Selasa, 31 Desember 2013

Prospek & Potensi Bisnis Batik Madura Tahun 2013

batik madura
Tepat di sebelah selatan pulau Jawa, terdapat pulau yang memiliki budaya khas yakni karapan sapi, serta aneka budaya unik lainnya yang tidak kita temukan di daerah-daerah lain. Pulau tersebut adalah pulau Madura, dimana Madura adalah masih bagian dari provinsi Jawa Timur. Pulau yang terletak di sebelah Timur Pulau Jawa ini bisa kita kunjungi lewat jembatan yang menghubungkan antara pula Jawa dan pulau Madura yakni jembatan Suramadu.

Madura memang memiliki kultur yang unik, dan satu keunikan di bidang fashion atau pakaian adalah dari batiknya yang khas. Batik Madura memang punya karakter motif yang sangat kuat yang seolah menjadi ciri khas kedaerahan. Dan motif-motif batik madura ini sudah barang tentu akan berbeda dengan batik yang ada di Jawa. Batik tulis Madura hadir dengan pilihan warna-warna yang cukup berani sepert hijau muda, merah dan kuning. Batik Madura juga memiliki ribuan motif yang bisa kita temukan di gerai atau toko-toko batik, dan batik madura ini biasanya menggunakan kain katun santiu.

Potensi bisnis batik Madura ditahun 2013

Keragaman batik Madura yang tentunya sangat diminati pasar tentunya menjadi peluang bisnis tersendiri bagi kita yang berminat di bisnis baju batik. Batik Madura juga bisa menjadi koleksi tambahan di gerai batik atau toko pakaian yang Anda buka. Namun untuk memasarkan baju batik Madura, tentunya tak hanya lewat usaha toko saja. Karena banyak sekali sarana usaha yang bisa kita pilih untuk memasarkan batik-batik khas Madura ini.

Bicara soal potensi bisnis batik Madura, tentunya potensinya sama besarnya dengan batik-batik dari daerah lainnya. Semua akan tergantung bagaimana sistem marketing yang dijalankan. Untuk ukuran market areal Jawa Timur, tentunya potensinya cukup besar bila dikembangkan. Karena masyarakat Jawa Timur tentu akan lebih bangga mengenakan produk daerah sendiri. Dan ini pula bisa menjadi promosi kedaerahan yang bisa dikembangkan menjadi sangat luas meski di areal lokal jawa timuran saja.

Menjangkau luasnya market

Bagi Anda yang tingga di seputaran kota seperti Pasuruan, Gresik, Surabaya dan wilayah Madura sendiri, seperti kota Bangkalan, Pamekasan dan lain-lain, komoditas batik khas Madura ini bisa menjadi produk fashion kedaerahan yang bisa Anda kembangkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Hitung-hitung mempromosikan kebudayaan daerah, kita pun bisa segera merespon laba dari bisnis batik Madura ini.

Anda bisa mencoba berkunjung ke pengrajin batik, dan bisa membeli batik langsung dari pengrajin. Untuk model dan jenis baju batik pun bisa Anda sesuaikan jenisnya sesuai market yang ingin dituju. Anda bisa memasarkan batik-batik khas Madura ke kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, lewat usaha grosir batik, atau juga sangat menarik bila dipasarkan lewat Toko Online Khusus Batik Madura. Lewat market di internet, Anda bisa menjangkau pasar yang sangat luas, bahkan hingga luar Jawa. Namun apapun teknik marketing Anda, yang menjamin kesuksesan dari sebuah bisnis dagang adalah tingkat ketekunan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.