Rabu, 11 Desember 2013

Usaha Sampingan yang Menguntungkan dari Berdagang

usaha sampingan yang menguntungkan
Berdagang adalah suatu aktifitas jual beli yang dilakukan oleh dua pihak, yakni terdiri dari penjual, pembeli serta barang dagangan yang menjadi objek aktifitas dagang. Tujuan dari aktifitas dagang sendiri adalah guna memenuhi kebutuhan masyarakat, lewat suatu komoditas barang dagangan yang dijual guna terpenuhinya kebutuhan bagi orang lain.

Sedang manfaat dari pelaku dagang atau sang penjual itu sendiri adalah bisa mencari keuntungan atas modal yang diputar lewat barang dagangan yang didapat dari tengkulak, maupun barang dagangan yang diproduksi sendiri. Itu hanya teori yang tentunya anak sekolah pun tahu. Namun kita sebagai orang dewasa hendaknya lebih terbuka dan respek terhadap makna teori tersebut. Karena pada intinya aktifitas berdagang lebih mampu menjanjikan pendapatan yang nilainya tak terbatas dibandingkan dengan pendapatan karyawan yang memiliki gaji terbatas setiap bulannya.

Berdagang bisa dijalankan oleh siapapun, tak terkecuali bagi Anda yang saat ini merupakan karyawan dari sebuah perusahaan atau bidang kerja semacam Bisnis UKM maupun pada usaha kecil. Meski mencadi karyawan, bukan berarti tak bisa memiliki usaha sampingan yang menguntungkan. Lewat aktifitas dagang yang saya teorikan tadi, hendaknya bisa menjadi jembatan, bagi kita para karyawan yang ingin memiliki pendapatan dalam jumlah lumayan, dan tak hanya memiliki pendapatan bulanan dari tempat kerja saja.

Bagaimana cara berdagang untuk karyawan

Dagang itu aktifitas yang berupa jual dan beli, lalu laba pun diperoleh dari aktifitas tersebut. Namun saya juga mengerti, bahwa untuk memulai berdagang itu tidaklah mudah. Terlebih lagi bila belum tahu mau dagang apa. Singkat saja, pertama koreksi waktu luang yang Anda miliki selepas pulang kerja. Anda mungkin pulang kerja sangat capek dan perlu istirahat hingga beberapa jam. Namun setiap orang pasti punya luawang waktu meski sekitar 2 hingga 3 jam perharinya.

Dari waktu luang Anda tersebutlah yang bisa menjadi penentuan atas aktifitas dagang yang bisa Anda pilih. Mungkin aktifitas dagang di rumah bisa berupa usaha toko, usaha dagang berupa angkringan di malam hari, hingga usaha semacam membuka warung makanan di malam hari. Namun ada pula para karyawan kreatif khususnya para wanita yang berdagang di sela-sela waktu istirahat kerja atau sepulang kerja, hingga Sabtu Minggu di saat waktu luang cukup banyak.

Biasanya mereka suka menjalankan bisnis dagang semacam berjualan produk dari program MLM, bisa berupa produk aneka fashion muslim, make up, tas, hingga obat-obatan herbal untuk kesehatan. Yang pasti intinya adalah kemampuan kita dalam mengelola waktu sebaik mungkin. Bila pun tak mampu terjun secara penuh di aktifitas usaha dagang semacam berjualan, kita pun bisa mempekerjakan orang untuk menjalankannya, dan contoh paling nyata adalah dari bisnis gerobak franchise minuman semacam teh dan kopi.

Sebagai perintis usaha mandiri yang sementara waktu sebagai aktifitas sampingan, tentunya jangan terburu napsu ingin segera untung banyak. Siapapun yang berbisnis tentu berburu laba, namun nilai laba pada awal-awal sebuah usaha tentunya tak selalu dalam harapan kita. Dengan berdagang semoga terbuka jalan untuk kita memiliki usaha mandiri yang sukses, amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.