Jumat, 22 November 2013

Agar Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjadi Usaha Besar

bisnis rumahan modal kecil
Miris rasanya membaca data statistis bulan lalu bahwasannya penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 250 juta jiwa, jumlah pengusahanya hanya kurang dari 2 persen. Ini tentunya sangat tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga macam Malaysia dan Singapura. Untuk ukuran negara berkembang, prosentase jumlah pengusaha yang ada harusnya lebih dari 2 persen.

Ini kabar buruk.., namun bisa menjadi kabar baik bagi kita semua. Kabar baiknya adalah..., ya, tentunya ada celah untuk menjadi next enterprenuer. Tak harus langsung jadi pengusaha besar, merintis dari yang kecil-kecil tak ada salahnya. Lewat bisnis rumahan modal kecil, kita pun bisa menumbuhkan rasa percaya diri untuk jadi pengusaha besar lewat rintisan usaha kecil di rumah.

Ukuran sebuah bisnis itu di lihat dari luasnya pasar yang bisa kita jangkau. Jadi tidak melulu membicarakan omset yang segunung. Asal pendistribusian barang bisa sangat luas, maka omset pun mengikuti. Namun bagaimana bila hal tersebut dimulai dari bisnis rumahan modal kecil?? ya, tentu sangat mungkin. Rumah bisa kita fungsikan sebagai tempat dalam membangun sistem usaha yang berkelanjutan. Rumah bisa sebagai tempat produksi, rumah bisa menjadi kantor, dan rumah pula dimulainya sebuah sistem bisnis yang sehat dan terkontrol.

Bisnis rumahan modal kecil tak berarti untungnya sedikit

Masing-masing kita tentunya punya ukuran mengenai “modal kecil” itu seberapa kecil nilainya. Mungkin ada yang beranggapan bahwa modal kecil itu di kisaran 10 juta, 5 juta, bahkan 200 ribu. Kecil hanya jumlah modalnya, usaha bisa kita besarkan bila memang volume produksi bisa memungkinkan untuk ditingkatkan serta pendistribusian barang bisa dibuat menjadi lebih luas lagi.

Kita pun harus mengetahui mengenai luasnya jangkaun pasar yang dibidik. Ini guna mengukur seberapa besar kita perlu berproduksi dan juga perhitungan biaya operasional. Ini tentang teorinya saja, bagaimana dengan penentuan jenis bisnisnya? jenis bisnis rumahan modal kecil yang bisa dipilih tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi kita di masing-masing daerah.

Mungkin bisa indutri makanan ringan, industry pertanian, usaha jasa, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Pastinya masing-masing kita lebih tahu akan potensi daerah masing-masing. Yang penting lagi, harus tahu minat pasar dan luasnya pasar yang bisa dijangkau.

Bisnis rumahan modal kecil bisa jadi usaha besar

Cukup tertantangkah Anda menjadi pengusaha besar yang dimulai dari usaha di rumah sendiri?? ya.. bagi yang tertantang, tentunya cukup tentukan pilihan jenis usahanya, jalankan dengan sabar dan tlaten, lalu kuasai pasar dengan trik-trik jitu Anda. Selanjutnya Anda bisa melangkah ke arah bisnis yang lebih besar.

Mungkin bisnis anda di rumah adalah kedai / warung lalapan yang sudah berjalan baik, untuk melebarkan sayap, Anda bisa menata kembali rumah usaha Anda menjadi lebih rapi dengan spanduk brand berupa banner yang lebih menarik dan memiliki daya pikat. Coba-coba membuka cabang pun tak ada salahnya, dan bila nama sudah cukup dikenal, menapaki bisnis franchise pun bisa juga dicoba. Tentunya kita semua tahu tentang kesuksesan brand “Pecel Lela” yang dirintis dari usaha kecil dan kini menjadi bisnis franchise besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.