Senin, 02 Desember 2013

Merencanakan Bisnis Rumahan yang Menghasilkan

bisnis rumahan yang menghasilkan
Hasil itu ada di akhir, bukan di awal. Ini perlu menjadi perhatian penting bagi siapa saja yang hendak merintis sebuah usaha atau bisnis. Harus betul-betul disadari bahwasanya, ada usaha ada pula hasil, namun untuk nilai dari sebuah hasil, besar kecilnya itu tergantung dari upaya dan usaha serta nasib baik yang kita miliki.

Siapapun tentu ingin berhasil dalam bisnisnya, tak terkecuali untuk para penggagas ide tepatnya para perintis bisnis rumahan. Mereka yang berwirausaha di rumah tentu berharap mampu menciptakan bisnis rumahan yang menghasilkan income cukup besar. Namun bagaimana merancang serta merencanakannya?? simak ini.

1. Jangan salah pilih

Tetapkan pilihan pada suatu jenis bisnis yang betul-betul sesuai dengan lingkungan serta aeal pasar yang tepat. Berhubung bisnis ini adalah skala rumahan, maka pastikan jenis bisnis yang Anda pilih cukup mudah untuk menjangkau pasar yang ada di sekitar. Misal usaha yang Anda rencanakan adalah usaha laundry rumahan. Maka pastkan dulu bahwa lingkungan sekitar betul-betul membutuhkan usaha jasa ini serta pantau pula bagaimana tingkat persaingannya.

Bila persaingannya terlampau padat sehingga menimbulkan trend banting-banting harga, maka ada baiknya bila kita memilih jenis bisnis rumahan yang menghasilkan lainnya. Usaha seperti warnet CDMA skala rumahan, usaha jasa pengetikan, toko pakan burung, dan kedai sarapan pagi, mungkin bisa menjadi pilihan lainnya. Yang pasti kondisi di sekitar Anda, Anda sendirilah yang menilai dan memutuskan akan berbisnis apa nantinya.

2. Tapi jangan lama pilih-pilih

Kita harus tegas dalam menyikapi sebuah peluang usaha, terlebih untuk bisnis yang akan kita jalankan di rumah. Pilih-pilih boleh, namun jangan terlalu lama memilih “segera putuskan pilihan dengan tegas”. Semua peluang boleh jadi prospeknya bagus semua, dan masing-masing peluang juga punya kekurangan serta kebihan masing-masing, namun Anda cukup segera pilih salah satu lalu jalankan dan tekuni.

3. Nilai hasil diukur dari kerja keras

Untuk meraih sebuah nilai profit yang tinggi, tentu harus diimbangi banyak upaya, trik-trik khusus, serta kerja keras. Ketahuilah bahwa nilai sebuah keuntungan bisa kecil, bisa besar, dan tak ada batasnya. Namun semua itu tergantung dari seberapa sabar kita dalam sebuah kerja keras yang dilakukan. Walaupun kita menjalankan bisnis di rumah, namun tentunya ada banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk kemajuan usaha yang dirintis. Misal langkah promosi, memperluas jangkauan pasar, menjaga kwalitas produk, atau memberikan harga yang cukup bersahabat untuk konsumen.

Beberapa tips tersebut di atas hanya sebagai acuan dasar saja, berkaitan dengan jenis usaha rumahan apa yag hendak Anda dirikan, tentunya semua kembali ke masing-masing kita. Karena kondisi masyarakat di sekitar kita, tentunya hanya kita sendirilah yang mampu memahami dan menilai dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.