kuliah dan bisnis. Inti dari kemampuan untuk berbisnis selagi masih kuliah adalah mampu fokus setiap hari hanya pada dua aktifitas penting tersebut.

Ini akan berbeda dengan mahasiswa yang suka sering nongkrong, pacaran, masih suka main, dan beberapa aktifitas lain yang tidak menunjang kesuksesan sama sekali. Hemm.. mudah-mudahan,,, para mahasiswa lebih mampu menyikapi kehidupan ekonomi global yang seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.