Minggu, 01 Desember 2013

Kiat-Kiat Memulai Bisnis Rumahan yang Sukses

bisnis rumahan yang sukses
Wirausaha mandiri terus kami kampanyekan lewat artikel di blog ini, karena dengan mandiri mendirikan usaha sendiri, kita bisa menentukan nilai sebuah hasil dari usaha dengan semau kita sendiri. Dan tentunya kita tak harus selamanya di bawah bayang-bayang orang lain atau menjadi karyawan yang terkadang berada di bawah tekanan. Untuk memulai usaha atau bisnis, sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa kita mulai dari rumah sendiri. Apakah semudah itu??? kita simak kiat-kiat memulai bisnis rumahan yang sukses yang didambakan oleh kita pada umumnya.

Mengerti soal marketing

Jiahh... marketing...tinggi banget bahasanya..!! marketing apaan ya...?? ya marketing adalah pemasaran. Teknik pemasaran yang baik diperlukan bagi sebuah usaha dagang. Cara ciptakan bisnis rumahan yang sukses, tentu hal utama adalah teknik pemasaran yang tepat, baik dan efektif. Tepat dalam artian tepat sasaran, baik dalam arti pelaksanannya cukup sempurna, efektif dalam artian cara yang dijalankan dapat berhasil.

Ini adalah pondasi penting bagi siapa saja yang hendak terjun di ranah bisnis, tak terkecuali untuk bisnis yang Anda jalankan di rumah sendiri. Market atau pasar di sekitar kita haruslah kita kuasai dengan baik. Artinya konsumen-konsumen yang kita bidik haruslah kita ketahui dengan baik. Lingkupnya bisa mulai dari para tetangga terdekat, satu kelurahan, satu kecamatan, hingga satu kabupaten.

Tahu kebutuhan masyarakat

Ini berkaitan langsung dengan jenis bisnis apa yang akan kita jalankan. Ya, beberapa kebutuhan masyarakat yang nampak belum terpenuhi bisa kita jadikan acuan untuk menentukan jenis bisnis yang akan kita pilih dan dirikan. Apa yang masyarakat butuhkan, tepatnya untuk beberapa kebutuhan seperti barang-barang, jasa, hingga pendidikan. Dan dalam hal tersebut bisa berkaitan dengan bisnis-bisnis yang menguntungkan namun juga bermanfaat bagi masyarakat.

Mungkin bisa bisnis bimbingan belajar, usaha warnet, usaha jasa pengetikan, toko yang menjual obat-obat herbal, toko pakan burung, dan beragam aneka macam bisnis rumahan lainnya. Bila kita cukup paham akan kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi,baik berupa toko,maupun jasa layanan yang belum ada, maka cukup mudah untuk segera menentukan. Setelah kita tentukan kira-kira bisnis apa yang cocok, maka kita bisa kembali lagi ke langkah pertama, yakni memahami soal marketing atau pemasaran.

Mengkondisikan lokasi semaksimal mungkin

Apa yang dimaksud mengkondisikan lokasi semaksimal mungkin?? ya.., karena ini segmennya adalah bisnis skala rumahan, maka kondisi tempat tinggal kita serta keadaan sekitar harus mampu kita evaluasi dengan baik. Contohnya begini, pekarangan anda cukup luas, tentu Anda kan lebih bijak bila memanfaatkannya secara maksimal, misal: mungkin bisa membuat kandang-kandang kecil untuk ayam kampung, ternak lele sangkurian dalam kolam terpal atau jenis bididaya ternak lainnya yang nampak mudah cukup mungkin untuk didirikan di pekarangan Anda tersebut.

Contoh lain bisnis rumahan yang sukses adalah untuk lokasi rumah yang berada di pinggiran jalan ramai, dan di kanan kiri kita banyak berdiri usaha toko-toko. Nah.., kita pun bisa melakukan hal yang sama dengan membuka toko namun tentunya bukan toko yang sama seperti yang lainnya. Mungkin bisa semacam air isi ulang, toko elektronik, perlengkapan bayi, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.